10 WEB HOSTING INDONESIA MURAH DAN CARA MEMILIH PAKET SERVER

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
layanan web hosting murah indonesia
Bagi anda yang sedang membuat website ataupun blog dan memerlukan layanan web hosting, maka saya merekomendasikan anda membaca terlebih dahulu artikel ini. Di sini saya akan menjelaskan ke anda bagaimana cara memilih web hosting terbaik dan paling sesuai untuk website anda.

Perlu saya perjelas di sini bahwa salah memilih web hosting akan sangat mempengaruhi kinerja dari website anda di halaman pencarian Google. Jadi untuk anda yang berniat ranking di halaman pencarian Google menggunakan website yang di hosting sendiri harap membaca artikel ini dengan seksama.

Ada beberapa nama web hosting indonesia yang sudah sangat di kenal di Indonesia. Dengan membuat pertanyaan di forum facebook dan mencoba mendapatkan beberapa testimoni dari teman-teman blogger, saya mendapatkan beberapa nama layanan web hosting Indonesia di bawah ini.

Btw, sebaiknya jangan mengklik link provider web hosting di bawah ini jika anda belum paham sama sekali apa yang perlu anda perhatikan saat memesan paket web hosting. Sebaiknya anda membaca lebih lanjut terlebih dulu.

Daftar Web Hosting Indonesia Paling Populer

Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan web hosting yang populer di antara pembuat website di Indonesia:
  1. PUSAT HOSTING
  2. IDWEBHOST
  3. NIAGA HOSTER
  4. ARDETA MEDIA
  5. NUSANTARA HOST
  6. JOGJA HOST
  7. CLOUD MEDIA BIZ
  8. DEWA WEB
  9. ID CLOUD HOST
  10. DOMAINESIA

Saya tidak akan membuat masalah hosting ini menjadi ribet untuk anda. Jadi jika anda adalah orang yang sangat awam sekali masalah web hosting; maka yang perlu anda ingat adalah setiap layanan web hosting ini mempunyai customer service yang siap membantu anda dari nol sampai selesai.

Setiap kali anda mengunjungi website provider web hosting anda akan melihat sebuah live chat di bagian kanan layar yang bisa anda pakai bertanya apa saja ke customer servicenya. Jika anda membuka live chatnya kira-kira tampilannya akan seperti di bawah ini....

live chat dari web hosting provider

Kalau anda butuh video tentang cara memesan nama domain dan paket hosting, di sini saya pasangkan contoh dari layanan web hosting NIAGA HOSTER...


Walaupun video di atas cukup lengkap, tapi saya tetap merekomendasikan untuk membaca lebih lanjut, supaya anda bisa lebih paham tentang fitur-fitur web hosting yang tersedia. Ini akan membantu anda dalam memilih paket web hosting yang sesuai untuk website anda.

Untuk membantu anda mendapatkan pilihan paket web hosting yang tepat untuk website ataupun blog anda .... berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan:
  1. Kapasitas Penyimpanan Data
  2. Bandwidth bulanan 
  3. Harga Paket Web Hosting
  4. Lokasi Server
  5. Kecepatan Respon Server
  6. Garansi Uptime
  7. Keamanan Website Anda
  8. Layanan Customer Service 24 Jam
Nah 8 Poin ini mungkin terdengar asing buat anda yang masih awam masalah web hosting. Jadi saya akan memberikan penjelasan pendeknya untuk yang malas membaca panjang lebar; dan penjelasan panjangnya buat yang memang kepo mau tahu banyak hal tentang web hosting ini... 😎

