Manfaat Google Plus Untuk Blog dan SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Manfaat Google Plus Untuk Blog dan SEO
Manfaat Google Plus untuk blog dan SEO sedang menarik perhatian saya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google menggunakan sinyal jejaring sosial sebagai salah satu sinyal positif untuk SEO suatu blog. Tentu saja dalam hal ini Google lebih berharap bahwa Google Plus kelak yang menjadi penyumbang terbesar sinyal itu dan bukannya facebook.

UPDATE SEPTEMBER 2014:
BERDASARKAN METRIKNYA GOOGLE PLUS MASIH MEMBERI POIN UNTUK RANKING TAPI SUDAH SANGAT BERKURANG SEJAK EXTERNAL LINK DI HALAMAN MEREKA MENJADI NOFOLLOW BEBERAPA BULAN LALU.

Manfaat Google Plus untuk blog anda

Sudah menjadi default dalam sistem Google.... bahwa setiap orang yang membuat akun Google baru akan mempunyai fitur Google plus untuk akun tersebut. Yang menjadi masalah adalah blogger di Indonesia belum "melirik" social network ini, jadi banyak yang mengabaikan keberadaan Google + yang melekat pada akun mereka. Sepertinya baru blogger barat dan India yang cukup banyak memanfaatkan Google plus ini....

Kebanyakan blogger masih lebih cenderung menggunakan Facebook. Alasannya tentu sederhana... "Untuk apa pakai Google + yang masih sepi?" Alasan ini sebenarnya cukup masuk akal. Jadi kali ini saya akan membahas beberapa alasan untuk menggunakan Google Plus....

Google Plus Membantu Indeks Artikel

Apabila anda menghubungkan antara blog dengan google plus yang anda miliki, maka setiap kali anda menerbitkan suatu artikel, anda akan diminta untuk melakukan publikasi ke Google +. Publikasi yang anda lakukan ini akan muncul pada profil Google Plus anda dan juga beranda-beranda orang yang telah menambahkan anda ke dalam lingkaran.

Anda perlu mengetahui perbedaan penting dari social network Facebook dan Google Plus ini. Pada halaman facebook, semua link keluar dari facebook itu bersifat nofollow, sedangkan pada Google Plus, semua  link keluar itu bersifat dofollow (mengantar poin halaman). Oleh karena backlinknya yang dofollow dan ditambah lagi Google Plus ini terintegrasi dengan sistem Google, maka sistem ini bisa membantu pengindeksan blog anda menjadi jauh lebih baik. 

Mungkin anda bertanya "Kenapa pengindeksan bisa jadi lebih baik?" Saya akan mencoba menjelaskan ini dengan sederhana saja....

Pada saat anda membuat sebuah akun Google Plus, anda akan diminta menambahkan beberapa orang ke dalam lingkaran anda. Saat anda menambahkan orang-orang populer ke dalam lingkaran anda, maka secara otomatis profil anda akan muncul di halaman orang-orang populer tersebut. Tentu saja link profil anda pada halaman orang tersebut sifatnya dofollow.

Tingkat perayapan halaman-halaman orang populer ini sangat tinggi, sehingga hanya dalam waktu singkat halaman profil anda akan segera terindeks. Jadi akan sangat membantu pengindeksan blog anda, jika anda juga membagikan/sharing hasil-hasil postingan blog pada akun Google Plus anda ini.

Mau hasil yang lebih baik lagi?
Carilah orang yang bersedia menambahkan akun anda ke dalam lingkaran mereka. Bayangkan jika jumlah orang yang bersedia menambahkan anda ke dalam lingkaran mereka ada 1000 orang. Dengan demikian, jika anda melakukan Vote +1 atau membagikan artikel anda, maka artikel itu akan Go Public di 1000 beranda....

Mau hasil yang jauh lebih baik lagi?
Usahakan orang-orang yang menambahkan anda ke dalam lingkaran mereka, juga mempunyai banyak follower. Bayangkan jika satu saja teman anda yang juga mempunyai 1000 follower melakukan vote pada situs anda, maka dalam sekejap 2000 link dofollow, akan mengacu pada blog anda

Sekecil apapun nilai poin dari link dofollow tersebut, tapi jika jumlahnya sampai ribuan .... akankah Googlebot mengabaikan itu?... I don't think so.

Google Plus Authorship Menambah Kredibilitas Anda

Rich snippet ini memperlihatkan berapa banyak orang yang menambahkan anda ke dalam lingkaran mereka. Jumlah orang yang menambahkan anda ke dalam lingkaran ini, bisa jadi memperkuat kredibilitas anda di mata pengunjung blog. Bahkan sangat mungkin kredibilitas ini tidak hanya dilihat oleh pengunjung anda tapi juga oleh robot search engine.

Snippet ini sangat penting bagi anda yang mencoba membangun bisnis online dan melekatkan identitas anda pada produk anda....


Pada dasarnya; tujuan google membuat Google Plus itu untuk mengurangi blog yang tidak terpantau pengarangnya. Google mempertimbangkan bahwa aktifitas sosial seseorang bisa menjadi indikator seberapa bisa orang tersebut dipercayai. Google menginginkan agar semua hasil pencarian itu nantinya diisi oleh real people yang punya real follower. Sehingga pengarang yang tidak punya follower akan berpengaruh pada poin kredibilitasnya.

Dalam situasi dunia nyata sekalipun kita pasti akan lebih mengakui kredibilitas orang yang mempunyai banyak follower dibandingkan yang tidak punya follower.... Mereka yang tidak mempunyai follower tentunya masih harus membuktikan dirinya.

