Cara Mengatasi Pencuri Artikel Dengan DMCA Notice Berfungsi Baik!

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
DMCA notice untuk mengatasi pencuri artikel sudah dimulai
Cara Mengatasi Pencuri Artikel Dengan DMCA Notice Berfungsi Baik! -  Walaupun saya tidak menyukai ini, tapi pada akhirnya saya benar-benar harus melakukannya. Sejak Agustus 2012 saya sudah membahasakan niat saya ini, tapi karena belum terlalu mendesak jadi saya masih berusaha bertoleransi. Hanya saja seminggu terakhir ini aktifitas copy paste sudah sangat parah, dan saya terpaksa memulai DMCA notice sejak 3 hari lalu, dan ini laporannya....

Sejak seminggu kemarin saya mengamati bahwa konversi pertambahan artikel saya dengan pertambahan pengunjung mengalami penurunan grafik. Saya berusaha mencari tahu masalahnya ada di mana. Ternyata 9 artikel terakhir yang saya tulis "sangat bermasalah". Oleh mesin pencari kesembilan artikel tersebut dianggap bukan hasil karya saya..... Hal ini yang semakin memperkuat ide untuk melakukan DMCA notice ke pelaku copy paste....

Beberapa auto blog ternyata menduduki peringkat yang lebih tinggi dari blog saya sendiri untuk artikel yang saya ketik. Kenapa bisa seperti itu? Begini ceritanya.....walaupun konten saya adalah 100% original, tapi frekuensi update artikel saya masih termasuk kurang. Sedangkan auto blog ini mencuri artikel dari beberapa sumber, sehingga frekuensi updatenya sekitar 3-4 kali frekuensi update blog saya.

Google melihat semua auto blog ini lebih produktif menulis dari saya, sehingga mereka mendapat waktu update yang lebih cepat beberapa detik dari saya. Jadi sejak 9 artikel terakhir; blog-blog otomatis ini dianggap penerbit pertama dan saya yang dianggap menjiplak!

Apakah mereka menjadi juara karena mengutip artikel saya? TERNYATA TIDAK! Reputasi blog mereka tidak cukup untuk membuat artikel itu menjadi juara. Apakah itu berarti saya yang menjadi juara? TIDAK JUGA! Semua itu karena saya dianggap mengcopy dari blog tidak bereputasi. Jadi mereka tidak menguasai apapun dan saya juga lepas dari target saya.... Mereka sendiri tidak untung dan saya malah merugi....

Benar-benar payah! Apa mereka tidak tahu bahwa kadang saya menulis artikel itu 2-3 jam? Bahkan terkadang tidak bisa saya terbitkan malam itu juga karena sudah terlalu mengantuk. Kalau sudah begini, artikelnya saya baca ulang dulu saat istirahat siang, setelah saya suka baru saya terbitkan.

Karena kelakuan blogger-blogger pemalas yang bermimpi kaya dari dunia maya ini, artikel-artikel saya tenggelam, dan saya seolah-olah mengetik untuk blog mereka.  Kesal sekali rasanya duduk 18-27 jam di depan laptop for nothing! Itu benar-benar sudah tidak bisa diterima....

Seperti janji saya, saya tidak akan menyentuh kecuali merasa dirugikan. Hanya saja, kali ini saya benar-benar sudah merasa dirugikan, maka saya harus melaporkan blog-blog ini.

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel mengatasi copy paste dengan DMCA, maka 3 hari lalu saya mengirim DMCA Notice ke Google untuk mengadukan 11 blog. Selain ke Google, saya juga mengirim DMCA notice ke Adf.ly untuk mengadukan 7 blog. Alhasil, tadi pagi secara hampir bersamaan saya menerima respon dari Google removal dan Adf.ly yang menyatakan bahwa klaim DMCA notice saya sudah diproses.

