9 Jenis Sanksi Hukuman / Penalty Google

Berbagai sanksi Google untuk Blog
Jenis-jenis sanksi hukuman atau penalty Google adalah sesuatu yang sering membuat bingung banyak blogger. Banyak di antara sobat blogger yang tidak mengetahui mengapa tiba-tiba trafik pengunjungnya dari Google berkurang secara drastis. Mereka tidak sadar bahwa blognya sedang terkena sanksi dari Google sebagai akibat dari suatu "kampanye blog" yang dilakukan.

Untuk membantu teman-teman blogger mengenali jenis-jenis pelanggaran, yang mendatangkan sanksi hukuman dari Google, maka saya membuat artikel ini. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman blogger untuk mengenali masalah apa yang menimpa blognya.

Tapi sebelum lanjut saya mau mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2013 buat teman-teman blogger sekalian.

Ok, lanjut lagi.... langsung saja kita lihat jenis-jenis hukuman Google selama tahun 2012 kemarin :)

#1 Sanksi Hukuman Penalty Dari Google Penguin

Google Penguin adalah algoritma Google yang dirancang untuk menyerang web spam. Jadi kalau blog anda terlibat dalam tindakan cloaking, penumpukan kata kunci dan berpartisipasi dalam sistem pencarian backlink, maka waspadalah.... ceroboh sedikit bisa kena tampar dari Google Penguin. Hasil tamparan Google penguin ini berupa sanksi hukuman atau penalty yang bisa membuat grafik pengunjung blog saudara menjadi terkapar. Contoh grafik kunjungan blog yang ditampar Algoritma Google Penguin bisa terlihat di bawah ini.... langsung tergeletak di titik 0.
Grafik blog yang terkena penalty Google Penguin

#2 Sanksi Hukuman Penalty Dari Google Panda

Kalau algoritma Google Panda sedikit berbeda dari Penguin. Algoritma ini membidik website dengan kualitas yang buruk, seperti artikel yang tidak bermutu, hasil jiplakan dan tidak menawarkan sesuatu yang lebih dari website lainnya. Kalau blog kita terlanjur berisikan banyak artikel, dan kemudian terkena hantaman panda, maka biasanya sangat sulit untuk kembali.... Karena artikel yang banyak ini akan merusak semua reputasi dan memperberat perbaikan yang harus kita lakukan. Contoh grafik website yang terkena sanksi dari Google....
Grafik sanksi hukuman alias penalty dari Google Panda

#3 Sanksi Hukuman Google Untuk Link Tidak Alami

Ini yang paling menyesakkan kepala para blogger pemula. Blognya tidak bisa laku di mata Google kalau tidak punya backlink. Kalau blognya tidak laku, berarti sedikit juga yang berkunjung. Kalau yang berkunjung sedikit, berarti sangat kecil kemungkinan ada yang mau memberi backlink. Dan kalau tidak ada yang memberi backlink, maka blognya tidak laku di mata Google. Sebuah lingkaran setan yang hanya punya dua solusi.

Solusi pertama adalah melakukan kampanye dengan mengeluarkan dana yang besar, supaya blog ramai dulu dari sumber lain (dengan harapan dari situ ada beberapa yang mau memasang backlink). Solusi ini pastinya tidak laku karena rata-rata blogger Indonesia, tidak punya budget khusus untuk blognya. Lagipula sangat jarang orang Indonesia yang mau memberi link, walaupun mereka suka dengan suatu artikel.

Akhirnya yang tersisa hanyalah solusi kedua, yaitu membangun sendiri backlink,....ternyata itupun masih harus di bawah bayang-bayang hukuman penalty dari Google. Ya begitulah nasib blogger pemula (-_-)". Tidak banyak pilihan memang, maju bisa kena. Mundur juga bisa kena. Satu-satunya pemecahan untuk masalah ini adalah menjaga agar sesuatu yang buatan itu terasa alami. Beberapa trik yang dilakukan para blogger adalah dengan menjaga kestabilan laju pertambahan backlink, dan membuat kata kunci dari link tersebut menjadis angat bervariasi.

Contoh grafik dari blog yang tertangkap melakukan penambahan tidak alami, bisa dilihat di bawah ini. Grafiknya anjlok dengan cukup signifikan, sebelum disusul kejatuhan secara bertahap.
sanksi hukuman alias penalty dari Google untuk pertambahan backlink tidak alami

#4 Sanksi Hukuman Google Untuk Jasa Pemasangan Backlink

Biasanya blogger yang malas mencari atau memasang backlink akan menggunakan suatu jasa untuk memasangkan backlink untuknya. Ciri khas jasa ini adalah beberapa backlink untuk website yang berbeda ternyata ditemukan terposting berulang kali dalam susunan yang sama persis. Skema ini sempat booming di tahun 2010, di mana spammer dari negara Cina banyak menyerang situs-situs yang cukup terbuka.

Biasa juga sistem ini menawarkan untuk memasangkan link saudara pada halaman-halaman profil dengan mutu rendah, dan parahnya mereka menggunakan robot untuk melakukan ini. Jadi hanya dalam satu malam saja anda bisa mendapatkan hingga puluhan ribu backlink.... tapi setelah itu pertambahan backlink terjun bebas

Jadi jauh lebih aman jika anda cuma meminta URL link saja atau mencari sendiri URL link tersebut dan melakukan komentar sendiri. Karena jika masing-masing melakukan sendiri komentarnya, maka pola komentar yang seragam itu tidak akan terbentuk dan aksi mencari backlink cenderung tetap bisa dilakukan tanpa mengusik algoritma Google. Dengan melakukan sendiri, anda juga bisa menambah variasi kata kunci sesuka hati, dan menjaga laju pertambahan backlink relatif stabil.

