Cara Cari Uang Di Internet Dengan SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Pada dasarnya SEO bukanlah cara untuk mencari uang. SEO adalah cara untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari ke suatu halaman web yang anda inginkan. SEO bisa menjadi uang tergantung dari cara anda mengolah trafik yang dibawanya ke anda.

Beberapa hari lalu ada seorang teman FB yang inbox dan bertanya "Apakah trafik dari SEO tidak sebaik trafik dari beriklan di facebook atau adwords?" Kenapa di internet lebih bombastis penghasilan yang didapatkan dari facebook ads atau adwords?

Sebenarnya, itu adalah efek dari media sosial...
Di media sosial setiap orang bisa membawakan bukti dari keberhasilan usahanya ke hadapan anda; walaupun anda tidak sedang memikirkan hal tersebut... Mereka akan membuat anda memikirkannya.

Ini berbeda dengan SEO di mana hanya orang-orang yang mengunjungi suatu website saja yang bisa melihat halaman bukti pengiriman, di mana pemilik toko online memamerkan keberhasilan SEO dari websitenya.

Tapi saran saya sebaiknya jangan terlalu mempercayai suatu testimoni 100% baik itu di facebook atau di website. Terkadang pebisnis memalsukan testimoni agar banyak orang yang percaya padanya, dan dari situlah keberhasilan mereka berawal. Istilah umumnya adalah FAKE IT TO MAKE IT.

Baik pelaku SEO maupun pelaku Facebook Marketing bisa saja melakukan fake it to make it ini. Jadi daripada anda pusing memikirkan keberhasilan orang lain; jauh lebih baik anda memulai usaha untuk membuat keberhasilan anda sendiri.

Hal lain yang tidak dimiliki oleh SEO adalah retargeting. Fitur retargeting hanya ada pada iklan berbayar seperti adwords dan facebook ads. Sedangkan keunggulan SEO adalah market yang benar-benar tertarget.

Jika SEO bisa membidik mereka yang benar-benar membutuhkan produk, maka penargetan pada facebook ads, lebih kepada pendekatan untuk menghasilkan target yang benar-benar spesifik, yang MUNGKIN menginginkan produk anda.

Jika anda mau beriklan pada orang-orang yang memang mencari produk anda, maka anda bisa mencoba iklan yang ditampilkan pada hasil pencarian Google. Ini akan membantu anda untuk mencari uang dari sumber yang sama dengan SEO

=====================

Sekarang yang menjadi masalah adalah kenapa harus mengadu antara facebook ads dan SEO jika anda bisa membuat keduanya berkolaborasi untuk bisnis anda?

Strategi Facebook Ads yang cukup ampuh jika anda bisa menargetkan kembali mereka yang datang ke website anda melalui SEO. Bayangkan jika sehari anda mendapat kunjungan dari facebook ads hanya 500 kunjungan, sedangkan dari SEO bisa mencapai 1500 kunjungan, dan 1500 kunjungan gratis dari SEO ini bisa anda target ulang di facebook ads dengan memasang pixel facebook ads di halaman-halaman website anda (tentunya hanya yang mempunyai akun facebook yang bisa anda targetkan ulang).

Jadi sebagai pembuka anda perlu mengetahui bahwa SEO dan facebook hanyalah alat saja. Bagaimana anda mengolah apa yang datang dari alat itu yang akan menentukan keberhasilan anda dalam mencari uang di internet.

Perbedaan Mencari Uang Dari Internet antara Facebook Ads, SEO, dan Penelusuran Berbayar Adwords.

Facebook Ads

Fokus Pertama dari facebook ads adalah menargetkan orang-orang yang mungkin tertarik dengan facebook ads anda; Fokus kedua adalah membuat iklan yang membuat target itu tertarik untuk berinteraksi; fokus ketiga adalah mengolah mereka yang bereaksi terhadap iklan.

SEO tidak bisa menargetkan mereka yang mungkin tertarik dengan produk anda. SEO hanya bisa menarget mereka yang pasti tertarik dengan produk anda. Jadi anda tidak bisa melakukan fokus pertama facebook ads, dan tidak perlu melakukan fokus kedua facebook ads di dalam proses SEO.

split test untuk iklan facebook ads
split test iklan facebook

Fokus pertama dan fokus kedua dari suatu iklan facebook ads, akan memerlukan biaya untuk split test. Split test adalah memasang iklan  yang sama dengan membuat satu faktor menjadi berbeda.

