Cara Cepat Memeriksa Jika Blog Bermasalah Dalam Perayapan

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
blog bermasalah dalam perayapan
Ini adalah masalah yang sangat besar dalam usaha kita mendapatkan ranking di Google. Jika blog kita bermasalah dalam perayapan, maka otomatis blog kita juga akan sulit untuk mendapatkan ranking. Bagaimana cara mengecek semua halaman yang ada di dalam blog atau website kita?

Untuk melakukan ini anda bisa memakai software screaming frog SEO spider. Jadi tools ini menyerupai program bot yang akan memeriksa semua halaman yang ada di website kita. Setelah itu program ini akan memberikan kita laporan yang cukup mendetil untuk halaman-halaman website kita.

Untuk menggunakan program ini anda harus mendownloadnya dulu dari screaming frog di http://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/.

Pilih screaming frog sesuai sistem operasi di komputer saudara, dan install. Jika program ini sudah terpasang silahkan coba untuk menjalankannya. Kalau komputer yang digunakan belum mempunyai program JAVA, maka screaming frog akan meminta agar program JAVA ini di Install terlebih dahulu. Anda akan diberikan link untuk melakukan ini.

Jadi silahkan download dan install JAVA ke komputer anda.

Sekarang anda sudah siap menggunakan Screaming Frog SEO spider untuk memeriksa jika blog yang anda buat bermasalah dalam perayapan atau tidak. Caranya sangat mudah, anda cukup membuka program ini dan mengetikkan masuk URL saudara lalu klik START atau tekan ENTER, selanjutnya program ini akan bekerja sendiri.
masukkan URL ke dalam Screaming Frog untuk memulai perayapan
Setelah perayapan selesai anda akan melihat hasil seperti di bawah ini. Silahkan klik gambar untuk memperbesar.

tampilan dari hasil perayapan screaming frog
2 tab di atas adalah untuk melihat semua link internal, sedangkan 2 kolom yang di bawah adalah untuk melihat status code dari masing-masing URL. Kita perlu memeriksa apakah ada masalah perayapan baik pada internal link maupun external link. Jangan sampai ada broken link atau bahkan terlalu banyak broken link. Karena itu bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung di website anda.

Seperti anda lihat pada gambar di atas. Ada sebuah halaman dari trikmudahseo yang tidak dapat ditemukan. Biasanya kolom status code ini akan menampilkan kode 200 - OK paling di atas. Jadi untuk menampilkan halaman-halaman bermasalah silahkan klik bar status code 2 kali.

Sebenarnya tidak ada tindakan yang perlu anda ambil hanya jika anda menemukan kode 301 atau 302 atau 404. Anda hanya perlu memperhatikan jika kodenya adalah 500 atau 5XX lainnya, karena itu menandakan ada masalah dengan server yang anda gunakan. Jika server anda bermasalah atau sering drop maka ranking anda juga akan naik turun di tempat, karena permasalahan dalam perayapan itu sangat mempengaruhi penilaian Google.

Kalau mayoritas hasil pemeriksaan dari website anda menunjukkan status 200-OK, maka itu berarti website anda baik-baik saja.

Cara penggunaan alat ini sangat sederhanakan? Tapi fungsinya bukan cuma untuk itu saja. Anda akan menemukan cukup banyak fungsi dan informasi jika anda mau memeriksa semua tab yang disediakan oleh software ini. Informasi onpage yang disediakan oleh tools ini cukup lengkap, tapi kalau anda mau melihat jumlah kata  dan kerapatan kata kunci, maka tetap harus menggunakan SEOQUAKE.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!