Berikut ini adalah grafik dari website yang tertangkap menggunakan jasa pemasang backlink
Sanksi hukuman dari jasa pemasang backlink

#5 Sanksi Hukuman Google Untuk Membeli Link

Membeli link itu seperti membayar suatu website untuk memasang link website kita pada artikel atau sekalian saja pada semua halaman websitenya. Sebenarnya model seperti ini cukup banyak di negara kita ini. Tapi kalau dipikir-pikir black hat apa yang tidak ramai di negara kita ini? Untungnya internet itu adalah tempat yang sangat luas, sehingga hampir mustahil melakukan pengawasan secara manual. Di sisi lain robot pun belum mampu memilah yang mana link hasil jualan dan yang mana link alami. Dengan demikian banyak pelanggar aturan ini yang masih berada di bawah radar.

Memasang iklan pun termasuk pelanggaran ini, dan baik pemasang dan yang dipasang bisa terkena masalah. Jadi jika suatu saat saya menerima permintaan teman-teman untuk memasang iklan, maka pasti linknya tetap akan nofollow.... Tapi kita lihat saja nasib blog yang tertangkap membeli backlink....
Grafik blog yang terkena sanksi Google karena membeli link

#6 Penalty Google Karena Teks Jangkar Yang Selalu Sama

Ini adalah alasan kenapa saya selalu menganjurkan menggunakan kata kunci yang beragam dalam menyebar backlink, karena keseragaman kata kunci justru akan berakibat tidak baik. Pada awalnya keseragaman itu akan mendorong blog anda melambung tinggi, tapi sampai pada batas tertentu dan sudah terasa tidak alami lagi, maka efek kebalikannya akan terjadi. Akibat dari hukuman tersebut pada sebuah blog bisa dilihat pada grafik di bawah ini.
grafik teks jangkar sama persis yang diberi sanksi oleh Google

#7 Penalty Akibat Banyak Link Pada Footer

Grafik di bawah ini adalah grafik dari sebuah website yang memasang begitu banyak link pada bagian footer dari blognya. Akibatnya trafik dari blognya itu serta merta anjlok. Sang pemilik blog kemudian menghapus lebih dari 150 link yang dipasangnya dan dalam waktu 1 minggu, trafik blognya kembali menanjak lagi. Jadi ada baiknya membuat log atau catatan tentang apa saja yang anda lakukan dari ke hari untuk memudahkan anda melacak permasalah yang menyebabkan performa blog anda jatuh bebas. Anda bisa menggunakan ms.excel untuk membuat log aktifitas anda.
Memasang banyak link pada footer bisa kena sanksi Google

#8 Penalty Google akibat komentar spam

Di bawah ini adalah grafik dari sebuah website yang mencari backlink dengan cara komentar spam. Tapi jangan disamakan komentar spam dengan komentar di blog. Komentar spam itu ciri-cirinya, hanya copy paste untuk semua blog, dan di dalamnya mengandung link. Oleh karena itu sangat disarankan jika membuat komentar untuk blog sebaiknya menngikuti artikelnya dan gunakan anchor text yang terdiri dari 5 kata atau lebih. Itu akan membuat komentar saudara tidak terdefinisikan sebagai web spam.

Saya juga baru-baru ini mendapat peringatan di email Google saya untuk pelanggaran kebijakan Google Plus berupa komentar Spam :) .... trafik langsung agak menari di kisaran 1%-20%, dan beberapa artikel saya kehilangan rich snippet.... Tapi kita lihat contoh grafik dari blog lain yang terkena sanksi hukuman karena komentar spam di bawah ini.
Melakukan komentar spam bisa mendatangkan penalty

#9 Hukuman Google Untuk Pagerank

Google memberi penalty untuk semua website yang kedapatan memberi link dalam bentuk iklan pada website lain yang meneruskan pagerank. Itulah alasan saya di atas mengatakan bahwa jika saya hendak membuka lapak iklan, maka pastikan saja itu tetap nofollow. Salah satu kasus menimpa website surat kabar terkenal dari Inggris, di mana PR blognya dibanting dari 7 menjadi 3. Karena pada halamannya ditemukan iklan yang meneruskan pagerank ke blog lain. Langsung saja kita lihat berapa persen goyangan trafik yang diakibatkannya....
Menjual link yang meneruskan pagerank, juga bisa mendatangkan penalty dari Google
Mungkin itu saja dulu sharing di awal tahun tentang sanksi hukuman atau penalty dari Google yang sering membuat trafik menjadi anjlok. Saya juga kadang-kadang masih terpeleset, karena kelewatan batas.... Ok, selamat blogging di 2013....
Thanks sudah mampir gan.... jangan lupa add ya
https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan!
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan Berkomentar

 
TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)
Info: Kursus SEO sudah tidak buka karena kesibukan online dan offline yang semakin meningkat. Harap maklum....dan terima kasih sudah berkunjung.

Mencari Sesuatu?

Masukkan kata kunci topik yang diinginkan. Misalnya meta description, onpage, atau apa saja

Popular Posts

Google + Saya

Google+ Followers

Blog Followers

BLOG INI ONLINE SEJAK
22 MARET 2012
HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan agar tidak melakukan copy paste. Untuk pengutipan diharapkan disertai link ke halaman artikel di blog ini. Terima Kasih atas pengertiannya

Powered by Blogger.