Anda bisa saja menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk menemukan satu konsep iklan yang benar-benar menghasilkan

Sebagai contoh....
Anda mau melakukan suatu kampanye iklan. Di dalam satu kampanye iklan ini anda bisa membuat beberapa set iklan yang menargetkan target yang berbeda; dan di dalam setiap set iklan anda bisa membuat beberapa varian iklan (berbeda gambar dan copywriting/kata-kata iklan)

Jadi jika anda membuat 6 set iklan dan setiap set ada 4 iklan berbeda di dalamnya, maka anda akan melakukan split test dengan 24 iklan, yang semuanya akan memakan biaya.

Ini hanya untuk satu kampanye, lain lagi jika anda mempunyai beberapa kampanye untuk tujuan iklan yang berbeda.

Pada akhirnya anda akan memilih satu iklan yang paling berhasil dan membuang yang lainnya. Jika anda menargetkan klik maka anda akan mencari yang CPC nya paling rendah, jika anda mencari lead, maka anda akan memilih yang biaya per konversinya paling kecil.

Tips untuk mendapatkan iklan yang murah adalah dengan membuat iklan yang skor relevansinya besar. Semakin relevan iklan anda, maka biaya per interaksinya akan semakin murah. Dan iklan yang skor relevansinya baik pun lebih potensial memberikan untung yang lebih besar.... jadi keuntungan ganda untuk anda.

Cara membuat iklan yang benar-benar relevan itu bagaimana?...

Sederhana saja. Tes...tes...dan tes. Anda hanya akan bisa menemukan iklan yang paling relevan dengan melakukan beberapa tes, dan mengumpulkan data, lalu mereview data itu untuk membuat strategi beriklan anda. Itulah seni saat anda mencari uang dari internet menggunakan facebook ads.


cpc yang paling murah

Apakah ada di antara anda yang mau mengatakan "Bagaimana cara untuk mengefisienkan biaya untuk split test?" Ya anda bisa saja meminta panduan kepada mereka yang sudah melakukan banyak split test dan punya pengalaman model promosi seperti apa yang sesuai untuk tujuan promosi yang anda inginkan.

Tutorial seperti ini ada di internet, tapi ini juga berbayar ... apalagi kalau mau privat.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan riset pada pesaing anda. Kira-kira gaya beriklan seperti apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan interaksi yang besar dari target promosi mereka.

Jadi Yang Terpenting Adalah Anda Harus Mau Investasi Untuk Mengumpulkan Banyak Data Tentang Iklan Di Masa Awal Anda Beriklan
================================

Nah,.... Jika anda sudah menemukan iklan yang mumpuni, apakah anda sudah pasti untung?

Dalam banyak kasus, anda akan mendapatkan untung jika anda bisa menemukan hot button dari pasar yang anda bidik. Tapi menemukan hot button itu sendiri bukan perkara mudah.

Selalu saja ada kemungkinan di mana margin keuntungan anda tidak bisa menutupi biaya iklan anda, jika ternyata iklan terbaik anda pun tidak bisa membangkitkan interest yang cukup besar.

Kenapa kegagalan itu bisa terjadi? Banyak penyebabnya, bisa karena kemampuan anda memilih gambar dan copywriting sangat lemah, bisa juga karena barang yang anda jual bukan suatu kebutuhan yang mendesak atau sulit mendapatkan minat; atau karena harga yang anda tawarkan tidak menarik konsumen.

Ya, bahkan memilih barang dan menentukan harga bisa sangat menentukan keberhasilan usaha anda mencari uang dari internet. Anda harus mencari keseimbangan di antara semua faktor untuk menghasilkan keuntungan yang paling optimal.

Menaikkan harga dengan mengambil untung besar bisa mengurangi angka penjualan, demikian juga sebaliknya.... menurunkan harga dengan mengambil untung kecil bisa menaikkan angka penjualan. Anda tinggal mencari mana yang memberikan keuntungan terbesar, dan ini berlaku untuk semua bisnis.

SEO

Saat anda mencari uang dengan SEO, maka kendalanya adalah bukan menarget pasar yang tepat, karena setiap pengunjung dari mesin pencari adalah pasar yang benar-benar tertarget. Kenapa? Karena mereka yang mencari anda, maka sudah pasti mereka sedang membutuhkan produk anda.

Anda tidak perlu melakukan split test ini dan itu untuk mendapatkan target yang benar.

