Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Terbaru 2016 (Intermediate)

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Terbaru
Dari terakhir kali trikmudahseo membuat artikel tentang backlink sudah ada banyak sekali perubahan yang terjadi. Memang beberapa bulan terakhir ini ada banyak sekali perkembangan terbaru dari SEO google yang sangat menarik. Di mulai dari tidak diupdatenya google toolbar 2 tahun terakhir, sampai benar-benar ditutupnya Google toolbar saat ini.

Ini bukan berarti pagerank tidak ada lagi. Google hanya membuatnya menjadi tertutup dan tidak bisa diketahui oleh komunitas internet. Jadi para penggiat SEO beralih ke parameter keluaran dari MOZ, yaitu PAGE AUTHORITY dan DOMAIN AUTHORITY.

Backlink adalah link yang berasal dari website atau domain lain yang jika diklik akan membuka website atau domain kita. Jika anda ingin mendapatkan trafik dari mesin pencari seperti Google, Bing, dkk, maka backlink adalah suatu keharusan. terlebih lagi kalau anda bermain di kata kunci yang komersil yang biasanya persaingannya keras.

Masalah terbesar saat ini adalah Google sangat menghargai kualitas dan bukan sekedar kuantitas. Masa-masa di mana anda mencari puluhan ribu backlink dengan harapan bisa menguasai kata kunci yang berat sudah lewat. Google sekarang sudah menekankan pada kualitas dari backlink dan bukan sekedar banyaknya saja backlink.

Jadi fokus utama adalah mendapatkan backlink dari halaman yang relevan dan berotoritas tinggi.

Secara garis besar komunitas internet membagi cara mendapatkan backlink ke dalam dua kelompok besar, yaitu:
Jadi sebenarnya tidak ada yang namanya white hat dan black hat SEO itu hanya istilah populer saja. SEO adalah teknik yang benar sedangkan istilah untuk pelanggaran SEO adalah webspam.

Kenapa sampai muncul teknik yang namanya webspam? Karena SEO semakin lama semakin keras persaingannya, semakin mahal, dan semakin memakan waktu. Hal ini lebih sulit lagi di Indonesia, karena di Indonesia sedikit sekali yang bisa dan mau bermain SEO dengan benar. Jadi komunitas internet di Indonesia seperti terbawa psikologis massa untuk bermain webspam....

Jadi bagi anda yang siap belajar SEO di proses yang terberatnya, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan kedua teknik mendapatkan backlink ini.

Mendapatkan Backlink Dengan Offpage SEO

Cara mendapatkan backlink berkualitas dengan menggunakan teknik offpage SEO yang benar adalah dengan membuat website anda menjadi terkenal dan mempunyai reputasi. Cara paling ampuh untuk melakukan ini adalah dengan mempromosikan website anda di berbagai media.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat website anda terkenal, tapi yang paling umum dilakukan oleh orang adalah:
  • Memasang postingan bersponsor di Media Sosial
  • Rajin bermain di grup atau forum yang sesuai dengan niche website anda dan jawab pertanyaan orang dengan menjadikan website anda sebagai referensi.
  • Membuat konten atau video yang kontroversial dan memancing terjadinya efek viral. Postingan yang heboh saat ini sangat mudah menjadi viral di media sosial. Tapi jangan ikutan norak seperti banyak media saat ini yang sedikit-sedikit memasang judul berita heboh, atau berita geger, atau warga gempar, dkk. Bukan kehebohan di judul yang saya maksudkan, melainkan bobot dari kontennya yang harus membuat orang yang membacanya menjadi heboh.
  • Dan jika dana anda cukup kuat, beriklanlah di TV
Apakah dengan melakukan di atas anda akan mendapatkan backlink? Belum tentu, tapi kecenderungannya akan ada yang mengulas website anda di web mereka, dan saat itulah anda mendapatkan backlink.

