Pengaruh Google Webmaster Tools pada Hasil Pencarian Google?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Tadi saya membaca sebuah artikel di seroundtable yang membahas tentang Google Webmaster Tools dan interaksinya dengan hasil pencarian. Bacaan ini membuat saya berpikir untuk menulis artikel yang serupa, karena kasus ini juga sering terjadi di Indonesia. Jadi ini adalah sekedar pengetahuan tambahan, namun pengetahuan ini bisa dikatakan penting untuk pemula agar tidak mudah panik dalam melakukan SEO

Harus diakui bahwa banyak sekali blogger atau webmaster di Indonesia yang masih awam tentang Google Webmaster Tools. Banyak yang mengira jika di Google Webmaster Tools terindikasi ada masalah, maka hasil pencarian juga pasti bermasalah. Atau jika di Google Webmaster Tools performanya Ok, maka pasti di pencarian juga Ok.

Memang itu adalah sebuah kecenderungan, namun bukan sebuah kepastian. Google Webmaster Tools itu hanya sebuah media untuk mendapatkan laporan dari apa yang terjadi di Google. Yang menjadi masalah adalah Google Webmaster Tools ini mempunyai data yang terpisah dengan data yang ada di Google, dengan kata lain Google tidak menyediakan data yang real time untuk siapapun.

Hal ini bisa terlihat dari beberapa kejadian di mana pemilik-pemilik blog mengeluh jumlah backlinknya di GWT tiba-tiba menjadi sedikit atau bahkan nihil. Tapi jika kita mengecek di hasil pencarian tidak ada yang berubah dari posisi ranking.

Demikian juga saat pemilik blog mencari backlink dan melaporkan bahwa backlinknya tidak terindeks, namun ternyata peringkatnya memang terus membaik. Jadi apa yang terjadi pada GWT tidak 100% bisa dianggap kondisi sebenarnya, karena sistem GWT terpisah dari sistem web search Google....

Kasus lain yang bisa membuktikan ini adalah terkadang peringkat terus merosot karena banyaknya backlink yang lost, namun data terlapor di GWT sama sekali tidak berubah. Tiba-tiba saja saat update data; backlinknya ternyata sudah hilang dalam jumlah besar. Kasus ini tidak sama dengan "backlink hantu" (istilah dari moz), yaitu backlink yang sudah hilang namun masih dianggap sebagai reputasi bagi suatu halaman web dalam jangka waktu tertentu.

Walaupun data-data ini tidak 100% real time, bukan berarti juga tidak bermanfaat bagi blogger. Fitur-fitur seperti kata kunci pencarian, perbaikan kesalahan onpage, dan penghapusan index adalah beberapa fitur yang sangat perlu diketahui penggunaannya oleh para pemilik blog. Semuanya itu adalah fungsi yang bisa kita pergunakan untuk mengetahui dan memperngaruhi hasil pencarian di Google.

Yang perlu diketahui oleh seorang pemula adalah pengguna blogspot akan secara otomatis terdeteksi di Google Webmaster Tools. Sedangkan mereka yang membuat web menggunakan metode lain masih harus mendaftar dan mengkonfirmasi kepemilikannya atas web tersebut.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!