Tentu dari sebagian kecil pencari ini adalah pesaing yang sedang melakukan riset, tapi tidak masalah, itu jumlah yang sangat kecil.

Yang menjadi masalah di SEO adalah terbatasnya market dan banyaknya pemain. Inilah penyebab dari banyaknya orang yang sulit bersaing di SEO memilih untuk bermain di facebook ads atau iklan lainnya.

Seandainya di suatu niche ada 15 variasi kata kunci yang potensial mendatangkan trafik yang besar, sedangkan di mesin pencari hanya posisi 3 teratas saja yang mempunyai potensi trafik yang lumayan, maka itu berarti ada 45 posisi yang bisa diperebutkan oleh ratusan pebisnis yang memasarkan produk yang sama.

Ini yang menjadi penyebab, banyak sekali orang yang mencari uang di internet dengan mengandalkan SEO merasa bingung, kenapa mereka tidak pernah berhasil mendapatkan posisi manapun.

Masalah batasan market yang sempit ini terjadi karena hampir semua orang mengejar kata kunci yang sangat komersil. Hanya beberapa saja yang mau berusaha keras memperjuangkan kata kunci panjang untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Jadi saran pertama saat anda mencari uang dengan bermain SEO adalah:
Target kata kunci yang panjang sebanyak-banyaknya, karena itu akan mempermudah anda menang di kata kunci pendek.

Proses menaklukkan kata kunci panjang ini bisa berlangsung selama sebulan. Jadi anda bisa menarget beberapa kata kunci panjang setiap bulannya, dengan membuat artikelnya dan memasangkan backlink. Lakukan ini dengan disiplin selama beberapa bulan, dan anda akan bisa bersaing di kata kunci pendek.

Ya, ini akan memakan waktu beberapa bulan, tapi anda sudah akan melihat trafik bermunculan sejak bulan pertama, jika optimasi kata kunci panjang anda lakukan.

Jadi kekurangan dari SEO adalah waktu optimasi yang cukup panjang hingga tercapai hasil yang optimal. Tapi keunggulannya adalah biaya yang sangat ringan.

Biaya untuk beriklan sebulan di facebook ads sangat mungkin sudah lebih dari cukup untuk membuat anda menjadi raja di niche anda selama 4 tahun ke depan. Di situlah perbedaannya.... antara mengeluarkan uang sekali saja atau berpuluh-puluh....dan antara mau cepat melihat hasil, atau sabar melakukan prosesnya.

Tetapi jika anda mau melakukan keduanya ada baiknya anda menggunakan 10% sampai 20% dari budget beriklan anda untuk melakukan optimasi SEO setiap bulannya. Rasanya itu bisa menjamin trafik gratis untuk anda di masa yang akan datang.

Penelusuran Berbayar Adwords

Ini adalah gabungan teknik antara SEO dan beriklan, di mana anda tetap bisa menargetkan pengunjung yang benar-benar tertarget dengan menentukan target kata kunci dan wilayah dari iklan. Hasilnya akan cukup mirip dengan SEO tapi secara biaya akan mirip dengan iklan lainnya. Tentu keunggulannya adalah anda tidak perlu pusing masalah SEO apapun.

Hanya saja belakangan ini saya mulai merasa bahwa mereka yang bermain di Adwords akan sulit untuk ranking di pencarian organik. Tentu hal ini akan dibantah oleh Google, tapi setidaknya itu yang saya rasakan dari hasil testing untuk masalah yang satu ini. Dan saya tetap memasukkan opsi adwords karena memang terbukti banyak yang mencari uang di internet melalui penelusuran berbayar di adwords

Mungkin ini adalah prinsip ekonomi dari google, .... jika lapak bisa dijual kenapa harus gratis?

Bagaimana Cara Anda Mencari Uang Di Internet?

Jika mau membuat ragam aneka cara mencari uang di internet, maka akan ada banyak sekali metode yang harus saya tuliskan di sini untuk anda. Jadi saya akan membuat daftarnya saja menurut garis yang cukup besar, yaitu:

Menawarkan Produk Anda
Anda bisa menjual apa saja di internet. Mulai dari gula sampai ketumbar, dari baju sampai peniti, dari kalkulator sampai tablet, bahkan ada juga yang jualan ganja di instagram dan langsung diciduk polisi. Namanya juga usaha mencari uang di internet, ya semua publik bisa melihat....

