Optimasi Kata Kunci Di Halaman Website Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara meletakkan kata kunci untuk optimasi website
Kata kunci bisa dikatakan sebagai nyawa dari optimasi SEO kita; karena jika kata kunci ini salah pilih, atau salah penggunaan, maka optimasi SEO kita bisa tidak menghasilkan apa-apa. Jadi di dalam artikel ini kita akan membahas sekilas tentang cara-cara meletakkan kata kunci di dalam halaman website anda.

Kata kunci adalah suatu kata yang paling mendominasi di halaman website anda, sehingga mesin pencari dengan mudah menyimpulkan bahwa halaman website anda sedang membicarakan topik tertentu.

Jika berbicara masalah mendominasi maka biasanya itu berbicara masalah seberapa banyak pengulangan dari kata kunci di dalam suatu halaman. Dari pengalaman saya biasanya kata kunci yang dimiliki oleh ranking 1 pada suatu pencarian ada di kisaran 1,5% sampai 4%; jadi tidak ada suatu nilai tertentu yang dianggap paling baik.

Hanya saja beberapa praktisi SEO merekomendasikan 2,5% sebagai nilai yang optimal dari suatu kepadatan kata kunci. Jadi anda bisa melakukan riset kata kunci dengan mengubah-ubah kepadatan kata kunci untuk melihat mana kepadatan yang paling memberi efek positif.

Tapi ada 3 hal yang harus anda perhatikan saat anda menyebar kata kunci untuk membuat website anda; yaitu:
  1. Prominence (Kepentingan)
  2. Density (Kepadatan)
  3. Proximity (Kedekatan)

Keyword Prominence (Kepentingan Kata Kunci)

Ini seharusnya yang menjadi pelajaran awal bagi mereka yang baru belajar SEO; tentang bagaimana menyebarkan kata kunci. Di elemen mana sajakah kata kunci itu harus diletakkan agar Google menyadari kata kunci tersebut sangat penting.

Ada beberapa elemen yang sangat penting; yaitu:
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Heading H1
  • Paragraf Awal dan Paragraf Akhir
Selain 5 elemen di atas; sangat direkomendasikan untuk masih mempunyai beberapa pemunculan kata kunci pada heading h2 dan sidebar ataupun footer.

Jika kata kunci anda mempunyai keyword prominence yang sangat tinggi alias muncul di semua elemen-elemen yang ada di atas, maka akan sangat sulit untuk Google atau mesin pencari lainnya salah menilai target kata kunci dari halaman web anda.

Keyword Density (Kepadatan Kata Kunci)

Sudah bukan rahasia lagi kalau masalah kepadatan kata kunci ini masih sering dibahas di forum-forum SEO, tentang seberapa besar pengaruhnya dan bagaimana pelaksanaannya. Saya tidak akan membahasnya lagi di sini karena sudah ada artikel tentang kepadatan kata kunci yang lainnya. Jadi anda bisa membacanya di halaman Kepadatan Kata Kunci Adalah Faktor SEO

Keyword Proximity (Kedekatan Kata Kunci)

Bagi anda yang melakukan optimasi SEO pasti sudah paham bahwa pengguna mesin pencari itu kerap kali memasukkan kata kunci yang urutannya acak dan tidak sesuai dengan kata kunci yang ada di dalam halaman web anda.

Misalnya pengguna Google mengetikkan "Dokter Spesialis Mata Jakarta"; sedangkan di artikel anda kalimat yang tertulis adalah "Dokter Budi adalah spesialis mata terbaik di kota jakarta". Walaupun di artikel anda tidak ada sama sekali kata DOKTER SPESIALIS MATA JAKARTA; namun website anda masih punya peluang untuk bersaing berdasarkan proximity ini.

Sebagaimana dituliskan dalam contoh konten artikel di atas; antara kata SPESIALIS dan MATA itu sudah sangat sempurna karena tidak ada kata-kata apapun yang membatasi keduanya. Tetapi antara kata DOKTER dan SPESIALIS masih ada 2 kata yang membatasi yaitu BUDI ADALAH. Dan antara kata MATA dan JAKARTA ada 3 kata yang membatasi, yaitu TERBAIK DI KOTA.

Semakin kecil proximity ini, maka itu akan semakin baik untuk SEO anda. Jadi tentunya kata kunci yang paling diharapkan adalah munculnya frasa-frasa yang exact match dalam jumlah pengulangan yang cukup signifikan. Hanya saja perlu diingat; bahwa jangan semuanya exact match; berikan beberapa pemunculan kata kunci dalam urutan yang bervariasi.

======

Jadi saat anda menyebarkan kata kunci anda di dalam suatu halaman web; harap memperhatikan 3 perkara di atas. Prominence; Density; dan Proximity dari suatu kata kunci sangat mempengaruhi penilaian Google.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!