Kendala terbesar dalam mendapatkan backlink dengan "BENAR"

Kenapa mendapatkan backlink secara benar itu sangat sulit? Orang Indonesia belum banyak yang cukup ikhlas untuk memberikan anda backlink yang dofollow. Jadi hanya sebagian kecil dari backlink yang akan anda dapatkan ini yang sifatnya dofollow. Kabar baiknya adalah backlink yang sedikit ini, sifatnya adalah sangat relevan, dan oleh karena itu poinnya cukup besar.

Kendala lainnya dalam mendapatkan backlink adalah, tidak semua niche website sesuai untuk dibuat menjadi berita yang heboh dan viral. Sebagai contoh, website yang fokus menjual mobil sangat sulit membuat berita yang heboh, karena tidak ada yang mengejutkan dari niche yang satu ini. Yang menjual mobil ada banyak, dan semuanya menawarkan fitur yang sama.... Kecuali pemilik webnya berani membagi 10 mobil gratis, nah pasti heboh. Tapi itu juga akan menjadi biaya promosi yang sangat mahal. Mungkin masih jauh lebih menghasilkan jika uangnya dipakai beriklan di TV.

Inilah yang membuat banyak orang menyerah bermain di sistem SEO yang benar karena itu sangat lama atau sangat mahal. Sementara mayoritas pemilik website di Indonesia tidak berada di market yang bisa menghasilkan keuntungan yang mengimbangi biaya promo atau lamanya proses yang dibutuhkan.

Cara Mendapatkan Backlink Yang Tergolong Webspam

Kriteria Backlink Berkualitas

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara mendapatkan backlink dengan cara webspam yang lebih murah dan lebih cepat memperlihatkan hasil (khususnya di budaya netter Indonesia). Terlebih dahulu anda harus mengetahui kriteria dari backlink yang berkualitas.... demi keamanan dari website anda nantinya.

Dofollow

Dofollow maksudnya adalah memberikan anda poin penuh dari backlink anda, baik itu poin relevansi, poin kata kunci, dan juga poin halaman. Hanya backlink yang dofollow yang bisa memberikan anda poin untuk meningkatkan pagerank, dan juga otoritas dari domain.

Yang perlu menjadi catatan anda; walaupun nofollow itu sama sekali tidak memberikan poin bagi anda, banyak praktisi SEO yang masih mengusahakannya agar profil dari backlinknya terlihat alami.

Teks Jangkarnya harus beragam

Banyak sekali blogger pemula yang menargetkan kata kunci yang pendek dalam jumlah persentase yang besar. Ini terjadi karena ketidaktahuan dan juga karena keinginan untuk cepat menguasai kata kunci yang mahal, tanpa tahu teknik dan komposisi pencarian backlink yang baik dan aman. Yang terjadi adalah terdampar di sandbox. Cobalah agar tidak ada teks jangkar anda yang melebihi batas persentase 15% - 18% agar web anda tetap aman.

Sumber domainnya beragam

Backlink yang profilnya alami adalah backlink yang berasal dari banyak domain yang berbeda. Jadi usahakan anda tidak mendapatkan backlink yang terlalu banyak dari domain yang sama, kecuali memang link anda sifatnya sitewide atau terpasang di keseluruhan halaman web. Terlalu banyak backlink dari satu domain yang menuju halaman yang sama; seringkali menjadi penyebab dari seseorang terkena penalty dari Google Penguin.

IP website dari sumber backlink beragam

Selain harus berasal dari domain yang beragam, backlink itu juga harus berasal dari banyak IP website yang berbeda. Kenapa seperti itu? Karena dulu banyak webmaster yang membeli domain dari suatu server untuk menumpuk backlinknya. Jadi setelah itu faktor keberagaman alamat IP website sumber backlink menjadi satu parameter untuk menilai kealamian dari backlink.

Yang masih tidak saya pahami saat ini adalah banyak orang yang melakukan spin IP addressnya sendiri saat melakukan pemasangan backlink? Kenapa melakukan hal yang tidak perlu seperti itu? Di dalam halaman web tidak ada data IP address dari para pemasang komentar, dan google juga tidak mengirim robotnya untuk menelusuri log data dari website tersebut.