Menawarkan Jasa Anda
Atau anda juga bisa menawarkan jasa anda ke orang lain. Misalnya jasa permak website, jasa desain rumah, jasa SEO, jasa kurir, jasa tukang, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari di internet dan menemukan bahwa jasa pembunuh bayaran dan jasa bikin anak juga ditawarkan di sana.

Menawarkan Kolom Iklan
Jika anda mempunyai website yang trafiknya tinggi, maka anda bisa membuka jasa iklan untuk mencari uang. Baik itu menawarkan pada netizen, atau memasang adsense di website dan video anda. Semuanya bisa memberikan anda pundi-pundi yang lumayan.

Menawarkan Informasi
Dulu orang menjual buku untuk mendapatkan penghasilan dari buku itu. Namun sekarang sudah jauh lebih mudah karena anda bisa menjual e-book tentang apapun. satu hal yang perlu anda pastikan adalah Tips anda jauh lebih mumpuni dari yang ada di internet, dan anda juga harus tahu mengemas tulisan anda saat berpromosi.

Menawarkan Desain
Sekarang ada banyak desain yang ditawarkan di internet. Mulai dari desain tatto sampai desain kaos. Di sini anda cukup membuat sekali saja desainnya untuk ditawarkan ke banyak orang. Anda bisa membuat beberapa desain untuk membantu anda mendapatkan penjualan yang lebih baik.

Jadi ada banyak sekali cara mencari uang di internet yang bisa anda lakukan. Tapi bukan itu topik utama pembahasan di sini. Di sini kita mau membahas bagaimana cara agar anda bisa benar-benar mendapatkan uang dari internet, khususnya via SEO.

Cara Mengoptimalkan Penghasilan Dari Internet Anda

Sekarang yang menjadi masalah adalah bagaimana anda mencari uang dari internet dengan mengandalkan sumber trafik dari SEO ini. Dari pengalaman yang saya lihat di internet. Pengguna iklan lebih serius mengoptimalkan trafik yang datang ke landing page mereka menjadi penghasilan dibandingkan pelaku SEO, ....mungkin karena trafik SEO itu gratisan.

Produk, Market Dan Landing Page

Pertama-tama anda harus mengetahui bahwa ada 2 bentuk bisnis di internet berdasarkan marketnya:
  • Yang perlu mendidik pasar; dan
  • Yang pasarnya sudah jadi
Perbedaan utama di antara keduanya adalah pada desain landing page.

Produk-produk baru biasanya harus menjelaskan ke masyarakat bahwa produk mereka aman, atau lebih bermanfaat dari metode yang digunakan orang-orang saat ini dan lebih menghasilkan.

desain landing page dengan storytelling

Produk baru ini memerlukan storytelling untuk membangun kepercayaan pembaca terhadap produk. Misalnya dengan melampirkan kisah yang melatar belakangi ditemukannya produk atau pengetahuan yang ditawarkan.

Sedangkan produk yang sudah dikenal masyarakat hanya perlu melampirkan fitur yang ada pada spesifikasinya, dan alasan kenapa harus mempercayai penjual, seperti slip pengiriman kurir, testimoni percakapan penjual dan pembeli, dll

Berdasarkan jumlah produk yang dijual, maka sebuah website bisnis online bisa dibagi menjadi:
  • Yang menawarkan satu produk/jasa saja
  • Yang menawarkan banyak produk/jasa
Bisnis yang menawarkan banyak produk tentu saja akan mempunyai banyak halaman. Sedangkan website yang hanya menawarkan satu produk biasanya hanya akan mempunyai sedikit halaman saja dan tidak lebih dari 10 halaman.

Jumlah halaman ini akan berpengaruh pada jumlah kata secara keseluruhan di website anda. Jadi solusi buat website yang halamannya sedikit. Usahakan halaman anda itu mengandung jumlah teks yang sangat signifikan. Jika bisa lebih dari 2000 kata, maka itu akan sangat baik.

halaman untuk 1 produk

Kalau halaman website anda sedikit, kontennya juga sedikit, maka anda harus bersiap-siap kerja keras di optimasi backlink dari website anda.

Strategi Bisnis Online

Sekarang yang perlu anda ketahui bahwa membuat bisnis online itu tidak sesederhana pikiran kebanyakan orang. Banyak orang yang mau mencari uang dari internet, tapi membuat website ala kadarnya dan promosi ala kadarnya.

Bisnis online itu perlu strategi untuk mengoptimalkan hasil dari bisnis anda. Tulisan ini mungkin akan menyinggung beberapa hal yang luput dari perhatian anda.