PENJELASAN SINGKAT FITUR WEB HOSTING MURAH

Kapasitas Penyimpanan Data: Semakin besar jumlah halaman, jumlah gambar di website anda, maka akan semakin besar kapasitas penyimpanan data yang anda perlukan di sebuah layanan web hosting. Anggap saja anda mempunyai website dengan 3000 halaman, dan ukuran halaman itu beserta semua elemen di dalamnya termasuk gambar adalah rata-rata 250kB, maka 1GB ruang penyimpanan web hosting akan pas-pasan untuk website anda.
---000---
Bandwidth bulanan: Ini adalah jumlah total ukuran halaman yang bisa dibuka setiap bulannya dari paket web hosting anda . Jika rata-rata ukuran halaman anda adalah 250kB; dan batas bandwidth anda adalah 10GB, maka rata-rata setiap bulannya KURANG DARI 40.000 halaman bisa diakses setiap bulannya. Jika setiap pengunjung membaca rata-rata 2 halaman, maka setiap bulannya kurang dari 20.000 pengunjung bisa dilayani. Itu setara 500 sampai 700 kunjungan per harinya. Bagaimana dengan bandwidth unlimited? Itu tidak seperti bayangan anda; jadi kalau mau tahu silahkan baca penjelasan versi lengkap di bawah
---000---
Harga Paket Web Hosting: Tentunya anda mau mencari paket web hosting murah; tapi biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas yang anda dapat. Adapun harga yang anda lihat itu tidak selalu menjadi harga untuk perpanjangan paket. Terkadang pendaftaran awal sengaja di beri diskon. Jadi sebaiknya anda mencari tahu apakah harga itu adalah promo pendaftaran saja atau memang sudah harga dasarnya. Coba juga cek berapa harga jika anda melakukan upgrade paket, siapa tahu saja harga paket upgradenya tidak sesuai dengan budget anda.
---000---
Lokasi Server: Lokasi server dari web hosting akan sangat berpengaruh pada dua hal, yaitu kecepatan dan beban optimasi SEO dari website ataupun blog yang anda buat. Jadi pastikan anda mendapatkan server yang berada di Indonesia jika anda menargetkan market di Indonesia.
---000---
Kecepatan Respon Server: Hanya karena server anda berada di Indonesia belum tentu server ini cepat melayani permintaan pengunjung, jika server ini sudah terlalu penuh dengan website-website yang lain yang juga memakai RAM dan CPU serta sumber daya lain dari server web hosting anda ini. Kecepatan server yang buruk bisa membuat optimasi anda terasa berat, karena Google merekomendasikan waktu respon di bawah 0,2 detik.
---000---
Garansi Uptime: Ini adalah persentase website anda bisa diakses oleh pengunjung dan lawannya adalah downtime. Rata-rata layanan web hosting murah di Indonesia ini berani memberikan garansi uptime 99,9%. Tapi tentunya yang terbaik adalah Uptime yang 100%.
---000---
Keamanan Website Anda: Tentunya website juga bisa bermasalah jika sudah menyangkut hacker atau kecerobohan kita sendiri. Jadi ada baiknya anda mengecek masalah sistem keamanan dan juga sistem backup dari website anda ke Customer Service.
---000---
Layanan Customer Service 24 Jam: Ini bisa jadi sangat penting, jika tiba-tiba website anda bermasalah. Baik itu website anda menolak akses dari Googlebot, atau error, atau lambat, atau masalah-masalah lainnya. Anda pasti mau masalah ini ditangani secepatnya, karena bisa saja masalah ini terjadi saat Googlebot sedang akan merayapi website anda, dan jika website anda tidak bisa dirayapi, maka peringkatnya akan diturunkan setidaknya sampai perayapan berikutnya. Jadi layanan web hosting yang baik seharusnya menyediakan sistem layanan CS yang siaga 24 jam.

Kalau anda merasa penjelasan singkat di atas sudah cukup, maka anda sudah bisa mengunjungi provider-provider web hosting murah di atas untuk setidaknya sekedar bertanya tentang paket mereka.

Tapi kalau anda tetap saja merasa masih terlalu awam dan masih terlalu bingung; Anda bahkan bisa mengatakan ke Customer Servicenya.... "Mbak saya bingung caranya, tolong bantu orderkan... ini alamat email saya (alamatemail@gmail.com) untuk kirim tagihannya. Kalau sudah bayar saya konfirmasi lewat chat ini lagi. Bisakan?"

customer service web hosting

Gambar di atas contoh saja ya .... Kebanyakan yang online tuh mas-mas ganteng 😂

 ---- 000 ----

Btw, buat yang mau tahu lebih jelas soal fitur-fitur web hosting di atas saya akan membahasnya secara lebih mendetail lagi.

PENJELASAN LENGKAP FITUR DASAR WEB HOSTING MURAH

Kapasitas Penyimpanan Data

Ini berbicara tentang banyaknya ukuran file website yang bisa anda simpan di server dari layanan web hosting. Anda sudah melihat contoh hitungannya di atas jadi saya tidak akan mengulangi lagi di sini. 