Keberagaman TLD

Top Level Domain adalah yang biasa anda baca sebagai .com, .info, .net, dll. Keberagaman ini juga bisa menambah kealamian dari website anda. Tapi satu hal yang harus anda ketahui, mencari banyak TLD hanya ditujukan untuk kealamian saja dan tidak ada TLD yang poinnya lebih besar dari yang lainnya.

Jika ada yang mengatakan bahwa backlink dari TLD .edu atau .gov itu lebih baik, maka saya beritahu anda bahwa itu adalah HOAX 100%. Google sendiri mengklaim bahwa mereka memperlakukan .edu dan .gov sama seperti TLD yang lainnya.

Hoax ini muncul dari SEO barat karena banyak orang yang mendapatkan backlink dari website .edu atau .gov ternyata menjadi dorongan yang besar pada peringkat mereka. Tapi itu sebenarnya terjadi bukan karena pengaruh .edu ataupun .gov, melainkan karena biasanya situs seperti itu adalah situs komunitas yang mempunyai banyak halaman tetapi sedikit link keluar.

Fenomena ini sempat booming karena saat itu rel=nofollow baru diperkenalkan dan banyak website yang belum terbiasa menggunakannya, atau memang pengelola web yang memberikan backlink karena alasan akademis.... Tapi faktanya hari ini adalah hampir semua .edu memakai nofollow, hampir semua dipantau admin, dan kalau ada yang masih terbuka untuk spam pasti sudah diserbu dan poinnya jadi kecil.

Sama sekali tidak ada istimewanya menghabiskan waktu mencari .edu ataupun .gov.

Relevan

Ini adalah faktor yang membuat backlink memberikan poin maksimal kepada website kita. Jika anda bisa mendapatkan backlink dari halaman yang memang membahas masalah yang sama dengan website anda, maka itu akan menjadi pendorong peringkat yang sangat kuat.

Page Authority (PA)

Ini adalah nilai keluaran Moz yang secara kasar mengindikasikan bahwa halaman tersebut mempunyai banyak backlink atau mendapatkan banyak poin dari halaman yang bereputasi di domain tersebut. Halaman dengan PA yang tinggi dianggap mempunyai banyak poin untuk diberikan jika anda berhasil memasang backlink anda.

Satu Arah

Backlink yang baik adalah backlink satu arah dan bukan resiprokal atau berbalasan atau 2 arah. Backlink yang dua arah ini pernah menjadi trend di internet saat tukaran link adalah cara populer untuk mendapatkan backlink. Saat ini reciprokal link tergolong sebagai link scheme yang paling mudah terdeteksi oleh algoritma Google, jadi sebaiknya anda menghindari ini.

Metode Mendapatkan Backlink

Untuk metode webspam ini ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink. Tapi saya akan memasukkan beberapa saja cara yang paling populer digunakan di sini.

SEKALI LAGI SAYA ULANGI BAHWA CARA-CARA DI BAWAH INI TERMASUK LINK SCHEME DAN MELANGGAR ATURAN GOOGLE DAN BISA BERBUAH PENALTY DARI ALGORITMA GOOGLE, JIKA ANDA GAGAL MELAKUKAN POIN-POIN DARI KRITERIA BACKLINK BERKUALITAS YANG ADA DI ATAS.

Cara-cara di bawah ini masih menjadi teknik yang dipergunakan secara internasional, bahkan backlinko dan moz sendiri masih terus meneliti teknik ini dan setuju bahwa cara ini masih sangat berhasil bagi mereka. Jadi silahkan membaca dengan seksama.

    Guest Posts

    Ini adalah metode di mana anda membuat postingan di blog orang lain yang memang mengizinkan anda untuk memposting artikel saudara di blog mereka. Pada dasarnya sangat sulit untuk menemukan blog-blog yang membuka guest post di Indonesia, karena belum banyak yang melakukannya.

    Tapi jika anda ingin membuat blog anda menjadi blog yang menerima guest post, maka anda harus menerapkan standar untuk keamanan anda, yaitu artikelnya harus berkualitas dan memang cukup panjang lebih dari 500 kata, relevan dengan blog anda, dan jika bisa juga mempunyai internal link menuju halaman web anda sendiri.