Tapi sebelum anda mulai membaca lebih lanjut anda harus tahu bahwa fokus dari semua usaha ini adalah mendapatkan trust atau kepercayaan dari calon pembeli anda.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website Bisnis Online Anda

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website bisnis online anda terhadap bisnis anda.

Beli Nama Domain Masbro

Satu masalah terbesar dari mereka yang sudah melakukan optimasi SEO tetapi gagal mendapatkan uang dari internet itu karena masih memakai nama domain gratisan. Kalau anda mau membangun bisnis online sebaiknya jangan memakai nama domain gratisan seperti blogspot, wordpress, jimdo, bravenet, dll.

ANDA HARUS MEMBELI NAMA DOMAIN MASBRO, DAN INI SERIUS!

Jangan lihat blog trikmudahseo ini yang masih memakai blogspot, karena blog ini memang dibuat hanya untuk sharing saja di antara para penggiat SEO. Semua website bisnis saya memakai nama domain sendiri...tapi jangan tanya nama domainnya ya....

Intinya anda akan sangat sulit sekali anda mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli dengan domain gratisan. Apa sulitnya bagi seorang pebisnis untuk merogoh kocek 120.000 rupiah untuk sebuah nama domain .com?

Banyak anak kampus saat ini yang kos-kosan mampu merogoh kocek 500 ribu untuk main di multi level marketing; masa iya modal anda kalah?

Jika membeli nama domain terlalu berat untuk anda, maka mungkin bisnis online itu terlalu berat untuk anda.

JADI NAMA DOMAIN ADALAH LANGKAH PERTAMA ANDA MEMBANGUN IMAGE BISNIS ANDA.


Desain, desain, dan desain

Banyak orang yang sangat mengabaikan desain dari website mereka. Disangkanya dengan membuat penjelasan tentang produknya saja sudah akan membuat orang terkesan.

Begitu banyak orang yang memakai desain standar blog gratisan untuk menawarkan barangnya yang mengeluh kenapa tidak ada penjualan. Mereka tidak sadar bahwa desain websitenya yang terlihat seperti kertas koran sangatlah membosankan dan terlihat amatiran.

Kombinasi Warna Itu Bisa Mengubah Jumlah Penjualan Anda....

Anda harus tahu bahwa faktor terbesar yang mendorong seseorang berbelanja adalah desain dari website kita. Bagaimana anda memilih kombinasi warna dari website anda bisa sangat mempengaruhi perasaan dari pengunjung website anda.

Dalam banyak testimoni split test tentang kombinasi warna yang dilakukan pebisnis online di luar negeri, mereka menemukan bahwa mengubah warna saja bisa menaikkan penjualan hingga lebih dari 100% dan tentunya uang anda akan jadi lebih banyak.

Anda bisa menyediakan budget mulai dari Rp.300.000 sampai 2,5 juta untuk mendapatkan desain website yang profesional. Anda bisa googling untuk menemukan JASA PEMBUAT WEBSITE BISNIS ONLINE, dll.

Ada beberapa warna yang cenderung dipilih oleh pebisnis online seperti biru, hitam dan merah untuk mendapatkan kesan profesional untuk pengunjungnya. Tapi pemilihan warna bukan satu-satunya masalah di sini.

Ruang Putih

Jika anda melihat website yang profesional anda akan menyadari bahwa website mereka agak terlihat mempunyai banyak ruang putih kosong. Ruang putih kosong ini sangat penting untuk membuat pengunjung tidak cepat jenuh dengan tampilan website kita.

Lihat contoh tampilan website yang mempunyai ruang putih kosong yang cukup ideal di bawah ini.
penerapan ruang putih pada desain website


Desain yang clean seperti ini merupakan ciri khas website-website besar, dan jika anda serius mau mencari uang di internet anda sebaiknya mengadaptasi gaya desain seperti ini.

Gambar Produk & Profil Usaha

Gambar apapun yang anda taruh di dalam website anda harus terlihat bersih dan tajam. Gambar yang buram dan jelek akan menurunkan minat calon pembeli terhadap produk anda.

Bukan hanya itu, komposisi barang yang ada di dalam foto saja bisa mempengaruhi minat pembeli anda. Di luar negeri jasa seperti ini sudah merupakan layanan profesional, dan jasa seperti ini tidak akan ada jika memang tidak ada manfaatnya.

cara mengambil foto produk dengan pencahayaan

Jadi jika budget anda sangat ketat, maka anda bisa melakukan pengambilan gambar ini sendiri, tapi usahakanlah pencahayaan dan komposisi terbaik yang bisa anda lakukan. Atau anda bisa mempelajari sedikit photoshop untuk melakukan upgrade tampilan foto produk anda.


