Cara Mengetahui Beratnya Persaingan Untuk Kata Kunci

persaingan kata kunci berat dari onpage, artikel, dan backlink
Saat ini banyak blogger yang mengharapkan mesin pencari seperti Google yang menjadi sumber trafik untuk website mereka, karena google adalah sumber trafik yang gratis. Hanya saja untuk mendapatkan itu ada setumpuk kata kunci yang harus ditaklukkan. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang menjadi lawan anda?

Banyak blogger yang mengatakan bahwa mereka berhasil mengalahkan Google pada saat mereka meraih juara 1. Padahal yang menjadi mereka sebenarnya bukan Google, melainkan sekumpulan orang yang juga menginginkan posisi untuk kata kunci tersebut. Jadi karena anda tidak sendirian di jagad dunia maya ini, maka yang menginginkan kata kunci yang berpotensi komersil itu bukan cuma anda.

Jadi anda harus mengetahui seberapa hebat lawan anda.

Di sini saya mau membagikan kepada anda cara untuk menilai seberapa berat kompetisi yang akan anda hadapi; tapi sebelum itu kita harus mengetahui dulu teknik keliru yang sudah terlanjur beredar di antara peminat SEO....

Cara Mengetahui Persaingan Kata Kunci Yang Keliru

Melihat jumlah halaman hasil pencarian

Apakah anda pernah melihat penawaran jasa SEO yang mendasarkan tarifnya pada jumlah hasil pencarian yang diperlihatkan oleh Google? Jika hasil pencairannya mencapai jutaan halaman, maka harga optimasinya akan sampai berjuta-juta?

contoh jumlah hasil pencarian di SERP Google

Ini jelas adalah teknik yang keliru, karena banyak bukan berarti hebat. Kalau kata kunci itu memang banyak yang membahas tapi dari banyak itu hanya sedikit yang menguasai SEO, maka anda sama sekali tidak perlu kuatir.

Melihat jumlah halaman yang memakai kata kunci di dalam judul

Teknik yang ini katanya lebih spesifik, karena hanya melihat mereka yang secara khusus menggunakan kata kunci ini di dalam judul. Semakin banyak orang yang memasukkan kata kunci ke dalam judul, maka dianggapnya akan semakin keras pula persaingannya. Untuk melakukan pencarian yang hanya menampilkan mereka yang memakai kata kunci di dalam judulnya digunakan operator intitle.

Kasus ini juga tidak ada bedanya dengan yang terjadi di atas, yaitu banyaknya pesaing bukan berarti pesaing itu hebat. Semua teknik ini membuat kata kunci itu hanya akan terasa lebih mahal dari yang seharusnya dan terkadang memang itu tujuannya.

Cara Mengetahui Persaingan Yang Sebenarnya

Saat mencari tahu persaingan untuk kata kunci yang anda inginkan, maka yang harus anda perdulikan hanya Top 5 saja yang ada di halaman pertama. Yang lainnya anda anggap saja peramai suasana. Kenapa demikian? Karena yang harus anda kalahkan adalah Top 5 ini. Semua yang berada di bawah Top 5 tidak perlu dianggap sebagai saingan, karena jika anda gagal masuk ke 5 besar, maka dari kerja keras itu tidak akan memuaskan.

Mengamati Onpage Halaman Saingan Anda

Jadi sekarang, masukkan kata kerja anda di Google, sesudah itu bukan hasil pencarian untuk 5 hasil teratas. Jika anda sudah membuka kelima halaman web tersebut, maka amati terlebih dahulu onpage dari web tersebut:
  • Apakah title tagnya mengandung kata kunci dan kata kuncinya ada di depan?
  • Apakah meta descriptionnya juga mengandung kata kunci?
  • Apakah heading h1 dan h2 pada halaman itu juga mengandung kata kunci?
  • APakah Alt tag melengkapi setiap gambar?
  • Apakah jumlah link tidak lebih dari 100?
  • Apakah ada link menuju halaman tersebut pada header atau sidebar?
Jika anda menjawab Ya untuk semua jawaban di atas, maka itu berarti onpage lawan anda sudah diatur dengan baik untuk kata kunci tersebut dan itu berarti persaingan untuk kata kunci tersebut akan relatif sulit untuk dikalahkan.

Mengamati Isi Artikel

Setelah anda mengamati struktur onpagenya sekarang amati juga struktur dari artikelnya.
  • Apakah artikelnya cukup panjang dalam artian lebih dari 2000 kata?
  • Jika tidak cukup panjang, apakah artikelnya lebih panjang dan lebih detil dari artikel anda?
  • Apakah artikelnya memakai poin pembahasan yang diberi tag h2?
  • Apakah dia memberi cetak tebal di pemunculan pertama kata kunci?
  • Apakah gambarnya memakai beberapa media seperti gambar dan video?
  • Apakah dia mempunyai beberapa internal link menuju artikel yang relevan dengan isi halaman tersebut?
  • Apakah artikel lainnya relevan dengan artikel yang sedang anda amati dalam artian blog itu hanya membahas satu niche saja?
Jika anda menjawab  Ya untuk semua pertanyaan di atas, maka anda bisa menganggap persaingan bertambah sulit untuk kata kunci tersebut.

Mengamati Backlink Sangat Perlu Untuk Menilai Persaingan

Anda bisa memakai ahrefs.com untuk mengamati profil backlink dari pesaing anda. Cobalah untuk melihat apakah backlinknya lebih banyak dari anda? Apakah backlinknya dofollow? Apakah kata kuncinya beragam? Jika ya, maka itu bisa mengindasikan persaingan yang lebih keras lagi.

Tapi kalau anda melihat bahwa backlinknya lebih sedikit dari anda, cobalah untuk mengintip 5 contoh backlinknya. Biarpun backlinknya sedikit, tapi jika semuanya adalah backlink yang relevan dengan kontennya, maka itu adalah backlink yang sangat kuat.

Kalau anda melihat ternyata backlinknya sangat minim atau bahkan tidak ada, maka cobalah untuk melihat backlink dari homepagenya, karena suatu halaman tidak harus mempunyai backlink untuk mendapatakan otoritas. Suatu halaman bisa saja mendapatkan otoritas dari homepagenya sendiri atau keseluruhan halaman.

Di dalam Moz ini disebutkan sebagai Domain Authority dan Page Authority. Anda bisa memasang mozbar pada browser anda jika anda mau melihat DA dan PA dari setiap halaman. Bagi anda yang mau memakai toolbar ini silahkan dibuka URL berikut: http://moz.com/tools/seo-toolbar

Domain authority dan Page Authority yang lebih tinggi tidak menjamin kita menang di SERP karena ini hanya semacam pendekatan kasar saja. Tapi yang pasti anda harus bersiap-siap melakukan optimasi yang berat jika nilainya sudah berada di atas 40 untuk halaman tersebut (PA).

Jika anda melihat semua faktor di atas bergitu kuat pada halaman pesaing anda, maka anda harus bersiap melakukan optimasi yang sangat lama. Lamanya itu tergantung dari seberapa keras anda bekerja mencari backlink. Ini bisa menjadi pekerjaan 3 bulan sampai 1 tahun lamanya.

Jadi setelah anda mengetahui cara menghitung beratnya persaingan untuk kata kunci, maka ini saatnya anda memutuskan apakah lanjut melakukan optimasi atau tidak. Jika lanjut, maka buatlah perencanaannya.
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.