CARA MEMILIH KATA KUNCI YANG DICARI BANYAK ORANG

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara memilih keyword terbaik bisa mempengaruhi jumlah pengunjung
Cara memilih kata kunci yang dicari banyak orang sebenarnya sangat mudah. Hanya saja banyak teman-teman blogger yang mengabaikan tahapan ini karena dianggap tidak penting. Padahal tahapan ini sangat penting, karena proses inilah yang akan menentukan potensi jumlah pengunjung blog anda.

Anda boleh saja menulis artikel yang membahas topik yang sama dengan jumlah kata yang juga sama. Namun hal itu tidak menjamin jumlah pengunjung yang sama karena perbedaan 1 kata kunci saja bisa sangat berarti.

Jadi jika kerjanya sama saja, kenapa tidak berusaha menarget kata kunci yang mendatangkan lebih banyak pengunjung?


PENGETAHUAN SEO #4: MEMILIH KATA KUNCI TERBAIK

MEMILIH KATA KUNCI TERBAIK UNTUK LABEL BLOG

lakukan penggodokan ide kata kunci untuk label-label utama blog andaSetelah anda memahami apa itu SEO, lalu memasang SEO tools terbaik, dan  menentukan tema blog, maka saatnya untuk menetapkan kata-kata kunci terbaik yang anda targetkan untuk blog anda.

Sebagai contoh kasus; saya akan memberi simulasi pemilihan kata kunci untuk membuat blog dengan tema PERTANIAN...

Ok....sebagai langkah awal mari kita lakukan brainstorming ide terlebih dulu? Menurut anda apa yang akan dicari orang-orang yang bergerak di bidang agraria ini?.....

Setelah saya mencoba memikirkan beberapa saat lamanya, maka inilah kata kunci yang banyak melintas di kepala saya, yaitu: Bibit, Pupuk, Alat Bercocok Tanam, Anti Hama, Hasil Panen, Teknik Bercocok Tanam, Cara Merawat Tanaman, dan Harga Jual....

Semua yang ada di atas bisa saya gunakan sebagai label dari blog PERTANIAN ini. Jadi saya akan mencatat ide-ide untuk label ini pada selembar kertas....

MENGEMBANGKAN LABEL MENJADI KATA KUNCI UNTUK ARTIKEL

Sekarang saatnya melakukan proses lebih lanjut, yaitu mengubah label-label tadi menjadi kata kunci yang lebih spesifik untuk artikel-artikel. Di sini banyak orang yang mengandalkan perasaan saja.... "Ah...kira-kira kata kunci ini yang enak didengar dan mungkin akan diketikkan orang ke dalam Google"

Apa kata kunci yang kira-kira akan dimasukkan pengguna Google
Sebenarnya dalam hal ini memakai perasaan saja tidak cukup, .... kita harus memakai alat bantu, seperti Google External Keyword Tools, dan Google Pencarian tentunya....

Buat teman-teman blogger yang belum tahu cara menggunakan Google External Keyword Tools, silahkan dibaca dulu artikel cara melakukan riset kata kunci..... dan bagi yang sudah paham caranya, silahkan buka Google External Keywords Tools (klik linknya)....

Di sini saya hanya akan mengembangkan label PUPUK menjadi beberapa kata kunci artikel.... Ternyata hasil dari pengembangan ide kata PUPUK di Google External Keyword Tools memberikan hasil beberapa ide baru, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini....

contoh hasil pencarian ide kata kunci dengan menggunakan Google External Keyword Tools

Dari sini kita sudah bisa melihat bahwa blog ini akan mempunyai pengembangan yang sangat luas sekali. Baru masalah PUPUK saja sudah bisa melebar ke mana-mana, apa lagi jika semua label sudah dikembangkan.

Selain itu kita juga bisa melihat bahwa kata-kata kunci ini mempunyai pencarian yang lumayan setiap bulannya. Jika kita bisa membangun blog yang mempunyai reputasi terbaik, maka peluang untuk mendapat puluhan ribu pengunjung per hari masih terbuka lebar....