    Sedangkan bagi anda yang ingin melakukan guest post, maka pastikan anda juga memilih blog yang cukup kuat. Maksudnya adalah blog itu mempunyai cukup banyak artikel dan rutin melakukan update, agar aktifitas guest blog anda terlihat alami, dan anda tidak sia-sia menulis artikel yang panjang lebar.

    Paid Review

    Metode paid review adalah salah satu link scheme yang sangat tidak disukai oleh Google dan anda hanya bisa melakukannya dengan aman jika anda memintanya ke blog-blog yang memang tidak membuka paid review. Walaupun Google melarang ini namun paid review sebenarnya masih sangat eksis di sekitar kita bahkan kebanyakan pelakunya adalah bisnis-bisnis besar.

    Sebaiknya anda tidak meminta paid review ke situs yang menjual produk yang sama dengan anda, karena mereka adalah pesaing, nanti anda akan ditolak mentah-mentah. Cobalah untuk "merayu" mereka yang membahas hal yang berkaitan dengan topik anda, tapi tidak jualan. Anda bisa mulai merayu atau mengajukan proposal via komentar di blog mereka.

    Misalnya anda adalah toko yang menjual kamera Nikon atau Canon, anda bisa meminta ke mereka yang mempunyai blog fotografi untuk menulis review tentang website anda dengan kata kunci yang anda minta....

    Harga review blog itu sebaiknya jumlah artikel di dalam blog itu dikali 500-1000. Jadi jika blog yang anda sasar mempunyai 200 artikel, maka biaya review yang anda tawarkan atau yang anda sanggupi ada di kisaran Rp.100.000 sampai Rp.200.000 per artikelnya, Cobalah menawar di harga 100.000, dan jika pemilik blog meminta kenaikan, maka anda bisa membatasinya di 200.000 (kecuali rezeki anda berlebih dan anda memang ikhlas)

    Perhatikan anda harus mengontrol keberagaman kata kunci dengan mengorder kata kunci yang anda targetkan dalam berbagai variasi. Anggap saja anda mengadakan kontes SEO dengan hadiah 5 juta rupiah, maka anda bisa membeli paid review sebanyak 25 sampai 50 paid review dari blog yang memang DOMAIN AUTHORITY-nya tinggi.

    Kenapa tidak memakai kontes SEO saja? Karena kata kunci dari kontes SEO sangat sulit dibuat beragam, dan pada dasarnya kalau anda amati, banyak pelaksana kontes SEO yang tidak mendapatkan ranking yang mereka harapkan. Hal itu karena jarang sekali blog kontestan itu relevan atau melakukan spesialisasi di topik kontes. Biasanya blog mereka campur baur nichenya, sehingga poin relevansi tidak kuat.

    Blog Commenting

    Ini adalah teknik yang memang menyasar halaman-halaman yang sudah mempunyai PA dan DA yang tinggi dan menyediakan kolom untuk berkomentar. Yang menjadi masalah adalah tidak banyak blogger yang mau sabar berburu halaman dengan DA dan PA yang tinggi yang menyediakan  kolom komentar yang dofollow. Dari pengalaman membuka kursus setahun yang lalu, dari 100 orang hanya 10 orang saja yang tahan melalui proses menyeleksi domain satu per satu dan mencari tahu bagaimana cara berkomentar di website tersebut.

    Untuk menemukan website yang menyediakan komentar dofollow dari halaman yang berotoritas tinggi, biasanya anda harus menguasai teknik footprint. Dalam mengeksekusi teknik ini anda harus melengkapi browser firefox anda dengan menggunakan addons Mozbar dan Nodofollow. Mozbar anda pergunakan untuk melihat otoritas di hasil pencarian Google, dan Nodofollow anda gunakan untuk melihat apakah link di dalam komentar adalah dofollow atau nofollow.

