7 Alasan Kegagalan Promosi di Facebook

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
7 Alasan Kegagalan Promosi di Facebook --- Siapa di antara blogger yang belum pernah mempromosikan blog melalui facebook? Rasanya sudah cukup banyak di antara para blogger yang menggunakan mendaftar dan membuat akun facebook untuk tujuan yang satu ini. Hanya saja fakta menunjukkan bahwa banyak orang tidak mendapatkan hasil apa-apa.

Artikel ini sebenarnya penjelasan tambahan dari artikel sebelumnya, yaitu bagaimana cara meningkatkan traffic blog. Hanya saja fakta bahwa banyak orang gagal melakukannya membuat saya tertarik untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kegagalan itu. Jadi kali ini saya akan membuat tulisan tentang faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan berpromosi di facebook.

Kesalahan 1: Hanya Menggunakan Akun Facebook Pribadi untuk Promosi

Berapa banyak dari kita yang mempromosikan blog dengan menggunakan facebook wall dari akun pribadi kita? Tentu ini bisa saja mendatangkan trafik pengunjung, hanya saja jika jumlah pengunjung yang anda harapkan berlimpah, maka cobalah membangun sebuah fan page.

Fan page dari facebook telah dibuktikan oleh banyak orang jauh lebih efektif dari postingan di wall facebook pribadi. Semuanya itu dikarenakan fan page biasanya mendapat like dari orang-orang yang memang tertarik dengan topik atau berita-berita yang kita sajikan. Dengan demikian lebih mudah untuk membuat mereka tertarik untuk berkunjung lagi ... dan lagi.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana mempromosikan fan page yang sudah kita buat? Anda bisa mendapat like dengan berbagai cara. Misalnya dengan memasang badge like pada blog anda. Bisa juga dengan mengundang fesbuker lain untuk memberi like pada fan page anda. Anda bisa mendapatkan fesbuker lain ini dari grup-grup yang kemungkinan besar berisi orang-orang yang tertarik dengan konten yang anda tawarkan.

Untuk mempermudah anda mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan blog yang anda buat, maka anda bisa menggunakan fitur facebook search. Anda bisa menemukan ketertarikan orang lain, bahkan orang-orang yang belum anda kenal sebelumnya dengan memanfaatkan fitur "kiriman publik". Kalau anda belum tahu caranya, silahkan baca artikel Mengenal fitur "Kiriman Publik" dari facebook search.

Jadi semuanya itu (blog badge, Facebook Group, dan Fitur Kiriman Publik dari facebook) bisa anda gunakan untuk menemukan orang-orang yang mungkin tertarik dengan berita, produk, atau jasa yang anda promosikan.

Kesalahan 2: Hanya menggunakan Facebook untuk promosi

Harus diakui bahwa facebook itu memang yang terbaik di bidang social media, tapi sangat keliru jika hanya mengandalkan facebook. Sumber trafik ada banyak sekali, yang terbaik tentunya masih Google, lalu menyusul facebook, twitter, dan masih banyak lagi. Saling menghubungkan semuanya sangatlah dianjurkan.

Kesalahan 3: Tidak aktif di Grup Facebook manapun

Grup facebook adalah tempat yang memungkinkan anda bertemu dengan banyak orang yang sebelumnya berada di luar jaringan anda. Tapi grup facebook ada yang aktif dan ada juga yang aktifitasnya payah. Jadi pintar-pintarlah memilih trafik dari grup facebook. Lebih baik menghabiskan waktu seharian untuk mencari grup yang aktif daripada posting setiap hari di grup yang "menyedihkan"....

Kesalahan 4: Memposting semua isi artikel atau hanya link saja

Ini adalah benar-benar kesalahan yang bisa dibilang sangat bodoh sekali. Siapa yang akan mengunjungi blog anda kalau bisa membaca semua postingan anda di fan page atau di wall? Inti dari semua tindakan promosi ini adalah membuat fesbuker penasaran untuk berkunjung. Kalau semua informasi sudah tersampaikan ... selesai sudah.

Memposting link saja juga tidak terlalu efektif untuk membangkitkan rasa penasaran. Jadi ada baiknya anda membuat narasi paragraf pertama dari postingan blog dengan semenarik mungkin. Dengan demikian jika pembaca membaca potongan itu, maka mereka menjadi tertarik untuk membaca lebih jauh lagi...

Kesalahan 5: Tidak konsisten

Banyak blogger yang tidak konsisten membagikan postingannya di Facebook. Padahal setiap postingan itu harus dibagikan. Mungkin saja ada postingan yang kurang peminatnya, tapi pasti saja ada yang membutuhkan postingan itu. Bukan hanya itu saja; walaupun banyak fesbuker yang merasa tidak membutuhkan postingan terbaru dari anda, tapi setidaknya jika anda memposting artikel tersebut, mereka tahu anda masih aktif blogging..... Bahkan jika perlu artikel lawas pun harus diposting berkali-kali....

Kesalahan 6: Kualitas Artikelnya Tidak Cukup Bagus

Ada beberapa artikel yang karena begitu bagusnya, maka orang-orang tidak tahan untuk menyebarkannya. Biasanya artikel jenis ini ada pada topik-topik yang lagi hot seperti berita gosip, artikel keagamaan, berita politik, dan masih banyak lagi. Bahkan hoax pun bisa jadi sangat laku di dunia maya. Ya, itu adalah fakta bahwa banyak blogger yang begitu mengutamakan trafik bahkan hoax pun dihidangkan.

Jadi perhatikanlah untuk membuat artikel yang bermanfaat agar orang-orang bisa terdorong dengan sendirinya untuk berbagi dengan yang lain.

Kesalahan 7: Tidak Mendorong Pembaca Untuk Membagikan Artikel Tersebut.

Ada beberapa niche dari blog yang sebenarnya sangat mudah untuk dibagikan ke orang lain. Hanya saja banyak orang yang terlalu malas untuk berbagi tentang informasi tersebut. Bahkan tidak pernah terpikir untuk membagikan apa yang dibacanya. Tidak ada ruginya jika pada tulisan anda diakhiri dengan dorongan untuk berbagi tulisan itu di facebook. Tentu saja anda harus mempermudah pembaca dengan menyediakan tombol share atau like pada artikel tersebut.... maklumlah budaya bangsa kita yang malas melakukan sesuatu jika terlalu repot.

Demikianlah ketujuh faktor ini sering membuat promosi rekan-rekan fesbuker sekalian berbuah nihil. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu memperbaiki tingkat efektifitas promosi di facebook.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!