Yang penting anda bisa memprediksi kira-kira berapa kebutuhan paket hosting yang anda perlukan sekedar untuk memulai website anda terlebih dahulu. Karena paket ini bisa diupgrade sewaktu-waktu; dengan memperhitungkan biaya dari sisa waktu yang belum terpakai dari paket sebelumnya.
ruang penyimpanan data website anda sebaiknya dalam sistem cloud

Untuk menghemat kapasitas ruang penyimpanan data anda, maka sebaiknya anda tidak menghosting file-file berukuran besar di layanan web hosting anda. Jadi jika anda ingin menyediakan link download file berukuran besar maka sebaiknya file tersebut anda hosting di website-website yang memang menyediakan jasa hosting file berukuran cukup besar seperti mediafire, dll.

Begitu juga video-video, sebaiknya anda hosting pada website video seperti Youtube. 

Adapun gambar yang akan anda pasang di artikel itu sebaiknya anda kompresi atau perkecil sampai ukuran yang memang pas dengan tampilan yang anda inginkan. Jangan mengupload gambar 2000x1000 pixels, jika anda hanya menampilkan ukuran 500x250 pixels saja.

Melakukan tips-tips di atas akan membantu anda untuk mendapatkan jumlah halaman yang paling optimal untuk website anda tanpa harus menambah kapasitas penyimpanan data atau upgrade paket web hosting.

Bandwidth Bulanan

Anda sudah memahami bahwa bandwidth adalah jumlah total transfer data yang bisa terjadi pada website anda. Melakukan tips-tips di atas pun akan bisa menghemat bandwidth anda, karena semakin ramping halaman, maka akan semakin ramping juga data yang harus ditransferkan.

Itu berarti akan semakin banyak pengunjung yang bisa anda layani setiap bulannya.

unlimited bandwidth artinya batasan bandwidt tidak ditetapkan

Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak provider yang menuliskan bahwa bandwidth mereka adalah unlimited. Tapi sebaiknya anda tidak salah memahami arti dari kata unlimited ini. Tidak mungkin website anda terus berkembang menjadi website dengan trafik raksasa hingga ratusan ribu per bulan dan anda hanya membayar biaya hosting Rp.15.000/bulannya.

Anda harus paham bahwa layanan web hosting ini adalah badan usaha dan bukan badan amal, jadi tetap saja mereka hanya akan melayani sampai batas di mana keuntungan masih bisa tercapai.

Ada layanan web hosting murah yang menetapkan batas bandwidth sekitar 10GB per hari atau berapapun itu untuk setiap paketnya. Dan ada yang untuk kepentingan promosinya menuliskan UNLIMITED....

Maksud dari UNLIMITED ini bukanlah server akan terus dikembangkan untuk memenuhi keutuhan anda dengan biaya bulanan yang tetap sama. 

Maksud dari UNLIMITED ini adalah tidak ada nilai batasan tertentu yang ditetapkan selama sumber daya server masih bisa melayani tanpa menimbulkan beban yang berlebih.

Tapi jika website anda ternyata membuat kinerja server terlalu drop, karena trafik yang terlalu besar.... Anda akan diminta menaikkan paket hosting anda ke paket yang lebih sesuai dengan beban trafiknya. Jika anda tidak melakukan itu, maka barulah sumber daya website anda akan dibatasi, dan itu akan membuat website anda lemot seperti siput.

Harga Paket Web Hosting

Biasanya ini adalah hal yang menjadi pertimbangan utama saat seseorang akan membeli sebuah layanan web hosting, yaitu harga, harga, dan harga. 

Tapi satu hal yang perlu anda ketahui; yaitu semakin murah harga yang ditawarkan, maka semakin besar kemungkinannya server itu akan penuh dengan website-website orang lain (shared hosting) yang berpotensi mengganggu kinerja website anda dalam hal kecepatan muat halaman.
pilihan paket web hosting
Sebenarnya tidak ada batasan berapa banyak website yang bisa di hosting di satu server, karena itu sangat bergantung pada total jumlah trafik keseluruhan website tersebut dan sumber daya terpasang pada server tersebut. Selama sumber daya server masih bisa meladeni trafik yang masuk, maka website terpasang tentunya masih bisa ditambahkan.

Jadi tidak ada nilai yang pasti berapa jumlah website yang bisa diterima; makanya setiap provider web hosting mempunyai hitungannya masing-masing soal harga. 

