Update Algoritma Google Terbaru 2018 Dan Pengaruhnya

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
update algoritma google 2018
Update Algoritma adalah sesuatu yang sebenarnya sangat biasa di sistem mesin pencari. Setiap hari Google melakukan update dan refresh pada algoritmanya. Yang menjadi suatu masalah adalah jika update tersebut merupakan update yang besar sehingga peringkat dari website banyak yang berubah....

Kalau anda termasuk yang dirugikan oleh update-update kali ini, jangan frustrasi seperti gambar di atas ya ... 😆
================

Banyak website yang mengalami perubahan peringkat, dan itu berarti Google memang melakukan perubahan yang besar pada aturan main mereka. Jika kita tidak bisa memahami aturan main yang baru dan menyesuaikan website kita pada aturan main yang baru ini, maka kemungkinan besar website yang sebelumnya sangat superior pun akan sulit untuk bersaing.

Ada 4 kali update dalam waktu yang sangat berdekatan, dan sepertinya sangat berpengaruh ke ranking.... Hal ini membuat jadi sangat sulit untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah yang muncul.

Empat Update ini mempengaruhi 4 hal, yaitu:
  1. Konten yang di-spin
  2. Halaman yang mobile friendly
  3. Relevansi 
  4. Pagerank
Catatan: Tulisan tentang update algoritma Google terbaru di tahun 2018 ini sifatnya masih pengamatan awal dan ada kemungkinan analisanya bisa berubah. Soalnya baru kali ini terjadi; beberapa update besar yang sangat berdekatan.
Tips bagi anda yang trafiknya jatuh, cobalah untuk melihat bagaimana kondisi dari website yang naik menggantikan posisi anda. Coba cek hal-hal apa saja yang ada di website tersebut yang lebih baik dari website anda.... dan coba perbaiki kondisi dari halaman web anda.

Untuk membantu anda mendapatkan pemahaman tentang Algoritma Google yang terbaru, saya akan berfokus pada 4 kondisi website yang dipengaruhi oleh update-update ini.

KONTEN YANG DI-SPIN

Ini adalah update algoritma yang terjadi di awal bulan maret yang lalu, dan bisa dikatakan banyak yang terkena efek dari update Algoritma ini. Update ini di dunia SEO internasional disebut sebagai Algoritma BRACKETS atau TANDA KURUNG. Mungkin karena algoritma ini menargetkan konten-konten yang di-spin.

konten di-spin

Bisa dilihat dari artikel di atas ada kutipan:
Content which is copied, but changed slightly from the original. This type of copying makes it difficult to find the exact matching original source. Sometimes just a few words are changed, or whole sentences are changed, or a “find and replace” modification is made, where one word is replaced with another throughout the text. These types of changes are deliberately done to make it difficult to find the original source of the content. We call this kind of content “copied with minimal alteration.” Google Search Quality Evaluator Guidelines March 2017

TERJEMAHANNYA: Konten yang dicopy tapi diubah sedikit dari aslinya. Copas tipe ini membuatnya sulit untuk dicari sumber aslinya yang persis sama. Terkadang hanya beberapa kata saja yang diubah, atau keseluruhan kalimat diubah, atau modifikasi "cari dan ganti" dilakukan, di mana suatu kata digantikan kata lainnya di sepanjang teks. Perubahan seperti ini sepenuhnya dilakukan untuk membuat sulit ditemukan sumber asli dari konten tersebut. Kami menyebut konten ini "dicopy dengan sedikit perubahan". Panduan Pengevaluasi Kualitas Pencarian Google Maret 2017.
Jadi jelas kalau teknik di atas sudah menjadi target Google dari Maret 2017 dan update Maret 2018 memperlihatkan niat dari Google. 

Banyak pelaku SEO di Amerika yang mengumpulkan halaman-halaman yang drop di awal maret lalu, dan mereka menemukan bahwa hampir semuanya mempunyai satu persamaan, yaitu konten yang di-spin.

Apakah itu berarti kalau artikel anda di-spin anda pasti terkena efeknya? Bisa jadi seperti itu, bisa jadi juga belum saat ini.... karena Google harus mengumpulkan banyak data dari seluruh internet sebelum memutuskan kalau konten anda adalah hasil spin.

Jadi bisa saja Algoritma ini diupdate di bulan Maret, tapi website kita baru kena hantamannya di bulan April atau Mei.

Kalau saat ini website anda terindikasi bermasalah dengan update algoritma yang terbaru, maka saya lebih merekomendasikan anda untuk mencoba mengedit artikel-artikel andalan dari website anda menjadi sebuah artikel yang unik. Setelah itu lakukan Fetch as Google dan ajukan pengindeksan ulang.

HALAMAN YANG MOBILE FRIENDLY

Ujicoba sistem mobile first index juga sudah selsai dan sekarang algoritma ini sudah dimasukkan ke dalam algoritma inti. Jadi website yang tidak mempunyai struktur yang mobile friendly atau setidaknya berat pemuatannya akan mendapatkan masalah di era mobile first index ini.

