Apakah Blog Saya SEO Friendly?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
periksa blog dengan teliti apakah sudah SEO Friendly
Apakah Blog Saya SEO Friendly? Tolong dicek ya? -- Ini adalah pertanyaan yang paling sering masuk ke blog ini. Berhubung komentator di blog ini semakin banyak, maka semakin sulit juga saya membantu rekan-rekan blogger memeriksa apakah blog mereka sudah SEO friendly atau belum.

Jadi saya putuskan untuk membuat artikel ini untuk membantu teman-teman blogger memeriksa blognya apakah sudah SEO friendly atau belum. Tentunya akan ada juga artikel-artikel pembantu untuk memperbaiki jika ada yang belum SEO friendly.... Sorry kalau gambar-gambarnya akan sedikit kabur, karena diperkecil ukurannya untuk mempercepat loading halaman ini :)

Langkah Pertama Mengecek Blog SEO Friendly: Periksa Homepage, Gambar dan Kode Sumbernya

#1 Periksa Homepage Blog

Jadi silahkan buka terlebih dulu homepage atau beranda blog saudara. Beranda blog saya terlihat seperti di bawah ini....

Tampilan homepage dari blog trik mudah SEO

Bisa dilihat pada gambar di atas saya menandai dua kalimat. Yang di atas adalah header halaman homepage, dan yang di bawah adalah judul yang ingin saya tekankan pada halaman homepage.

Pastikan kedua bagian yang ditandai ini mengandung kata kunci yang saudara targetkan untuk halaman muka blog saudara. Perhatikan juga pada gambar di atas, pada bagian artikel ada kata "belajar seo" yang dicetak tebal.....bisa lihatkan? Pastikan juga kata-kata penting di dalam halaman homepage saudara itu dicetak tebal (bold)....

Kalau blog saudara berisi artikel yang campur baur seperti blog berita, maka bagian depan ini rasanya tidak ada kata kunci spesifik yang perlu ditekankan. Jadi bisa gunakan nama blog atau merek situs berita anda sebagai header halaman.

Jika ternyata judul header halaman homepage belum menampilkan kata kunci yang saudara inginkan silahkan diubah dengan cara berikut:
  • Masuk ke Menu SETELAN dan pilih DASAR
  • Klik EDIT pada bagian JUDUL dan masukkan judul yang mengandung kata kunci
  • Simpan Perubahan

#2 Periksa Gambar Pada Halaman Depan

Sekarang coba lihat gambar-gambar yang ada pada halaman depan saudara. Sebagai salah satu contoh saya akan mengambil salah satu tampilan gambar dari homepage blog saya di bawah ini.

Tampilan image pada homepage

Setelah itu coba saudara non aktifkan gambar pada browser saudara. Jika anda menggunakan mozilla firefox di situ ada di menu Option pada tab CONTENT hapus tanda centang pada LOAD IMAGES AUTOMATICALLY dan klik OK.

Setelah itu muat ulang homepage saudara dengan menekan F5. Jika tampilan tanpa gambar mempunyai tulisan ALT teks sebagai pengganti gambar, maka blog saudara sudah mengikuti kriteria SEO friendly untuk gambar.... (lihat contoh di bawah)

Tampilan homepage tanpa memuat image

#3 Periksa Kode Sumber Halaman Depan

Masih pada halaman depan blog saudara.... silahkan tekan Ctrl+U untuk membuka kode sumber dari halaman saudara pada window lain di komputer. Pada window baru ini tekan ctrl+f untuk membuka alat pencarian.... Silahkan ketik <title> pada kotak pencarian. Pastikan di antara kode <title> dan </title> terdapat kata kunci untuk halaman tersebut....

mencari title tag pada kode sumber

Sekarang hapus <title> pada kotak pencarian dan ganti dengan name='description'. Ini akan membawa anda untuk melihat meta description dari halaman depan blog saudara. Blog yang SEO friendly harus memiliki ini. Jika tidak, maka itu termasuk kesalahan yang cukup fatal. Tapi memiliki meta description saja tidak cukup. Meta description harus berisikan kata kunci yang anda targetkan untuk halaman tersebut (lihat contoh di bawah)

mencari meta description pada kode sumber

Kalau blog anda tidak mempunyai title tag atau meta description, maka ikuti cara perbaikannya pada artikel title tag dan meta description.

