Cara Mengatasi Sanksi Hukuman Algoritma Google Panda 4.0 Terbaru

algoritma Google Panda dan dampaknya pada blog
Setelah kemarin saya membahas masalah Google Penguin, maka sekarang saya mau membahas masalah Google Panda 4.0 yang adalah update terbaru dan cukup luas dampaknya. Bagaimana cara keluar dari penalty google panda 4.0 ini juga akan dibahas. Tapi mari kita kenali dulu apa itu Google Panda.

Adalah bukan kebetulan Google mempunyai 3 set algoritma saat ini, pertama adalah hummingbird yang begitu beraneka ragam warnanya, karena di dalamnya memang terkumpul beraneka ragam algoritma untuk menganalisa suatu halaman dari berbagai faktor SEO. 

Sedangkan 2 algoritma lainnya adalah panda dan penguin yaitu 2 hewan yang hanya mempunyai 2 warna saja; yaitu hitam dan putih. Jadi 2 algoritma ini diadakan sebagai mesin pembantu untuk menolong hummingbird memilah halaman-halaman yang "SEO Putih" dan "Webspam Hitam". 

Penguin adalah hewan yang mencari mangsa di perairan alias lepas pantai alias offshore, dan oleh karena itulah algoritma penguin mencari mangsa di sektor offpage. Sedangkan hewan Panda mencari makanan di daratan alias onshore, dan oleh karena itulah algoritma panda mencari mangsa di sektor onpage dari SEO....

Setelah kemarin saya membahas masalah cara keluar dari sanksi Google Penguin yang termasuk sulit, maka sekarang ini saya mau membuat review tentang Google Panda 4.0 terbaru.

Bagi anda yang sudah lama bermain di dunia SEO pasti anda bisa melihat bahwa pada akhir bulan Mei yang lalu ada banyak sekali website yang jatuh peringkatnya, tapi tidak kalah banyak juga yang naik peringkatnya. Jadi ini adalah gambaran dasar bahwa di era SEO saat ini kita sudah tidak bisa lagi mengabaikan onpage, karena onpage bisa membuat ranking anda meroket atau terjungkal begitu saja....

Jadi bagi yang mau melakukan SEO 100% wajib memperbaiki onpage dan offpage; agar anda tidak perlu melakukan kerja keras berlebihan dalam mendongkrak ranking di mesin pencari seperti Google.

Saya tidak akan membahas secara detail masalah onpage di sini karena itu bisa sangat panjang sekali. Tapi tidak perlu kuatir karena Panda tidak menyerang atau membanting halaman-halaman hanya karena strukturnya tidak maksimal. Panda hanya membanting halaman-halaman yang strukturnya jelas tidak bersesuaian dengan standar teknis dari Google dan positif melakukan spam pada onpagenya. (Catat juga bahwa walaupun anda tidak dibanting, tapi dengan onpage tidak maksimal berarti anda juga tidak mendapatkan poin ekstra untuk SEO onpage)

Apa yang Harus Diperbaiki Untuk Keluar Dari Sanksi Google Panda

Tentunya jika anda merasa terkena pukulan telak dari panda 4.0 ini; anda merasa ingin segera keluar dari penalty yang satu ini. Tapi satu hal yang perlu anda ketahui adalah; memperbaiki onpage itu relatif lebih mudah dari offpage. Hanya saja anda harus paham teknik pelaksanaannya itu seperti apa; karena saya tidak akan menjelaskan lebih detil tentang itu di artikel ini.