Tapi; harga yang sangat murah bisa saja menjadi indikator yang kuat bahwa server itu memproyeksikan jumlah website yang diterima lebih besar dari provider dengan harga yang lebih mahal.

Jadi soal harga ini anda harus memperhitungkan apakah harga pembelian awal itu harga dasar atau harga promosi, dan juga apakah harga untuk upgrade-nya bisa anda terima atau tidak.

Lokasi Server

Seperti yang sudah saya bahasakan sebelumnya bahwa lokasi server ini bisa membuat anda kesulitan mendapatkan trafik dari suatu negara, jika servernya tidak berada di negara tersebut. Adapun lokasi server di seluruh dunia ini ada di beberapa negara yang bisa menjadi pilihan anda.

lokasi server sebaiknya dekat dengan lokasi market

Berikut adalah daftar negara-negara yang menjadi lokasi untuk server web hosting di seluruh dunia:
  1. Amerika
  2. Australia
  3. Bangladesh
  4. Belanda
  5. Brazil
  6. Cina
  7. Filipina
  8. India
  9. Indonesia
  10. Inggris
  11. Israel
  12. Italia
  13. Jepang
  14. Jerman
  15. Kanada
  16. Kolombia
  17. Korea Selatan
  18. Malaysia
  19. Mexico
  20. Myanmar
  21. Pakista
  22. Perancis
  23. Polandia
  24. Rusia
  25. Singapura
  26. Spanyol
  27. Swedia
  28. Thailand
  29. Turki
  30. Vietnam
Pada umumnya layanan web hosting yang melayani di Indonesia ini hanya menyediakan lokasi di Indonesia, Singapura, ataupun Amerika. Jadi jika anda menginginkan lokasi yang spesifik mungkin anda bisa Googling untuk server dengan lokasi yang anda perlukan.

Kecepatan Respon Server

Sebelumnya sudah dijelaskan di atas bahwa yang dimaksud dengan kecepatan respon server adalah seberapa cepat server mengirimkan byte pertama ke browser pengunjung website anda. Google menetapkan standar bahwa setidaknya dalam 0,2 detik browser pengunjung sudah harus mulai menerima byte data dari server.

Ini biasanya disebut juga sebagai TTFB atau Time To First Byte

Dalam sebuah percobaan MOZ mendapatkan gambaran bahwa semakin lambat server merespon, maka akan semakin besar drop pada ranking yang kita peroleh.
pengaruh kecepatan respon server pada ranking website
semakin lama respon server median menunjukkan kenaikan ranking. Catat bahwa grafik tidak rata karena faktor SEO bukan hanya TTFB saja.
Bukan hanya itu saja; TTFB ini juga bisa menjadi gambaran apakah server anda sudah berat atau masih prima. Jika server anda sudah berat, maka kemungkinan waktu muat halaman juga akan lebih lama, dan lamanya waktu muat halaman bisa berefek pada kaburnya pengunjung sebelum halaman tersebut terbuka sepenuhnya.

Kaburnya pengunjung akan menjadi masalah besar jika website anda adalah website online shop, karena itu berarti anda mempunyai peluang besar kehilangan penjualan yang seharusnya terjadi.

Jika pengunjung yang kabur tadi ini berasal dari rekomendasi Google, maka kaburnya pengunjung ini juga akan mengirimkan sinyal bad experience ke Google, dan ini bisa mengakibatkan ranking anda diturunkan di hasil pencarian.

Penyebab waktu respon server atau TTFB yang lambat ini adalah server yang sudah terlalu penuh dan padat laju trafiknya. Kondisi ini akan membuat CPU dan RAM server akan bekerja dengan beban berlebih, sehingga keseluruhan halaman akan memerlukan waktu ekstra untuk terbuka.

Anda bisa mengujicoba TTFB dari website anda di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id

Jika ternyata TTFB atau waktu respon server anda direkomendasikan untuk ditingkatkan; maka anda sebaiknya menghubungi penyedia layanan web hosting untuk berkonsultasi dan melihat opsi apakah melakukan upgrade paket hosting bisa menyelesaikan masalah ini.

