Cara Membuat Blog Yang Benar Untuk Bisnis Online Jual Beli

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
pembuatan blog untuk bisnis online
Artikel ini dibuat untuk mereka yang sudah paham bagaimana cara membuat blog, memperbaiki tampilannya, dan mengisi artikel. Jadi di dalam artikel ini lebih kepada cara operasional dari blog yang sudah kita buat. Kenapa artikel ini perlu? Karena ada perbedaan yang cukup signifikan antara membuat blog untuk jual beli dan blog lainnya.


Faktor yang menjadi pembeda utama antara blog jual beli dengan blog lainnya yaitu tujuan dari pembuatanya. Blog jual beli dirancang untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik. Jadi tentu saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara berbeda. Silahkan perhatikan poin-poin penjelasannya di bawah ini.

Persamaan Dengan Blog Lain

Tentu saja dalam hal struktur halaman website dan mencari backlink semuanya akan sama saja dengan cara membuat blog atau website pada umumnya. Jadi kalau kita bicara masalah title tag, meta description, sistem heading, alt tag, hirarki label, link masuk dan link keluar, maka aturan mainnya sama saja. Jadi pengoptimalannya itu justru pada penataletakan setiap komponen di dalam blog bisnis online tersebut.

Perbedaan Dengan Blog Lain

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa perbedaan ada pada penataan dan pengisian artikelnya. Jadi di bawah ini saya berikan beberapa hal yang bisa menjadi panduan anda dalam membangun blog jualan anda.

Pemilihan Warna

Sering kali kita menjumpai website yang terlalu ramai dalam pewarnaan. Pewarnaan atau penumpukan elemen yang membuat halamannya terlihat terlalu ramai di dasarkan pada selera dari pembuat website. Padahal dalam membuat website selera kita itu nomor 2. Tujuan utamanya adalah membuat pengunjung merasa nyaman.

Jadi sebaiknya pilihlah warna-warna yang senada dalam membuat halaman web anda. Pemakaian warna-warna yang kontras atau lain sendiri itu tetap dilakukan, tapi pada komponen-komponen yang anda inginkan menarik perhatian dari pengunjung blog bisnis online anda ini. Kalau semua elemen mempunyai warna yang kontras satu sama lain, maka anda bisa gagal mengarahkan fokus dari pengunjung halaman anda.

Adapun warna halaman yang direkomendasikan adalah yang berlatar terang dan tulisannya berwarna gelap. Pilihlah beberapa warna yang menjadi favorit situs jual beli, seperti putih dan hitam untuk kesan glamor, atau putih dan biru untuk kesan terpercaya, atau putih dan merah untuk kesan menarik, dan lain sebagainya. Anda bisa mempelajari efek dari warna pada pengunjung blog anda dari banyak sumber di internet.

Pemilihan Judul

Judul biasanya menandakan kata kunci yang anda targetkan. Jika anda adalah situs jual beli, maka sebaiknya anda mengusahakan untuk mengoptimasi long tail keyword di setiap artikel. Sebagai contoh jika anda berjualan jaket; jangan menargetkan untuk menguasai JAKET KULIT dalam waktu dekat jika kemampuan anda menulis artikel dan mencuri backlink masih lemah.

Cobalah untuk mengejar yang long tail, sepeti "Jual JAKET KULIT murah warna coklat". Jika anda mengejar long tail seperti di atas, maka usahakan juga pemilihan judulnya seperti di atas. Kalau anda mau memakai kode, maka taruhlah kodenya di belakang, misalnya "Jual jaket kulit murah warna coklat - JK008"

Pembuatan Artikel Untuk Produk

Saat anda melakukan pembuatan artikel untuk produk anda harus mengetahui bahwa pembeli itu orang-orang yang malas membaca. Jadi sebaiknya anda menaruh penjelasan yang singkat padat dan jelas di awal produk. Dan untuk kepentingan SEO anda sebaiknya menuliskan deskripsi singkat mengenai produk tersebut sepanjang 150-200 kata. karena jika deskripsinya terlalu singkat maka halaman tersebut akan kurang signifikan atau kurang relevan untuk kata kunci yang anda inginkan.

Lazada melakukan penataan ini dengan cukup baik untuk setiap halaman produknya. Jadi untuk pembuatan artikel produk anda bisa meniru dari online shop raksasa ini. Jadi jangan membuat artikelnya langsung panjang sejak awal, karena pembaca cepat jenuh dan menutup halaman anda. Berikanlah opsi kepada pembaca untuk membaca info lengkapnya hanya jika mereka mau saja.

contoh web jual beli yang baik dari lazada

Link Pada Gambar

Cara membuat blog yang benar untuk bisnis online adalah dengan mengoptimasi gambar pada website tersebut. Seringkali ada kesalahan di mana saat kita mengklik gambar produk, maka yang terbuka adalah halaman artikel dari produk tersebut. Seharusnya yang terbuka adalah URL dari gambar tersebut. Jika pengunjung ingin membuka halaman artikel maka pengunjungnya bisa mengklik JUDUL ataupun link DETIL PRODUK/READ MORE yang ada pada cuplikan artikel produk.

Kenapa penting untuk membuat linknya menuju URL gambar? Karena dengan begini setiap gambar juga akan mendapatkan pembagian poin dari halaman yang dioptimasi. Akibat dari tidak memasang link ini adalah sulitnya memunculkan gambar produk kita pada pencarian gambar di Google Image. Padahal cukup banyak pembeli yang mencari produk dengan memakai Google Image.

Ajakan Untuk Membeli

Semua ajakan untuk membeli di halaman anda sebaiknya diberikan warna yang mencolok. Sekarang lihat kembali Lazada di atas yang memberikan tombol jingga bertuliskan BELI SEKARANG. Penataan itu bukannya tanpa tujuan. Semuanya itu memang karena alam bawah sadar manusia lebih gampang membuat keputusan jika tampilannya sederhana dan menonjol pada bagian yang tepat. Ini adalah salah satu alasan mengapa latar berwarna terang menjadi favorit dari toko-toko online.

Jadi inilah panduan untuk membuat web bisnis online jual beli yang cukup ringkas untuk anda ikuti. Jangan membuat website anda terlihat seperti berita di koran yang padat teks, karena pengunjung website jual beli biasanya mencari kepraktisan. Jadi intinya ada di pengaturan warna dan penyajian info yang padat dan jelas.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!