Ranking Tetap Tapi Kenapa Pengunjung Berkurang?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Ada beberapa pemilik website yang bingung kenapa website mereka masih ranking di kata-kata kunci yang mereka targetkan, tapi pengunjung website mereka berkurang? Apa yang sebenarnya terjadi?


Ada dua hal penyebab utama ranking anda tetap tapi trafik pengunjung berkurang, yaitu:
  1. Frekuensi update berkurang, dan
  2. Anda bermain di kata kunci yang keras persaingan adwords-nya

Frekuensi Update Berkurang

Memang benar ranking untuk kata-kata kunci utama anda masih tetap. Tapi menurunnya frekuensi update bisa menurunkan trafik yang datang dari "langganan" anda. Jika website anda mempunyai pengunjung yang berlangganan, atau yang memang sering mencari update dari blog anda, maka anda akan kehilangan pengunjung seperti ini saat anda mengurangi frekuensi update dari website anda.

Selain itu trafik anda bukan hanya disumbang oleh kata-kata kunci utama, tapi juga kata kunci-kata kunci yang long tail.

Potensi trafik masing-masing long tail keywords ini memang kecil, tapi kalau varian kata kuncinya luas, maka ujung-ujungnya anda akan kehilangan pengunjung dalam jumlah yang signifikan; karena frekuensi update yang melambat biasanya berpengaruh ke kata-kata kunci seperti ini.

Anda Bermain Di Kata Kunci Persaingan Keras Adwords

Boleh jadi ranking anda tetap ranking 1. Tapi belakangan semakin banyak pengiklan adwords di Google yang nge-bid kata kunci andalan anda. Akhirnya di hasil pencarian Google muncul 1 iklan, lalu jadi 2 iklan, lalu jadi 4 iklan, dan akhirnya anda berada di barisan ke 5.

Ya! Peringkat 1 organik bisa jadi peringkat ke 5 jika ada 4 hasil pencarian berbayar di atasnya. Kata kunci yang bisa menyumbang 500 pengunjung per hari, bisa jadi hanya menyumbang 200 sampai 300 pengunjung per hari jika kejadiannya seperti ini.

Jadi memang benar, layout iklan adwords di SERP Google mulai dikeluhkan para pemilik website yang mengandalkan hasil pencarian organik.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!