Google menghapuskan Sitelink Demotion Dari Search Console

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
google search console sitelink demotion
Google sudah mengumumkan di Google+ mereka bahwa mereka akan menghapuskan salah satu fitur dari search console yang sudah tersedia selama 9 tahun. Fitur itu adalah akses untuk menghapus sitelink yang ditampilkan oleh Google secara otomatis.

Fitur ini pertama kali dipergunakan pada bulan oktober 2007, dan hari ini fitur tersebut sudah dimatikan.

Fungsi dari fitur sitelink demotion ini adalah untuk memberitahukan Google jika pemiliki website tidak menginginkan URL tertentu untuk ditampilkan sebagai sitelink di hasil pencaria Google. Sitelink adalah sub link yang ditampilkan di bawah snippet hasil pencarian. Kira-kira tampilan sitelink adalah seperti di bawah ini
contoh tampilan sitelink di pencarian google
Nomor 1 menandakan link website anda di hasil pencarian sebagai hasil pencarian organik dari Google, sedangkan nomor 2 adalah sekumpulan sitelink yang direkomendasikan Google dari website anda.

Alasan Google menghilangkan fitur ini adalah untuk menyederhanakan layanan mereka, karena algoritma mereka sudah semakin baik dalam menemukan dan membuat serta menampilkan link yang relevan. Jadi mereka tidak ingin mempersulit sesuatu dengan memasang fitur-fitur yang tidak terlalu berguna.

Sitelink juga hanya akan ditampilkan jika dirasa sitelink ini akan berguna bagi pengguna Google. Keseluruhan proses sitelink ini adalah otomatis, jadi jangan tanya bagaimana caranya agar website anda mempunyai sitelink.

Jadi apa yang bisa dilakukan oleh para pemilik website jika mereka tidak ingin websitenya ditampilkan pada sitelink? Google memberikan 3 tips cara yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Buatlah struktur yang jelas dari website anda, gunakan internal link yang benar-benar relevan di setiap halaman dan anchor text yang informatif; sederhanakan dan hindari menggunakan link menuju halaman yang sama berulang-ulang di dalam satu halaman.
  2. Izinkan Google untuk merayapi dan mengindex halaman-halaman penting di dalam website anda. Gunakan FETCH and RENDER di dalam search console untuk memastikan halaman website anda bisa dirender dengan baik
  3. Jika anda mau menghapus sebuah halaman dari hasil pencarian, maka anda bisa menggunakan meta robots NOINDEX pada halaman tersebut.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!