Scannable Design

Apa yang dimaksud dengan scannable design?

Anda mungkin sudah memperhatikan bahwa di atas saya menyinggung masalah desain halaman jualan yang seperti koran. Penuh tulisan panjang lebar yang terlihat monoton.

Anda perlu tahu bahwa pengunjung website anda itu adalah orang yang malas membaca. Walaupun SEO membawa trafik orang-orang yang memerlukan barang anda, tapi mereka bisa saja malas membaca website anda dan berpindah mencari website yang lain.

Usaha mencari uang anda di internet bisa dengan cepat kandas jika anda tidak segera menyadari bahwa pengunjung website anda jenuh dengan website anda.

tulisan yang scannable

Tulisan yang scannable itu adalah tulisan yang memungkinkan pembaca untuk membaca dengan cepat, karena poin-poin utama ditampilkan dalam warna dan ukuran teks yang berbeda. Penataan seperti ini akan membuat pengunjung halaman website anda lebih cepat mendapatkan info yang ingin anda sampaikan....dan tidak cepat jenuh

contoh desain website yang scannable

Tentunya informasi penjelasannya tetap bisa anda berikan, namun dalam huruf yang lebih kecil dan warna yang netral.


Copywriting

Setelah anda mengetahui tampilan warna dan desain theme itu sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung website anda, maka yang selanjutnya perlu anda ketahui adalah memberi headline pada tulisan anda.

Ingat, bahwa tujuan utamanya memang memberi solusi untuk kebutuhan pengunjung website anda, tapi bukan berarti kata-kata anda apa adanya.

Copywriting ini haruslah menarik dan memicu keingintahuan dari pengunjung website anda. Dan untuk melakukan ini anda harus mengetahui apa saja yang bisa memicu seseorang untuk mencari tahu apa isi artikel anda?

Agar orang mau mencari tahu isi artikel anda, maka sejak pandangan pertama anda harus membuat mereka merasa butuh dengan melihat copywriting anda.

Untuk membuat mereka merasa butuh, maka anda harus tahu apa yang menjadi alasan terbesar di dalam hidup mereka. Dalam dunia marketing biasanya dikenal 8 hal yang menjadi alasan seseorang hidup, atau 8 life forces.
  • Keinginan untuk bertahan hidup
  • Keinginan untuk Menikmati makanan dan minuman
  • Keinginan untuk bebas dari rasa takut, rasa sakit dan bahaya
  • Keinginan untuk mendapatkan pasangan hidup
  • Keinginan untuk mendapatkan keadaan hidup yang nyaman
  • Keinginan untuk menjadi yang terkemuka di bidangnya
  • Keinginan untuk mendapatkan perawatan dan perlindungan untuk orang yang dicintai
  • Keinginan untuk diterima di suatu komunitas
Anda harus mengetahui produk anda bisa menyentuh alasan hidup apa saja dari seseorang?

Karena rata-rata pengunjung website trikmudahseo ini adalah mereka yang mencari uang dari dunia maya, maka rata-rata atau sebagian besar dari anda akan sangat cepat bereaksi dengan head line yang berbau uang.

Misalnya saya memulai sebuah tulisan dengan judul....



Tips dan Trik bermain Adsense yang terbukti Ampuh

Mungkin sebagian dari anda hanya akan bereaksi.... Wah apa nih triknya, tapi anda mengatakannya dengan muka yang datar.

Coba saya ganti judulnya menjadi....


Ini Dia Trik Rahasia Saya Untuk Mendapatkan Rp.1 Milyar Pertama dari Adsense hanya Blogging 3 Bulan Saja!

Atau


Dengan Trik Ini Saya Bisa Mendapatkan Untung Rp.100 Juta Dalam Seminggu Hanya Dari FB ADS! Mudah Banget!

Apa anda sering melihat iklan seperti ini di facebook? Tujuan dari pembuatan iklan adalah menarik perhatian anda. Dan untuk kasus di mana orang mengejar penghasilan online, maka jumlah dan kerangka waktu itu penting. Makanya headline dengan jumlah uang dan batasan waktu ini menjadi andalan untuk bisnis seperti ini.

Karena orang mau mendengar UNTUNG yang sebesar-besarnya dalam WAKTU yang sesingkat-singkatnya.