    Anda bisa mencoba googling DAFTAR FOOTPRINT BACKLINK DOFOLLOW, untuk menemukan contoh-contoh footprint dan cara penggunaannya. Tapi saya beritahukan ke anda, tidak semua website ini membuka kolom komentar, dan tidak semuanya dofollow. Anda tetap harus menyeleksi dengan dua addons di atas, dan anda sudah cukup hebat jika bisa menemukan 6 domain per hari.

    Membuat Halaman Profil

    Teknik yang satu ini sebenarnya umum dipakai tetapi malas saya jelaskan dengan detil karena benar-benar teknik yang satu ini tidak ada gunanya dalam mendorong peringkat anda. Jadi intinya di teknik ini anda mencari website-website yang menyediakan registrasi di mana anda bisa mendaftar dan memasukkan data website anda....itu saja

    Menggunakan Jasa Backlink

    Menggunakan jasa backlink adalah metode mendapatkan backlink tanpa repot. Hanya saja anda harus memastikan bahwa jasa backlink anda paham poin-poin dari backlink yang berkualitas dan aman. Setidaknya jika backlinknya tidak berguna, anda juga tidak terkena penalty.

    Saya sendiri lebih mendorong blogger untuk mencari backlinknya sendiri, karena jelas trikmudahseo tidak bisa membantu semua blogger, dan kami juga tidak tahu jasa backlink mana di luar sana yang beres dalam mencari backlink. Adapun jasa backlink Pagerank Tinggi ditujukan hanya untuk pemilik website yang terlalu sibuk, dan waktunya bisa dipakai untuk menghasilkan uang yang lebih banyak lagi, daripada harus duduk berjam-jam mencari backlink.

    Teknik yang paling menghasilkan di dalam jasa backlink biasanya adalah dummy yang disertai dengan blog commenting, karena kombinasi ini yang paling menghasilkan banyak poin. Jangan katakan ini sebagai teknik webspam, karena apapun teknik yang anda lakukan untuk menghasilkan backlink secara rekayasa, itu semua adalah webspam. Anda harus terampil menggunakan semua teknik di atas, dan anda juga harus mempertimbangkan berapa budget optimasi yang anda punyai.

    Thread di Forum

    Di forum-forum, selain anda bisa membuat halaman profil anda juga bisa membuat thread yang di dalamnya terdapat link anda. Tapi selalu mengingat bahwa halaman-halaman thread atau profil, atau dummy, adalah halaman-halaman baru yang poinnya rendah. Anda harus membackupnya dengan komentar di halaman web berotoritas jika mau mendapat poin yang relevan.

    Dummy Blog

      Dummy blog adalah salah satu teknik yang sudah lama digunakan. Di mana anda membuat halaman-halaman web di penyedia blog atau website gratis, seperti blogger, wordpress, jimdo, bravenet, penzu, tumblr, dll. Yang harus menjadi perhatian anda adalah web-web dummy ini harus rutin melakukan update. Jadi setiap anda posting artikel baru di blog utama anda, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan update di dummy-dummy anda....

      Mungkin ada yang bertanya....kalau dummy saya ada 100, berarti 100x update ya? Jawabnya adalah Ya dan memang itu sangat repot. Ini masih lumayan masuk akal dilakukan bagi mereka yang mengembangkan blog dengan satu niche, tapi blog dengan banyak niche akan kesulitan memakai teknik ini.

      Rangkuman

      Mau backlink yang alami itu bisa lama atau mahal. Jadi sediakan waktu anda atau uang anda dalam jumlah yang sangat besar. Tapi kalau mau cepat dan murah, maka jalan yang tersedia hanya webspam, kuasai dulu semua kriteria backlink yang aman, jika anda mau melakukan teknik yang satu ini.... Btw, buat website yang kontennya berkualitas juga, agar hasil optimasi anda tidak sia-sia. Sayang sekali jika website anda ramai, tapi yang buka langsung kabur....tidak ada klik iklan, tidak ada penjualan, atau tidak ada pertambahan pengunjung.... Kecuali anda pecinta AGC yang secara onpage juga webspam.

      Silahkan Berkomentar

      No comments:



      TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

      JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
      (KLIK LINK DI ATAS)

      Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

      JASA PEMBUATAN WEBSITE
      Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!