Sekarang hapus name='description' pada kotak pencarian dan gantikan dengan <h1. Ini seharusnya menghantarkan anda pada kalimat PALING PENTING di dalam halaman anda, dan pastikan itu mengandung kata kunci. Pada dasarnya semua template mempunyai <h1> pada header halaman. Kalau blog anda tidak punya <h1> maka itu berarti template sudah diutak-atik sebelumnya. Kalau <h1> ternyata berisi gambar logo, maka sebaiknya diganti dengan teks saja.... (lihat contoh di bawah)

mencari heading h1 pada kode sumber

Setelah itu tekan sekali lagi F3, untuk mengetahui apakah masih ada h1 yang lainnya. Jika masih ada, maka itu adalah sesuatu yang harus saudara singkirkan, karena di dalam satu halaman web hanya boleh ada 1 heading h1 ini.

Sekarang hapus <h1 dan ketik <h2, karena kali ini kita mau menghitung ada berapa <h2> di dalam halaman saudara. Jumlah <h2> yang boleh ada di halaman depan sebenarnya tidak dibatasi, tergantung berapa jumlah artikel yang ingin anda tampilkan. Tapi pastikan saja saudara tidak menampilkan jumlah artikel yang sangat banyak, karena bisa membuat loading halaman muka menjadi sangat berat.

Tambahan:
Walaupun tidak terlalu penting..... tapi bisa juga saudara perhitungkan, bahwa jika artikel saudara menggunakan banyak poin-poin, maka saudara bisa menggunakan h3 untuk judul setiap poin di dalam artikel, dan itu berarti untuk heading widget saudara bisa menggunakan h4.

Tapi jika di dalam artikel saudara tidak banyak menggunakan poin-poin penjelasan, maka bisa saja widget menggunakan h3.... Cek h3 dan h4 di dalam homepage dengan menggunakan <h3 memasukkan <h3 kemudian <h4 ke dalam kotak pencarian. Gunakan tombol F3 untuk menjelajahi semua tag tersebut pada homepage.

Langkah Kedua Mengecek Blog SEO Friendly: Periksa Halaman Artikel, Gambar dan Kode Sumbernya

Kurang lebih tahap ini sama saja dengan di atas. Tapi kali ini kita lakukan pada halaman Artikel dan bukan homepage. Ada beberapa penyesuaian di sini....

  • Judul Header Halaman Artikel sebaiknya menggunakan Judul postingan Artikel itu sendiri.... Saudara bisa lihat pada header halaman artikel di blog saya ini, yang ditampilkan adalah judul artikelnya.
  • Judul header halaman artikel ini harus menggunakan tag <h1> sedangkan judul dari posting artikel harus menggunakan <h2>. Buka kode sumber (Ctrl+U) sekali lagi untuk mengecek ini.
  • Jika ternyata template saudara pada halaman artikel tidak menampilkan judul Artikel pada header halaman, dan hanya menampilkan judul Blog atau logo blog saudara, maka pastikan judul blog atau logo itu tidak diberi tag <h1>. Pastikan judul posting artikel yang menggunakan tag h1.
  • Jika ternyata halaman artikel saudara belum seperti itu, saudara bisa memperbaikinya dengan mengikuti petunjuk di artikel cara membuat dynamic heading.
  • Usahakan kata kunci yang saudara targetkan muncul minimal 3 kali dalam artikel, dan dua di antaranya diberi cetak tebal....

Langkah Ketiga Mengecek Blog SEO Friendly: Pastikan Tidak Ada Elemen Yang Tidak Berguna Apalagi Membahayakan SEO anda....

  • Cek apakah pada homepage dan halaman artikel saudara ada iframe? Jika ada maka pastikan iframe itu cepat dimuat. Pastikan juga saudara tidak keberatan memberikan sedikit poin pada halaman web yang ditayangkan pada iframe tersebut....
  • Pastikan juga tidak ada link dofollow yang menuju blog atau website lain yang belum punya reputasi
  • Cek juga waktu muat blog saudara secara keseluruhan. Jika waktu buka blog saudara terlalu lama, maka perhatikan pada keterangan proses berjalan yang biasa muncul di bagian bawah browser, elemen halaman apa yang sering kandas saat dimuat. Jika bisa, hapus saja elemen halaman tersebut....
  • Pastikan juga tidak ada link ke situs yang terkena banned oleh Google, karena anda bisa terkena efek sampingnya.
Jika blog saudara mengikuti pedoman di atas, maka rasanya halaman itu sudah cukup SEO friendly secara onpage, tinggal bagaimana optimisasi Offpage saudara untuk mencari backlink dan mempromosikan blog....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!