Cara Memilih Nama Domain Yang Baik Untuk SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara memilih nama domain untuk SEO blog anda
Untuk para pemula sangat perlu memperhatikan penggunaan nama domain saat baru membuat sebuah website. Trikmudahseo sudah mengoptimasi ratusan website dari segi backlink; dan memang terbukti bahwa website yang memakai nama domain yang mengandung kata kunci; jauh lebih mudah untuk meraih posisi yang diinginkan.

Tapi tetap saja harus dicatat bahwa saat ini google menerapkan algoritma EMD atau exact match domain; sehingga perlu sedikit berhati-hati dalam memilih nama domain yang baik; karena selain bisa memberi efek positif bisa juga ada dampak negatifnya pada SEO dari website kita. 

Jadi di sini saya mau memberikan beberapa saran yang bisa anda lakukan dalam memilih nama domain yang baik untuk SEO dari website anda:
  1. Berusahalah mendapatkan nama domain yang terbaik untuk kata kunci anda; walaupun untuk itu anda harus membelinya dari orang yang sudah memilikinya; karena nama domain yang baik akan membantu baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.
  2. Usahakan menggunakan nama domain yang diakhiri TLD .com; Jangan membeli TLD kelas dua seperti .mobi, atau .info karena yang lebih mudah diingat oleh pengunjung adalah .com
  3. Jangan pakai tanda hubung (-) di dalam nama domain anda.
  4. Jika anda memakai .com maka usahakan maksimal 3-4 kata saja dalam nama domain anda
  5. Jika anda memakai .net atau .org usahakan maksimal 2-3 kata saja di dalam nama domain anda
  6. Jika anda mempunyai merek dagang; maka silahkan dipakai untuk membaurkan kata kunci dalam domain, biar terkesan alami. Contoh: www.jualsepedasuryamas.com
  7. Anda juga bisa mencoba memakai TLD local jika memang target pasar anda hanya di Indonesia saja.
Ada beberapa hal yang sering menjadi permasalah dalam memasukkan kata kunci ke dalam nama domain; tapi masalah yang paling sering muncul adalah branding. Banyak orang yang begitu ingin memasukkan brand mereka ke dalam nama domain. Misalnya ada perusahaan CV.Kijang Emas; yang menjual peralatan pertanian. Mereka bisa saja lebih memilih memakai nama www.kijangemas.com daripada www.peralatantanikijangemas.com karena lebih mengedepankan brand.

Jika website yang baru dibuat ini mempunyai budget promo yang minimalis dan perusahaan anda juga belum terkenal maka sebaiknya jangan mengedepankan branding dulu. Anda bisa saja melakukan branding jika merek anda memang sudah terkenal dan SEO dari website anda sudah sangat kuat. Anda cukup membeli nama domain baru dan melakukan redirect dari nama domain lama ke nama domain baru.... Ini tidak bisa dilakukan dari blogspot; jika anda pengguna blogspot, maka anda harus meminta penyedia nama domain untuk melakukan pengalihan.

Jadi untuk di awal sebaiknya anda memilih nama domain yang mengandung kata kunci terlebih dahulu. Selain itu dengan memakai kata kunci pada nama domain anda; jelas lebih mudah dan lebih alami bagi website anda untuk mendapatkan teks jangkar dari backlink yang berisi kata kunci. Sebagai contoh: www.jualbajuonline.com lebih alami jika menerima teks jangkar jual baju online. 

Nama domain bisa membuat optimasi backlink anda menjadi jauh lebih ringan dari seharusnya.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!