Aturan mobile yang direkomendasikan oleh Google adalah website anda mempunyai isi konten yang sama antara tampilan desktop dan tampilan mobilenya. Begitu juga dengan URL-nya .... Google merekomendasikan kita untuk menggunakan URL yang sama untuk versi desktop dan mobile.

Kecepatan muat website juga perlu diperhatikan, karena Google merekomendasikan konten paruh atas (sebelum layar digeser ke bawah) itu bisa dimuat dalam waktu 3 detik. Untuk para pemilik website yang halamannya berat dimuat di perangkat mobile, ada baiknya mengecek penggunaan javascript dan CSS di halaman web tersebut.

Siapa tahu saja ada javascript atau CSS yang menghalangi pemuatan halaman.

Biasanya pemilik website yang ingin tampilan websitenya super canggih atau mau "memaksakan" monetisasi pada websitenya akan memakai beberapa script yang justru membuat website menjadi lambat dimuat.

Sebaiknya ditinjau lagi websitenya dari awal dan belajar lagi cara membuat website yang ringan untuk penggunaan mobile.

Sangat banyak website yang saat pertama kali dibuat sangat mobile friendly, tapi setelah beberapa lama menjadi kurang mobile friendly lagi karena pengelolaan yang buruk. Bisa karena ada penambahan widget-widget baru, dan bisa juga karena memasukkan gambar yang terlalu besar ukurannya.... Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya performa website.

Kalau anda benar-benar bingung di mana masalahnya, cobalah membuat website anda kembali ke kondisi awalnya saja di mana website masih cukup sederhana.

RELEVANSI

Google sendiri mengakui kalau ada banyak website yang sebelumnya ranking sangat baik menjadi drop saat update-update ini dilakukan. Website-website yang drop ini adalah website-website yang mempunyai konten-konten yang sangat berkualitas, hanya saja oleh algoritma baru dianggap kehilangan relevansi....

Kalau kita bicara RELEVANSI, maka kambing hitamnya adalah RANKBRAIN....

Untuk yang sering mengamati SERP mungkin akan menyadari ada perubahan yang aneh dalam sebulan terakhir ini, di mana halaman pertama Google sangat dinamis. Ada banyak sekali perputaran peringkat dalam waktu yang sangat dekat.

Halaman yang ranking 1 hari ini bisa jadi ranking 4 esok harinya atau mungkin ranking 7 atau ranking 3. Hasil pencarian bisa berbeda hanya dalam selang waktu yang tidak lama. Kenapa bisa seperti itu?

RANKBRAIN mempunyai ruang pencarian untuk melakukan pengujian terhadap hasil pencarian alternatif. Di ruang pencarian alternatif ini Google sering menaikkan hasil-hasil pencarian yang berbeda untuk melihat persentase kepuasan pengguna Google.

Yang menjadi masalah adalah saat Google menemukan hasil pencarian yang memberikan persentase kepuasan penguna yang lebih baik dari website kita. Tinggal menunggu waktu saja website kita akan disingkirkan oleh website lain ini.

Kalau kita sudah berhasil membuat website yang mempunyai kecepatan yang bagus, maka dalam hal relevansi ini kita harus melihat informasi apa yang tersedia di website lain ini yang tidak diberikan oleh website kita. Cek juga apakah penjelasan kita lebih mudah dipahami daripada website pesaing ini....

Kalau ternyata konten kita dirasa lebih baik, cobalah untuk mencari tahu apakah ada elemen lain di halaman website kita yang membuat pengunjung  merasa tidak betah. Cobalah membuka halaman-halaman web kita di perangkat mobile, untuk mencari tahu apakah ada hal-hal yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

PAGERANK

Sistem pagerank Google sendiri sudah tertutup untuk umum, jadi kita tidak bisa melihat nilai Pagerank yang paling aktual saat ini. Hanya saja beredar di internet kalau Google mempunyai patent yang baru untuk sistem pageranknya.

Beberapa hal yang bisa dipraktekkan untuk optimasi website kita antara lain dengan memperbaiki struktur label/kategori di dalam semua konten website, membatasi jumlah link di dalam suatu halaman menjadi sesedikit mungkin (dibatasi hanya pada link yang benar-benar perlu saja) dan meniadakan external link yang sitewide.

Jika anda saat ini sedang mengoptimasi halaman tertentu, maka sangat direkomendasikan agar halaman artikel tersebut mempunyai link yang sitewide (muncul di semua halaman web). Anda bisa memasang link menuju artikel andalan tersebut pada menu header, atau sidebar.

PERHATIAN

Jika anda melakukan perubahan pada website anda, harap segera melakukan Fetch as Google dan minta pengindeksan ulang. Tapi setelah pengindeksan ulang terjadi, belum tentu ranking anda akan langsung berubah....

Seperti biasa Google masih harus melakukan uji relevansi untuk konten anda. Jadi anda masih harus menunggu seminggu atau dua minggu untuk melihat apakah perbaikan anda memperlihatkan hasil....

Tapi seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di artikel KENAPA SEO BLOGSPOT LEBIH SULIT?; .....maka pengguna blogspot yang terkena penalty memang mempunyai tantangan yang lebih berat, karena struktur blogspot memang tidak begitu SEO ready....jadi memang lebih sulit untuk memenangkan persaingan.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!