Kenapa Cara Keluar Dari Sanksi Hukuman Google Penguin Begitu Sulit?

algoritma google penguin dan dampak sanksinya
Apa ada yang pernah menanyakan ini? Kenapa sulit sekali untuk keluar dari penalty Google Penguin? Bagaimana caranya? Sebelum kita membahas ini maka pertanyaan sebenarnya adalah apakah kita sudah paham apa itu Google Penguin?

Saat ini orang-orang ramai membicarakan update Google Panda terbaru, karena cukup banyak orang yang trafiknya jatuh karena penalty dari algoritma yang satu ini. Akan tetapi jauh lebih mudah untuk pulih atau keluar dari sanksi Google Panda dibandingkan dengan sanksi Google Penguin. 

Kenapa? Karena panda itu hanya seputar onpage saja; dan anda mempunyai kewenangan penuh untuk mengutak-atik onpage sendiri kan?. Jika anda bisa membereskan masalah pada onpage dan kualitas konten anda, maka penalti atau hukuman itu akan terangkat saat penghitungan yang berikutnya. Jadi Panda dan Penguin bekerja secara terpisah dalam melakukan kalkulasi pada halaman-halaman website kita...

Lain halnya dengan penalty Penguin yang juga merupakan penalty otomatis alias oleh algoritma. Anda harus bisa memperbaiki "ketidakalamian" yang ada pada komposisi backlink-backlink kita sebelum kita bisa keluar dari penalty ini.... Sekarang yang menjadi tanda tanya adalah apa anda bisa mengedit backlink yang sudah anda pasang ke website orang lain? Tidak kan?

Bagaimana kalau ternyata backlink anda sudah terlanjur menjadi racun untuk optimasi anda? Apakah ada cara mudah untuk memperbaikinya? Tentu saja cara mudah untuk memperbaiki kesalahan seperti ini adalah tidak ada! Dan oleh karena itu Google masih menjadikan backlink sebagai indikator yang sangat penting untuk peringkat.

Jadi bagaimana cara keluar dari penalty Google Penguin?

Mengatasi Sanksi Google Penguin Dengan Link Disavow Berfungsikah?

Ini adalah tool yang disediakan oleh Google yang bisa dipakai untuk membuang backlink yang tidak alami dari daftar backlink kita. Anda bisa memakai Google disavow tool ini hanya jika anda sudah menghubungi admin website untuk meminta link anda dihapus. Sial sekali bukan,...itu syarat yang sangat menjengkelkan dari Google....

Google sudah menyatakan bahwa tidak ada jaminan sama sekali mereka akan memproses backlink yang anda kirimkan. Dan oleh karena itu ada banyak sekali kesaksian di dunia maya bahwa link disavow tool sama sekali tidak membantu mereka.... Tapi tentu saja anda boleh mencoba peruntungan anda
KELUAR DARI HUKUMAN GOOGLE DENGAN LINK DISAVOW

Keluar Dari Sanksi Google Dengan Prinsip Bumbu Dapur

Sekarang anda mempunyai komposisi backlink yang tidak alami. Biasanya ketidakalamian itu disebabkan adanya kata kunci yang terlalu dominan atau karena terlalu banyak backlink dari domain yang sama. 

Sekarang apa yang akan anda lakukan jika masakan anda terlanjur banyak garamnya? Ya; anda bisa menambah air, penyedap rasa, dan bumbu-bumbunya supaya kuahnya tidak terasa kurang bumbu.

Yang jadi masalah adalah jika kata kunci anda adalah 100% berisikan keyword A, dan seharusnya keyword A ini ada di kisaran 20% saja, maka berapa banyak backlink yang harus anda tambahkan? Jawabnya adalah banyak! Jika anda mempunyai 10.000 backlink saat ini, maka yang anda perlukan dalam catatan kasarnya adalah 40.000-an backlink....

Bahkan dengan teknik webspam sekalipun anda masih memerlukan waktu yang sangat lama untuk keluar dari sanksi Google Penguin ini.

Keluar dari Sanksi Google Penguin Dengan Pasrah

Ya, cara ini juga bisa, anda bisa mendiamkan saja websitenya selama berbulan-bulan dan berharap backlinknya hilang satu per satu dengan sendirinya... Biasanya dalam 6 bulan akan ada cukup banyak backlink yang hilang dengan sendirinya, jadi biasanya penalty juga akan terangkat dengan sendirinya, tapi tentunya website anda akan menjadi kurus kering lagi dan optimasi harus di mulai dari awal.

Jadi rasanya opsi yang inipun tidak menjadi pilihan bagi mereka yang sudah kebelet mau cepat melihat trafik dalam waktu dekat....

Pindah Rumah Saja Untuk Menghindari Google Penguin

Opsi ini pun bisa dipertimbangkan bagi anda yang mau mengalami pemulihan dengan relatif cepat dan tidak terlalu berat (tetap berat sih tapi tidak terlalu ^_^). Anda bisa melakukan "pindah rumah" yaitu dengan memasang robots.txt yang memblokir googlebot mengakses semua halaman.

Jika memungkinkan anda bisa meminta penghapusan semua URL dari index Google dengan memakai webmaster Tools. Dan setelah permintaan di terima silahkan unduh semua konten anda yang ada di blog lama.

Buat blog baru dan impor semua artikel lama tadi ke blog baru, dan mulailah mencari backlink buat blog baru anda ini. Anda tidak memerlukan backlink sebanyak di metode bumbu dapur tadi untuk memperoleh trafik yang lebih baik.... Mana-mana saja metode yang anda pilih, tetap saja tidak ada yang bisa dikatakan sebagai program perbaikan yang mudah.

Tapi yang terpenting adalah ambil waktu anda untuk melihat apakah anda itu benar-benar terkena penalty dari penguin, atau sekedar kesalahan onpage yang konyol. Jangan sampai anda bersusah payah selama berbulan-bulan hanya karena salah mendiagnosa penyakit blog anda.
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.