Apa itu saja keuntungan dari sistem kepengarangan ini? Masih ada lagi...! Jika anda adalah pemilik akun kepengarangan yang bereputasi tinggi, maka jika anda membuat sebuah blog baru...... blog baru ini tidak akan dipandang sebagai blog yang masih harus membuktikan dirinya. 

Bingung?... Hal ini sama saja dengan kasus di dunia nyata. Jika anda membuat sebuah buku baru tentang motivasi, apakah buku anda pasti laris? Bandingkan jika Tung Desem Waringin atau Mario Teguh membuat sebuah buku baru.... Tingkat larisnya penjualan buku anda ini pasti berbeda jauh dibandingkan jika Tung Desem Waringin, atau Mario Teguh yang membuat buku, walaupun bukunya sama-sama baru.

Isu ini sudah mulai semakin menguat di antara pelaku SEO internasional, jadi kenapa tidak mulai mengumpulkan reputasi anda di Google Plus dari sekarang? Kalau anda tertarik untuk membuat akun Google Plus dengan banyak pengikut ataupun follower.... silahkan baca undangan saya di bawah nanti.

Google Plus Meningkatkan Peringkat SERP Blog

Ada beberapa hal yang menarik perhatian saya dari Google Plus ini. Dalam sebuah percobaan SEO oleh seorang blogger dari luar negeri menunjukkan bahwa metric dari Google Plus ini memang bisa mendorong peringkat suatu blog menjadi lebih baik. Mereka mengadakan suatu eksperimen dengan membuka halaman pencarian Google dengan menggunakan suatu kata kunci, lalu mereka memilih satu hasil pencarian untuk diberi metric +1.

Hasil dari eksperimen ini adalah website yang semula ada di peringkat 16 itu meningkat menjadi peringkat 6 di akhir eksperimen ini untuk kata kunci yang sama. Bukankah ini adalah suatu peningkatan yang sangat ekstrim? 


Oleh karena itulah saya mau mengundang teman-teman untuk bergabung dalam eksperimen "The Plus One Club". Jadi saya berharap teman-teman blogger, mau ikut serta meramaikan eksperimen ini.

THE PLUS ONE CLUB EXPERIMENT
Sekilas tentang eksperimen ini:
Tujuan percobaan ini sama seperti yang dilakukan oleh Rand Fishkin di atas, yaitu untuk menilai seberapa besar pengaruh +1 ini dalam poin SEO. Eksperimen ini membutuhkan bantuan sekitar 300 orang blogger....

Apa yang akan saya lakukan dengan 300 blogger ini? Nantinya teman-teman akan dikelompokkan dalam 3 kelompok yang masing-masing berisi 100 blogger. Di akhir dari eksperimen tahap 1 ini diharapkan semua member mempunyai 100 follower dan blognya mendapatkan 100 votes....

Jika tahap 1 berjalan baik, maka akan ada tahap kedua dan seterusnya, dan di setiap tahap semua akun akan dirotasi, sehingga terjadi keacakan dalam kombinasi follower. Eksperimen baru akan ditutup saat teman-teman blogger sudah memiliki lebih dari 1000 follower.

Mudah-mudahan dengan adanya seribuan followers ini akan cukup membantu pengindeksan, kredibilitas, dan peringkat dari blog anda... SEBENARNYA INI TUJUAN AKHIR EKSPERIMEN INI.

Tertarik?... Ayo ikut eksperimen ini....
Ikuti caranya di bawah ini:
  • Pastikan anda sudah mengaktifkan akun Google Plus anda. Jika belum baca linknya.
  • Jika anda tertarik silahkan pasang juga Rich Snippet Authorship Google +
  • Kunjungi Google Plus saya di https://plus.google.com/106723632594435066729/posts
  • Tambahkan Google Plus saya ke dalam lingkaran anda.... klik tombol merah di bagian header, dan pilih lingkaran "MENGIKUTI" atau buat lingkaran baru sesuka hati.
  • Tuliskan komentar anda di bawah ini dengan menggunakan Nama/URL. Nama isi dengan kata kunci blog anda, dan URL isi dengan alamat homepage blog anda.
  • Isi komentar anda dengan URL dari Google Plus anda, contohnya seperti URL saya di atas.
Catatan Penting: Saya akan menunggu sampai pertengahan Desember 2012, jika ternyata peminatnya tidak sampai 300 orang... maka saya akan memikirkan metode lain untuk melakukan eksperimen ini. Kalau ternyata peminatnya lebih dari 300 orang, maka selebihnya akan dilibatkan dalam periode selanjutnya,...jadi tetap saja daftarkan diri anda....

Kalau ini berhasil, setidaknya kita tahu Google Plus punya nilai lebih dibandingkan Facebook yang dipenuhi banyak orang galau....

UPDATE! SEKARANG SUDAH 15 DESEMBER 2012 DAN YANG MENDAFTAR MENJADI FOLLOWER BARU 118 ORANG. JADI 118 INI SAJA YANG AKAN IKUT DALAM EKSPERIMEN PERTAMA. UNDANGAN EKSPERIMEN PERTAMA AKAN SAYA KIRIM KE KOMENTAR DI BLOG MASING-MASING NANTI MALAM. 

BAGI YANG MASIH MAU MENDAFTAR SILAHKAN SAJA. HANYA SAJA APAKAH EKSPERIMEN INI AKAN TERUS DILANJUTKAN TERGANTUNG PADA HASIL EKSPERIMEN PERTAMA INI

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!