Berikut ini balasan dari Google....

balasan DMCA notice ke Google

Sorry, gambar harus saya pixel karena saya tidak mau mengumumkan URL bersangkutan. Tapi ada sesuatu yang harus saya bagikan di sini. Ternyata respon dari Google lebih ekstrim daripada yang saya bayangkan.

Untuk masing-masing blog saya mengajukan 1 URL artikel saja sebagai langkah ujicoba layanan DMCA ini, dan ternyata Google bukan hanya menghapus link artikel tersebut. Setelah saya cek, ternyata Google menghapus blog-blog tersebut secara keseluruhan....alias tidak bersisa satu URL pun. Ini di luar ekspektasi saya, tapi sepertinya Google punya kebijakan sendiri.
Dugaan saya, saat suatu blog dilaporkan ke Google ... mereka menguji apakah masih ada konten duplikat lain pada blog tersebut. Jika ternyata ditemukan cukup banyak, maka dengan pertimbangannya sendiri Google akan menghapus blog tersebut. INI YANG SAYA COBA HINDARI SEJAK AWAL. Alangkah sialnya kalau artikel saya yang dicopy cuma satu tapi anda harus kehilangan satu blog.

Lalu bagaimana dengan situs iklan??? Apakah mereka merespon laporan DMCA? Ya! Ini balasan dari Adf.ly....

balasan DMCA Notice Adf.ly
Dengan adanya balasan ini, maka 7 blog yang memiliki akun di Adf.ly menjadi tergantung akunnya. Mau bagaimana lagi? Auto blog biasanya berjalan otomatis dan tidak dipantau oleh pemiliknya. Jadi berkomentar di blognya juga tidak akan dibaca....

Jadi teman-teman blogger yang mau memproses pengaduan pencurian konten blognya seperti saya, silahkan baca artikel:

Saya sudah mulai memproses satu per satu auto blog di bulan maret ini. Sedangkan yang mencuri artikel saya secara "eceran" akan saya proses di bulan April. Saya tidak peduli jika dikatakan "TIDAK BAIK" dan saya juga tidak peduli jika si maling konten "TIDAK MAU BERTEMAN LAGI" dengan saya. Karena teman yang menusuk dari belakang jauh lebih buruk daripada musuh yang dengan jantan mengajak ribut.

Jadi pastikan artikel-artikel anda ditulis dalam narasi sendiri. Kalau susunan katanya sama persis dengan artikel saya, maka program yang saya gunakan akan memasukan URL saudara dalam daftar. Berhubung daftarnya sangat panjang, maka tidak akan saya cek lagi mana URL yang mengaku teman saya tapi menjiplak artikel saya.

Sebenarnya saya heran juga .... Padahal di setiap halaman ada 3 peringatan tentang hal ini. [-_-]". Kenapa masih menjiplak juga?

Terakhir, buat para pelaku copy paste artikel blog ini. Saya cuma mau bilang...."Sayang sekali, padahal relasi antara sesama blogger seharusnya bersifat konstruktif. Bukan destruktif seperti ini, di mana anda menghancurkan saya dan saya menghancurkan anda".

Artikel ini jangan dipandang sebagai cari masalah dengan penjiplak artikel saya. Justru artikel ini dibuat agar kita tidak perlu melalui jalur DMCA.... DMCA Notice untuk mengatasi pencurian artikel ini adalah opsi terakhir dan akan saya lakukan lagi di bulan April..... Saya sangat berharap daftarnya menjadi jauh lebih sedikit dengan adanya pemberitahuan ini.

Peace Bro & Sister sekalian. Salam Blogger!


TAMBAHAN:
Hari ini 1 April 2013 saya menerima komentar yang bisa dikatakan sangat lucu, jadi saya mau berbagi kelucuan ini dengan teman-teman blogger semua.... komentarnya seperti ini....