Garansi Uptime

Yang dimaksud dengan uptime adalah persentase waktu di mana website anda bisa diakses. Penjelasan sederhananya seperti ini:

Jika dalam setahun ada 8760 jam; maka provider web hosting yang menjamin uptime sebesar 99,9% akan menjamin website anda bisa diakses 8751 jam dalam setahun. Itu berarti bisa saja terjadi downtime atau website anda tidak bisa diakses selama 9 jam dalam setahun atau sekitar 45 menit setiap bulannya.
setidaknya server anda harus memberi garansi 99,9%
Tapi belum tentu juga terjadi downtime .... kadang sama sekali tidak ada masalah dalam setahun

Beberapa website yang memakai sistem cloud atau beberapa server yang saling tunjang satu sama lainnya bahkan berani memberikan garansi uptime 100%. Tentunya ini juga tidak bisa menjadi jaminan bahwa situs anda tidak akan pernah down, karena server tercanggih di dunia milik amazon dan Google yang juga berbasis sistem cloud saja bisa offline beberapa menit dalam setahun.


Keamanan Website Anda

Satu hal yang perlu anda ketahui sejak awal bahwa tidak ada yang namanya aman 100%. Di dunia ini orang-orang yang jahat akan selalu mencari cara untuk mengatasi sistem keamanan terbaru. Jadi sistem keamanan yang ada saat ini hanya untuk meminimalkan kemungkinan website anda mendapatkan serangan.

Pada umumnya layanan web hosting juga menggunakan sistem proteksi untuk mencegah serangan hacker jahat, DDOS, dan spammer. Tools yang paling terkenal saat ini dan diklaim bisa melakukan semua ini adalah Bitninja Smart Server Security.

bitninja server security sudah sangat dikenal

Tapi demi keamanan yang maksimum dari website anda, sebaiknya anda juga mengecek masalah Backup, SSL, dan SSH dari layanan web hosting yang anda gunakan.

Anda perlu mengecek apakah layanan web hosting yang anda bayar itu menyediakan fitur auto backup secara berkala atau anda yang harus melakukannya sendiri secara manual. Backup akan sangat penting untuk memulihkan kembali website anda jika saja terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

Khusus masalah SSL atau Secure Socket Layer ini akan sangat penting sekali jika website anda adalah website bisnis online atau website yang melibatkan transfer data penting melalui internet. Sistem SSL ini akan membantu anda untuk melakukan enskripsi pada data-data penting yang dikirim via internet sehingga data-data ini tidak jatuh ke tangan pihak lain.

Perlu anda catat bahwa Google juga memberikan poin ekstra jika anda menggunakan sertifikat SSL untuk mengamankan website anda. Semua itu dikarenakan Google berusaha mencari website yang bukan hanya mengutamakan konten yang baik tetapi juga keamanan pengguna.

Jadi ada baiknya pada saat anda baru akan membeli layanan hosting anda juga menanyakan masalah SSL ini ke penyedia layanan hosting.

Ok, kalau semua di atas sudah fix, apakah website anda pasti aman?

Sebenarnya masih banyak sekali celah dalam keamanan website anda. Anda harus berhati-hati menjaga password anda, anda juga jangan sembarangan menginstall plugin yang tidak jelas. Jadi ada baiknya anda bertanya di sana-sini atau melihat review dari suatu plugin sebelum anda memasangnya pada website anda.

Begitu juga tema yang anda pilih, sebaiknya adalah tema yang sudah banyak digunakan dan dibuat oleh pihak yang cukup bereputasi dan terpercaya.

Layanan Customer Service 24 Jam

Nah salah satu yang terpenting adalah mengetahui apakah customer service bisa dihubungi 24 jam sehari. Ini penting sekali karena sebuah website seharusnya menjadi halaman yang non-stop bisa diakses kapan saja. Jadi jika website anda down, bisa jadi pelanggan anda akan kabur atau Google akan menurunkan ranking anda.

Jangan kuatir untuk bertanya apa saja masalah layanan mereka ke para Customer Service, karena para Customer Service dari web hosting ini akan melayani pertanyaan anda dengan sebaik-baiknya. Tentunya selama pertanyaan anda relevan, masuk akal, dan juga bukan mau ngerjain CS tentunya 😂 (CS juga manusia)....
layanan customer service web hosting sebaiknya 24 jam sehari


Jadi hal-hal dasar inilah yang perlu anda ketahui saat akan menggunakan layanan web hosting murah untuk membuat website yang self hosted. Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu.


Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!