MEMBUAT STRATEGI PEMASARAN SEDERHANA UNTUK BISNIS ONLINE ANDA

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
menyiapkan strategi pemasaran
Banyak orang yang berpikir bahwa membuat bisnis online itu sesederhana membuat website dan menunggu pembeli datang. Pembeli tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Bahkan setelah datang pun mereka tidak akan begitu saja membeli barang anda.

Anda perlu membuat strategi pemasaran!

APA ITU STRATEGI PEMASARAN?

Strategi pemasaran adalah sesuatu yang anda susun untuk melakukan hal-hal berikut ini:
  • Menjangkau calon pembeli
  • Membuat calon pembeli mempercayai anda
  • Membuat calon pembeli merasa sangat memerlukan produk anda
  • Membuat calon pembeli merasa mudah untuk membeli produk anda
Lebih lengkapnya saya akan menjelaskan satu per satu di bawah ini....

MENJANGKAU CALON PEMBELI

cara menjangkau calon pembeli anda
Untuk menjangkau calon pembeli anda bisa melakukan banyak sekali cara. Beberapa di antaranya adalah:
  • Beriklan offline di radio, tv, atau sms massal
  • Beriklan online di facebook atau adwords
  • Menghubungi via email
  • Optimasi mesin pencari atau SEO, dll

Yang perlu anda ketahui sekarang adalah beriklan itu akan membutuhkan biaya yang besar sedangkan SEO akan membutuhkan waktu yang lama (bisa 3 sampai 6 bulan sebelum anda melihat hasilnya). Yang menjadi masalah adalah saat anda sudah menjangkau mereka apakah anda bisa membuat mereka tertarik atau tidak.

Untuk bisa membuat calon pembeli anda tertarik anda harus bisa membuat iklan yang menarik atau halaman website yang nyaman untuk mereka baca.

Saya belum akan membahas masalah ini di sini, karena pembahasan ini bisa sangat panjang. Di sini saya cuma mau memperlihatkan saja alur yang benar dalam mengelola trafik yang anda peroleh... Nanti saya akan membahas masalah ini di topik copywriting dan topik kemampuan menulis artikel yang menarik.

MEMBUAT CALON PEMBELI MEMPERCAYAI ANDA

cara mendapatkan trust atau kepercayaan
Satu yang menjadi masalah dari sebuah bisnis adalah mendapatkan kepercayaan. Orang cenderung akan merasa sulit untuk mempercayai sebuah website jual online begitu saja; jika website itu belum mempunyai reputasi apapun.

Kalau anda mau menunggu sampai anda mempunyai reputasi dulu baru jualan...anda juga tidak akan pernah menjual apapun.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini mendapatkan website yang sudah punya reputasi di niche anda yang merekomendasikan toko online anda. Ini akan memberikan kesan ke pembaca website tersebut bahwa orang yang paham tentang produk ini pun merekomendasikan toko anda sebagai tempat membeli....dan itu jelas akan menaikkan trust mereka ke produk anda.

Tentu saja anda harus membayar untuk review dari website dengan reputasi terbaik di nichenya.
review produk online

Sekedar ilustrasi untuk masalah ini...

Anggap saja anda mempunyai sebuah toko kamera online yang baru anda buka beberapa minggu yang lalu. Tentu beberapa minggu ini bukan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan trust dari pembeli anda.

Akan sangat membantu anda jika anda bisa mencari blog dari seorang fotografer yang sudah cukup terkenal. Lalu anda menawar jasanya untuk mereview sebuah kamera yang cukup populer saat ini....Dan di dalam artikel itu anda meminta sang penulis untuk merekomendasikan toko kamera anda sebagai tempat untuk membeli kamera tersebut.

Ini akan lebih mudah menaikkan trust untuk toko anda. Anda bisa membayar antara 50 ribu sampai sejuta untuk review ini; dan semuanya itu tergantung reputasi dari website dan penulis itu sendiri.

Web saya inipun pernah ditawar 2 juta hanya untuk menempel satu link produk dalam satu artikel yang sudah ranking. Sayangnya saya tidak merasa produknya cukup relevan dengan artikel saya, jadi saya tolak.

Kalau anda sudah mendapatkan website yang bersedia mereview produk anda dan ternyata website ini sudah punya reputasi online (domain authority) yang baik anda bisa memesan jasa back link untuk mengoptimasi halaman yang mereview website anda tersebut.