 
  • Kelucuan pertama, anda tidak perlu menjadi cucunya Google untuk mengajukan komplain, anda cukup menjadi penulis asli artikel tersebut....
  • Kelucuan kedua, katanya "situs yang terkenal saja gak seberani kamu", pertama,.. saya harus berterimakasih terlebih dulu karena sudah dianggap berani, kedua, saya harus memberi tahu orang ini bahwa dia hanya kurang gaul saja....sudah banyak situs yang melakukan ini....
  • Kelucuan ketiga, katanya kenapa komentar di blog ini? hehehe...kalau bukan komentar di blog original content mau komentar di mana? Komentar di blog copas? Blog copas sering tidak punya nyali pasang kolom komentar, kalaupun pasang .... mereka tidak bisa menjawab karena tidak mengerti apa yang mereka posting ... 
  • Soal gambar yang ada di sidebar yang animasi bergerak. Jelas itu bukan punya saya. Justru saya mempertahankan link aslinya karena src pun meneruskan poin.... jadi saya meneruskan poin ke URL gambar tersebut.... 
  • Apakah situs itu sang pemilik gambar? Tentu bukan....gambar ini sudah ada dari 2008, sedangkan bisa anda lihat di URL gambar diupload februari 2012.... Lantas bagaimana jika ada pemilik asli gambar yang komplain? Selama dia bisa membuktikan bahwa dia adalah ownernya, tanpa debat pasti saya hapus.
  • Apakah saya merugikan pemilik gambar, rasanya tidak. Dalam hal konten, gambar adalah sesuatu yang tidak bisa dikenali oleh Google.... Sedangkan dalam hal hak cipta, terlalu terlambat bagi owner untuk mengklaim gambar ini, karena sudah ada di begitu banyak blog.... Saya orang ke puluhan ribu yang menggunakan gambar ini. Itu adalah bukti bahwa pemilik gambar ini tidak mempermasalahkan....lalu orang ini punya masalah apa?
  • Ancaman? Saya tidak pernah mengancam, saya cuma memberitahukan apa yang akan saya lakukan. Jika ada yang merasa terancam maka itu adalah gangguan pada kejiwaannya.
  • Tidak ada master blogger yang mengancam? Hmm....orang ini benar-benar perlu bergaul lebih luas lagi....saat ini sangat banyak blogger master yang melaporkan blog plagiator, bedanya dengan saya mereka tidak memberi pemberitahuan..... Itu lebih berbahaya daripada yang saya lakukan....
  • Jadi pemberitahuan ini justru untuk menghindari hal-hal yang tidak enak.... Saya pernah merasakan kehilangan blog walaupun bukan karena copy paste, tapi saya tahu rasanya tidak enak...makanya saya merasa tidak enak jika ada blogger yang harus kehilangan blog.... Tapi sayangnya blogger-blogger pencuri konten ini tidak pernah merasakan kehilangan traffic ribuan pengunjung per hari....jadi mereka seenak perutnya saja bicara.
  • Katanya jangan menyebarkan kebencian? Kita tidak saling membenci sesama blogger, kita hanya membenci pencuri artikel.... Masalahnya maling konten ini merasa sebagai blogger.... Mengetik saja tidak bisa mau jadi blogger....
  • Pesan saya buat komentator: Anda belajar saja dulu blogging dengan benar, siapa tahu anda beruntung dan diberi kesempatan untuk kehilangan ribuan traffic per hari....kalau anda sudah tahu rasanya, barulah anda bicara lagi.... Selain itu jangan terlalu sering mengurus gambar dan blog orang lain, blog anda tidak akan maju jika anda sibuk mengurus blog orang lain....urus sendiri blog anda...
  • Akhir kata buat sang komentator, terima kasih...setidaknya anda sudah menambah traffic ke blog saya
Rekan blogger sekalian orang ini sangat ajaibkan? Kita patut bersyukur.....ini adalah bukti bahwa keajaiban itu masih ada... Katanya buat blog untuk silaturahmi,....tapi dia lupa kalau silaturahmi ke rumah orang lain....jangan mencuri.....LOL \(*T▽T*)/

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!