Jadi silahkan lakukan pengembangan-pengembangan untuk label yang lain terlebih dahulu. Usahakan untuk mendapat minimal 20 kata kunci di setiap label. Dengan demikian anda tidak akan kehabisan ide artikel untuk berbulan-bulan lamanya....

Omong-omong jika berbicara masalah label, saya jadi teringat pertanyaan seorang komentator beberapa bulan yang lalu, yaitu ....."apakah saya selesaikan satu label dulu baru membuat label yang baru ataukah saya buatkan satu artikel untuk semua label terlebih dahulu?"

Kalau menurut saya, jauh lebih baik jika anda membuat satu artikel untuk semua label terlebih dahulu, sehingga semua link label bisa terpasang sejak semula sebelum anda mulai mencari backlink.

Seandainya anda menyelesaikan satu label terlebih dahulu, maka pada saat anda akan membuka label baru anda akan menambah 1 link tambahan yang tampil di semua halaman. Penambahan link yang tampil di semua halaman ini akan mengguncang traffic artikel yang sudah ada.

Apakah anda mau menggucang traffic pengunjung blog setiap kali memulai satu label baru?

Memilih di antara dua kata yang sama maknanya

Selain masalah label di atas, ....ada masalah lain yang biasa kita alami saat mulai membuat artikel, yaitu menentukan akan menggunakan kata kunci yang hampir sama maknanya.... Misalnya "cara membuat rendang" atau "cara memasak rendang".... yang mana yang akan kita gunakan?

Kalau saya mengalami masalah seperti ini, maka saya pertama-tama memilih kata kunci yang memiliki pencarian terbanyak. Tapi kalau ternyata pencarian terbanyak itu dikuasai blog-blog dengan reputasi yang baik, maka saya akan memilih opsi yang lebih sedikit pencarinya....

Yang perlu saudara ingat adalah....lebih baik menjadi juara 1 di kata kunci yang hanya dicari 1.000 orang per bulan, daripada menjadi juara 15 di kata kunci yang dicari 20.000 orang per bulan....

Terakhir, gunakan Long Tail Keywords

Sangatlah sulit jika anda sebagai pemilik blog baru berusaha menguasai kata kunci yang terdiri atas 2 atau 3 kata. Sebagai contoh, jika anda berusaha menguasai kata kunci "pupuk organik", maka yakin saja anda butuh optimasi yang sangat berat.

Lain halnya jika anda mengembangkan kata kunci pupuk organik tadi menjadi beberapa kata kunci panjang seperti: cara mudah membuat pupuk organik, pupuk organik terbaik untuk tanaman air, dan lain sebagainya. Akan jauh lebih mudah untuk menguasai posisi pertama dengan menggunakan long tail keywords ini....

Jadi daripada membuat 1 artikel dengan menggunakan kata kunci pendek, jauh lebih baik membuat 5 artikel dengan variasi kata kunci panjang yang berbeda....
===============================

Ok, sekarang kita buat rangkumannya dulu ya....
  1. Lakukan pemilihan ide-ide untuk label
  2. Riset kata kunci untuk mengembangkan setiap label
  3. Jika bisa mendapatkan kata kunci yang ramai pencarinya akan baik sekali
  4. Tapi jika kompetitor dirasa terlalu kuat, .... jangan ragu untuk melirik kata kunci yang lebih mudah persaingannya, walaupun pencarinya lebih sedikit.
  5. Cobalah membuat variasi kata kunci long tail, untuk membuat keseluruhan optimasi anda jadi lebih mudah....

Sampai di sini diharapkan anda sudah mengantongi ratusan kata kunci untuk anda kembangkan ke depannya. Itu berarti sudah saatnya untuk membuat blog anda.... Jadi di materi berikutnya kita akan mempelajari cara mempersiapkan blog anda....

Berharaplah kata kunci yang anda kumpulkan tadi adalah kata kunci yang dicari banyak orang agar usaha anda nantinya mendapat hasil yang sepadan.... Ok, Good Luck buat blog anda!

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!