Jadi orang-orang yang punya impian untuk kaya raya dalam waktu singkat akan menjadi market yang tepat untuk pesan seperti di atas. Kesan pertama itu sangat penting.... Anda akan lebih mudah mengkonversi mereka yang sudah membuka pikiran untuk membaca artikel anda.

Beberapa orang bertanya apakah copywriting yang bombastis itu bohong. Saya tidak bisa mengatakan itu bohong, karena fakta bahwa orang bisa menghasilkan untung yang sangat besar dalam waktu singkat melalui Adwords, dan Facebook Ads itu  benar adanya....jika strateginya tepat.

Pertanyaannya adalah apakah anda punya dana awal untuk misi menemukan winning campaign anda? Baik SEO maupun Facebook Ads, atau Adwords mempunyai harga yang harus anda bayar di muka sebelum anda bisa merasakan manfaatnya.

Pertanyaan sebenarnya "Sanggupkah anda membayar investasi yang diperlukan itu?"

Ada banyak tutorial yang berseliweran di internet, dan semuanya itu mengajarkan anda untuk mengolah investasi anda dengan cara yang tepat agar menghasilkan uang untuk anda. Jadi tidak ada yang namanya tidak menanam tapi bisa panen besar....anda harus mau investasi di awal untuk bisnis apapun.

Misalnya dalam copywriting di atas di katakan untung 100 juta dari facebook ads. Jangan cuma lihat 100 jutanya. Bisa saja untuk mendapatkan 100 juta itu dikeluarkan investasi 25 juta rupiah. Apakah anda sanggup untuk lebih dulu berinvestasi senilai Rp.25 juta untuk mengejar untung Rp.100 juta?

Ya itulah bisnis! Uang mencari uang yang lebih banyak lagi....

Apakah 25 juta sudah pasti untung? Seharusnya begitu. Kalau anda tidak sial saja dan begitu sulit untuk menemukan winning campaign dari produk anda. Atau produk anda bisa saja tidak mempunyai margin profit yang memadai untuk mengimbangi biaya iklan.

Jadi copywriting belum tentu bohong; tapi apa yang diperlukan untuk menghasilkan copywriting itu yang mungkin baru akan anda ketahui di dalam tutorialnya. Kalau kemampuan ekonomi anda hanya bisa sampai mengikuti tutorial saja dan setelah itu dana anda habis, sebaiknya dipikirkan lagi.

Copywriting Jangan Dijadikan Judul SEO

Bagi anda yang beriklan maka anda bisa menjadikan copywriting ini sebagai judul dari halaman yang anda promosikan. Tetapi bagi anda yang mengandalkan SEO sebaiknya title dari halaman web anda tetaplah kata kunci. Anda bisa memakai copywriting sebagai tulisan yang diperbesar saja di dalam konten anda.

Tentu teknik ini cenderung dipergunakan oleh mereka yang memasarkan suatu produk tertentu saja. Teknik seperti ini jarang dipergunakan oleh mereka yang memasarkan banyak produk sekaligus. Mereka yang memasarkan banyak produk sekaligus, cenderung mengandalkan gambar atau foto produk untuk membuat calon pembeli tertarik.


Follow Up

Banyak orang menyia-nyiakan potensi bisnis yang luar biasa dengan tidak melakukan follow up. Apakah anda tahu melakukan follow up bisa menaikkan penjualan hingga 10x lipat? Bagaimana anda bisa memfollow up mereka yang datang dari mesin pencari? Ada beberapa petunjuk yang bisa anda lakukan, yaitu....

Memasang Pixel Facebook
Dengan memasang Pixel Facebook, anda akan bisa menargetkan ulang semua orang yang mampir ke halaman website anda dengan menggunakan facebook ads. Iklan facebook ads akan ditampilkan di akun-akun pengunjung website anda.

Mengajak Like Fanpage
Anda bisa mengajak pengunjung website yang datang dari mesin pencari untuk mengklik like fanpage anda. Anda akan bisa berpromosi lagi ke pengunjung website yang mengklik SUKA pada fanpage anda melalui postingan-postingan fanpage anda

Email List
Pengunjung website bisa anda ajak untuk berlangganan atau mendaftarkan email, jika mereka mau mendapatkan produk gratisan dari anda. Anda bisa memasang formulir pendaftaran email, dan menyediakan sebuah produk gratisan yang anda buat spesial dan pasti menarik hati pengunjung website anda.