Jadi di bawah ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dari halaman-halaman web yang anda miliki....
  • Apakah halaman anda berisi konten yang berkualitas dan memang bisa menolong orang lain atau sekedar basa-basi dari anda untuk meroketkan jumlah halaman? Kalau anda bisa menilai dengan jujur, maka itu akan menolong anda. Nanti saya akan jelaskan alasannya di bawah.
  • Apakah anda melakukan over optimization alias optimasi berlebihan? Barangkali terlalu banyak kata kunci di dalam halaman anda? Ataukah terlalu banyak konten yang membahas hal-hal itu saja alias tidak unik?
  • Periksa juga apakah anda tidak melakukan teknik webspam yang disebut doorway pages? Jika anda tidak paham istilah ini berarti abaikan saja. Karena kalau anda tidak paham, maka anda juga tidak bisa melakukannya....kecuali web anda dibuat oleh orang lain
  • Cek apakah website anda mempunyai masalah konten duplikat. Konten duplikat itu bukan konten yang dimaling orang ya. Konten duplikat itu adalah 2 halaman atau lebih di dalam website anda sendiri yang isinya sama persis
  • Susun sistem kategori anda dengan lebih rapi. Jangan menjadikan kategori atau tagging sebagai alat menumpuk kata kunci secara otomatis.... Satu artikel sebaiknya memakai satu kategori saja. Kecuali artikel itu mempunyai posisi di dalam hirarki terbawa dari beberapa kategori. Misalnya Beranda > SEO Onpage > Head Section > Cara Membuat Title Tag SEO Friendly. Dalam contoh di atas, maka boleh memakai lebih dari satu kategori....
  • Perhatikan internal linking anda dalam satu halaman. Terlalu banyak internal link akan membuat semua halaman tenggelam dan tidak ada yang menjadi juara, dan terlalu sedikit juga akan membuat potensi variasi kata kunci yang menjadi juara menjadi sangat minim.
  • Selain konten duplikat, periksa juga untuk title tag dan meta description duplikat.
  • Berhenti mencuri konten orang lain dan kalau ada konten curian segera hapus. Konten yang diminta baik-baik juga harus dihapus karena intinya anda membuat website anda terlihat seperti website dengan low quality content. Google tidak bisa membedakan anda mencuri atau minta baik-baik. Algoritmanya hanya akan melihat konten anda jiplakan atau tidak unik.
  • Pertimbangkan untuk menjadi lebih mobile friendly dengan memakai template yang responsive. Ini juga masih jadi PR saya untuk mengedit template blog ini.
  • Apakah ada beberapa poin di atas yang perlu anda perbaiki? Kalau terlalu banyak yang perlu diperbaiki, maka saran saya sekalian saja lakukan desain ulang pada website anda.

Apa Kesukaan Algoritma Panda Yang Baru Ini?

Setelah update panda 4.0 yang terbaru ini ada beberapa trend yang terlihat yaitu:
  • Algoritma Google Panda 4.0 yang terbaru ini sepertinya memberikan perhatian khusus pada blog-blog yang melakukan "spesialisasi". Maksud saya adalah pada umumnya blog-blog yang membahas niche tertentu mengalami kenaikan trafik, sedangkan yang materinya bersifat campuran mengalami penurunan trafik. Entah, mungkin sebagian besar dari trafik blog campuran ini diarahkan ke blog-blog yang melakukan spesialisasi tadi.
  • Algoritma Google Panda 4.0 ini sepertinya juga menyerang blog-blog yang setiap halamannya mempunyai bounce rate yang terlalu tinggi.... Jadi kalau tidak satupun artikel anda yang mempunyai bounce rate di bawah 70%, maka blog anda berkemungkinan terkena penalty dari Google Panda terbaru ini.
  • Saat ini Google Panda terlihat lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Seperti dari hasil pengamatan ternyata banyak blog yang mendapatkan trafik yang lebih besar setelah mereka menghapus beberapa artikel mereka yang kualitasnya rendah. Ini cukup masuk akal karena halaman-halaman tersebut akan menjadi pembagi nilai dari poin yang diperoleh dari backlink kita.
  • Perhatikan juga desain dari website anda, terlalu banyak iklan atau gambar di bagian permulaan akan dianggap menurunkan kualitas halaman. Permulaan dari artikel sebaiknya sudah terlihat saat halaman dimuat tanpa pengunjung harus menggeser halaman ke bawah
Jadi itulah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk diperbaiki dalam era panda 4.0 ini. Setidaknya setelah membandingkan beberapa halaman yang terkena kenaikan ataupun penurunan trafik. Mudah-mudahan trafik blog anda akan segera pulih setelah kunjungan googlebot berikutnya setelah anda melakukan perbaikan-perbaikan di atas....

...Onpage does matter!
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.