Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
trafik pengunjung berkurang atau tidak stabil
Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil? Banyak blogger yang rutin memantau statistik blognya dan mengamati bahwa ternyata pengunjung blognya berkurang atau sekedar tidak stabil. Dalam kondisi yang normal seharusnya trafik pengunjung dari search engine itu relatif stabil. Tapi terkadang grafik menjadi begitu fluktuatif dan banyak blogger menjadi bingung apa penyebabnya.

Niat awal saya sebenarnya mau membuat artikel tentang cara mengidentifikasi masalah berkurangnya trafik pengunjung dari mesin pencari seperti Google. Tapi sebelum itu, saya mau berbagi sedikit tentang faktor-faktor EKSTERNAL yang bisa membuat trafik blog kita berkurang. Bagi yang belum membaca faktor INTERNAL blog yang bisa mengakibatkan trafik berkurang bisa baca di artikel 6 kesalahan penyebab pengunjung blog berkurang.

Dari pengalaman saya pribadi ada 5 faktor eksternal yang bisa mengakibatkan berkurangnya pengunjung blog atau trafik tidak stabil.... Kelima faktor tersebut adalah:

1. Fluktuasi ranking kata kunci
2. Blog terkena Penalty
3. Berubahnya trend kata kunci
4. Algoritma Search engine berubah
5. Faktor X di luar teknis

Mari kita bahas satu persatu....

Penyebab #1 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Fluktuasi ranking kata kunci

Sudah bukan rahasia, bahwa posisi ranking mempengaruhi jumlah pengunjung blog kita. Menurut statistik persentase klik untuk setiap posisi kata kunci adalah sebagai berikut:
Posisi 1 = 56%
Posisi 2 = 13%
Posisi 3 = 10%
Posisi 4 = 4%
Posisi 5 = 4,7%
Posisi 6 = 3,2%
Posisi 7 = 0,4%
Posisi 8 = 3%
Posisi 9 = 1,5%
Posisi 10 =  2,5%

Jadi di mana posisi link saudara pada hasil pencarian akan menentukan jumlah pengunjung ke blog saudara. Misalnya, jika dalam sehari ada 1000 orang yang mencari kata kunci X, maka juara 1 akan mendapat 560 kunjungan dari kata kunci X tersebut, sedangkan juara 4 hanya akan mendapat 40 kunjungan saja.

Bisa saudara lihat bahwa ranking 7 adalah ranking yang paling tidak menguntungkan. Jadi jika ranking saudara berfluktuasi dari 5 menjadi 7, maka akan sangat terasa pengurangan pengunjung pada kata kunci tersebut. Jika mengikuti contoh di atas, maka trafik yang semula berkisar di 47 orang akan menjadi tinggal 4 orang saja.

Masalahnya adalah "Apa yang menyebabkan ranking bisa turun?" Ada 3 hal yang bisa menjadi penyebab peringkat blog saudara merosot untuk suatu kata kunci. Ketiga hal tersebut adalah:
  • Berkurangnya Backlink, yang tentu saja bisa jadi cukup untuk mengurangi Google pagerank
  • Bermunculan kompetitor yang melakukan optimisasi untuk mengalahkan anda, atau
  • Faktor internal seperti terlalu banyak komentar yang justru mengurangi fokus kata kunci pada artikel tersebut.Sebagai akibatnya relevansi artikel saudara dengan kata kunci bisa berkurang.

Penyebab #2 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Terkena Penalty

Yang ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Kalau blog terkena penalty sudah pasti akan bermasalah dalam hal trafik dari search engine. Untuk penjelasan selengkapnya, baca di 9 Jenis Penalty Google

Penyebab #3 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Berubahnya trend Kata Kunci

Anggap saja seperti ini, saudara menulis sebuah artikel gosip yang sedang marak, dan ternyata berhasil merebut posisi pertama.... Tentu hal ini akan mengakibatkan pertambahan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Lalu tiba-tiba masalah gosip itu selesai, atau masyarakat jadi tidak tertarik lagi karena bosan, maka trafik blog pun akan mulai turun. Jadi jika saudara mengandalkan artikel-artikel dengan trend sesaat seperti ini ... maka saudara harus rajin mengamati apa yang sedang trend di masyarakat saat ini dan mengoptimisasinya sebelum trend tersebut meredup.

Penyebab #4 Pengunjung Blog Berkurang / Tidak Stabil: Algoritma Search Engine Berubah

Seperti yang terjadi baru-baru ini, dunia SEO internasional heboh karena ranking berfluktuasi dengan sangat tidak stabil sejak tanggal 10 Januari dan mencapai puncaknya pada tanggal 16 dan 17 Januari 2013. Banyak web yang mengeluh trafiknya drop 25% - 40%, tapi ada juga yang senang karena trafiknya naik.... Walaupun Google menyangkal ada update pada algoritmanya, tapi fakta bahwa fenomena ini muncul di seluruh belahan dunia cukup meyakinkan bahwa ini ada kaitannya dengan algoritma. Entah itu update sembunyi-sembunyi atau sekedar bug di dalam sistemnya.

Penyebab #5 berkurangnya Pengunjung Blog: Faktor X

Faktor X ini bisa apa saja, seperti bencana alam, hari raya dan masalah-masalah lainnya. Jika terjadi masalah pada daerah-daerah yang menjadi sumber trafik utama, maka bisa saja trafik turun. Sebagai contoh blog-blog yang sumber trafik utamanya menurut geo location berasal dari Jakarta... saat banjir melanda Jakarta, bisa saja aktifitas online sebagian orang Jakarta menjadi terganggu.... dan trafik saudara bisa drop 10% - 25%.

Faktor X yang lain adalah hari raya. Misalnya pada hari raya idul fitri, blog dengan tema-tema tertentu bisa menjadi sepi..... misalnya blog tutorial saya ini, trafiknya bisa drop sampai 30% dalam satu minggu perayaan Idul Fitri. Di sisi lain, blog-blog dengan tema masakan hari raya akan laris manis. Jadi kalau saudara mengelola blog yang isinya campur aduk. Pintar-pintarlah melihat trend seperti ini, untuk menaikkan jumlah pengunjung blog.

Jadi itulah 5 faktor eksternal yang bisa mempengaruhi jumlah pengunjung pada blog saudara. Di artikel selanjutnya saya akan berbagi cara mengidentifikasi masalahnya, dan solusi apa saja yang tersedia buat teman-teman blogger....

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!