Produk gratisan ini bisa tips rahasia, atau penawaran khusus. Sebuah penawaran yang membuat mereka penasaran dan tidak keberatan untuk memasukkan alamat emailnya.

Buat Nyaman Konsumen Anda dan Anda sendiri

Banyak konsumen yang tidak terlalu suka jika dijadikan target pemasaran dari seorang marketing. Jadi begitu mereka sampai ke halaman website anda biasanya mereka agak waspada, dan was-was. Ada satu strategi yang bisa anda coba.

Anda bisa melakukan optimasi bukan menuju landing page anda, tetapi menuju sebuah halaman website. Halaman website ini anda buat seolah-olah mereview beberapa produk termasuk produk anda sendiri.

Misalnya anda menjalankan sebuah bisnis pembuatan Virtual Credit Card. Mungkin saja pengunjung website anda akan was-was jika mereka langsung mendarat pada landing page anda. Tetapi mereka cenderung berpikiran terbuka pada sebuah halaman website yang mereview beberapa jasa pembuatan VCC.

Tentunya anda harus menjadikan jasa pembuatan VCC anda sebagai jasa pembuatan terbaik dan berada di peringkat pertama dengan segudang pujian, barulah anda melampirkan beberapa jasa VCC yang lain.

Jangan menghina jasa VCC yang lain; karena itu akan mengusik kenyamanan pembaca website anda. Bersikaplah sebagai reviewer yang adil. Itu saja sudah cukup untuk membuat website jasa VCC anda sebagai yang terbaik.

Dengan mengarahkan pemikiran dari konsumen anda, maka website anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan... Dan kepercayaan itu bisa mendatangkan uang untuk anda.

Bagaimana jika produk saya terlalu aneh untuk mempunyai sebuah fanpage?

Bagaimana jika usaha anda adalah menjual batu bata. Rasanya terlalu aneh membuat fanpage untuk sebuah produk batu bata kan?

Anda bisa membuat sebuah website tentang desain rumah, atau tips desain rumah sehingga anda bisa mendapatkan kunjungan dari mereka yang suka mendesain rumah. Anda bisa mengajak mereka untuk like fanpage desain rumah anda, sehingga mereka bisa mendapatkan update dan tips desain rumah terbaru....

Di antara beberapa yang memberi like pada fanpage desain rumah anda, akan ada para Arsitek dan para kontraktor bangunan. Tentu saja di antara postingan tips-tips anda sekali-kali anda bisa memunculkan iklan toko bahan bangunan anda.

Penghasilan dari SEO dan FB ads

Anda bisa melihat banyak promosi bahwa seseorang mendapatkan keuntungan 100 juta setelah mengeluarkan biaya lebih dari 15 juta. Itu jelas sekali sangat mungkin terjadi, dengan produk yang tepat dan iklan yang baik. Jadi bagi saya kalimat promo itu masih sangat masuk akal.

Tapi jangan sampai dipikir penghasilan dari SEO itu kecil, saya mengenal beberapa orang yang penghasilannya ratusan juta per bulan murni dari SEO. Bahkan ada yang milyaran (sayangnya saya tidak kenal dan hanya tahu nama saja).

Berapa penghasilan saya dari SEO? Apa anda percaya jika dikatakan Rp.500.000 bisa diubah menjadi lebih dari 300 juta di SEO? Rp.500.000 itu biaya online bulanan saya.

Tentu saja seberapa besar konversi akan sangat dipengaruhi oleh produk apa yang anda pasarkan, dan seluas apa pasar yang anda jangkau.

Rangkuman

Jadi buat anda yang mencari penghasilan dengan mengandalkan SEO, maka saran saya lakukan hal-hal di bawah ini....
  • Buat website yang SEO ready dengan melakukan optimasi SEO onpage
  • Desain website anda dengan profesional dengan memperhatikan warna, tata letak, gambar, copywriting.
  • Rajin lakukan update yang relevan
  • Cari backlink dengan rutin
  • Tentukan strategi untuk memfollow up pengunjung yang datang ke website anda

Ok, mudah-mudahan ada yang bisa anda dapatkan dari sharing cara mencari uang di internet yang saya bagikan ini. Tentu masih banyak teknik-teknik lainnya seperti membuat viral konten kita, dan teknik lainnya, tetapi dalam kaitannya dengan SEO dan perbandingannya, rasanya ini sudah cukup sebagai pengetahuan awal.

Terima kasih sudah mampir....

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!