Bagaimana seandainya anda tidak punya duitnya dan tidak bisa menemukan orang yang mau mereview website anda secara gratisan?

strategi pemasaran
Ya anda buat sendiri. Tentu ini adalah webspam, tapi memang dalam kultur blogger di Indonesia, bukan hal yang mudah mendapatkan review dengan gratis, hanya karena website dan produk anda yang terbaik.... Jadi abaikan saja meme di samping ya 😆

Anda bisa mengoptimasi website review ini bersamaan dengan landing page. Jadi nanti anda akan mempunyai beberapa website yang akan merekomendasikan trafik menuju website anda.

Akan lebih mudah bagi calon pembeli anda untuk mempercayai landing page anda, jika mereka sampai ke landing page itu atas rekomendasi seseorang yang mereka anggap sebagai pihak ketiga. Berbeda jika mereka memposisikan dirinya sebagai target pemasaran dari sebuah iklan. Mereka akan cenderung lebih waspada dan tidak bersikap terlalu terbuka dalam membaca penawaran anda.

MEMBUAT CALON PEMBELI MERASA MEMERLUKAN PRODUK/JASA ANDA

Kalau trafik yang datang ke website anda itu berasal dari website review tadi, atau langsung dari mesin pencari, maka bisa dipastikan mereka memerlukan produk anda.

Cuma anda harus memberi sedikit pendorong untuk meyakinkan mereka membeli produknya dari anda. Ada beberapa hal yang bisa meyakinkan orang lain untuk membeli dari anda, yaitu:
  • Harga yang bersaing
  • Jaminan kualitas terbaik
  • Bonus (jika ada pesaing yang juga menawarkan)
  • After sales services yang baik
  • Kelengkapan panduan
  • Kemampuan anda menjelaskan produk tersebut secara mendetail dan tentu saja harus ramah.
Kalau anda bisa meyakinkan calon pembeli bahwa mereka bisa mendapatkan keenam poin di atas dari anda, maka saya yakin anda akan lebih mudah closing.

Jadi langkah awal anda dalam merencanakan landing page adalah membuat daftar hal yang mungkin akan ditanyakan oleh calon pembeli tentang produk anda. Lalu susun dalam sebuah penjelasan yang mudah dipahami dan menarik untuk dilihat di landing page anda.

Tujuan dasar anda membuat sebuah landing page haruslah untuk memberi pemahaman yang benar tentang produk anda. Jika calon konsumen anda menilai anda bicara apa adanya...maka mereka akan merasa dihargai. Dari situlah awalnya anda akan mendapatkan trust yang akan mempermudah proses selanjutnya.

Lebih lengkap tentang hal ini nanti akan saya bahas di artikel cara membuat landing page.

MEMASTIKAN KONSUMEN ANDA MENDAPATKAN BANYAK KEMUDAHAN

Kita bisa melihat di masa lalu bagaimana banyaknya orang yang ingin memakai iklan online di facebook tapi terhambat karena tidak mempunyai kartu kredit. Setelah metode pembayaran bisa transfer bank dibuka; angka pemasang iklan mereka pun melesat.

Ya! Banyak sekali terjadi di mana pebisnis online kehilangan potensi keuntungan atau gagal menjual karena mereka tidak memberikan kemudahan untuk pembelinya.

Kemudahan itu bisa seperti banyaknya pilihan nomor rekening, atau pilihan layanan kurir, atau bahkan opsi cash on delivery.

Atau, jika anda mempunyai banyak sekali produk; pastikan pengunjung anda mudah menggunakan sistem navigasi halaman yang ada di website untuk menemukan produk yang sesuai dengan selera mereka.

Secara garis besarnya ini adalah pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh mereka yang mau menekuni bisnis online.

ALIRAN PROSES TRAFIK ANDA

Jadi trafik anda bisa datang melalui dua gerbang; entah itu media sosial atau mesin pencari. Trafik yang datang ini bisa anda arahkan menuju halaman web yang mereview produk anda atau bisa juga langsung menuju landing page.
aliran proses trafik pengunjung website

Intinya adalah membuat mereka menjadi tertarik, percaya, dan membutuhkan. Jika pengunjung anda sudah melalui ketiga tahap ini dengan baik, maka akan sangat mudah bagi anda untuk melakukan closing.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!