CARA MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
CARA PRAKTIS UNTUK MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS
CARA MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS - Sejak menuliskan masalah DMCA notice, ada beberapa teman blogger yang bertanya bagaimana cara mengetahui konten kita yang dicopas orang lain. Sebenarnya saya sendiri memakai program buatan teman. Sayangnya ini bukan sesuatu yang bisa diketahui umum. Jadi saya mau membagi cara manual yang bisa anda pergunakan untuk mengetahui artikel blog yang dicopas tanpa seizin saudara.

Untuk memudahkan anda memahami cara mengetahui artikel yang di copy paste, maka mari kita membuat sebuah contoh kasus. Sekarang aggap saja saya ingin tahu siapa saja yang membajak top artikel di blog saya ini.

Berhubung top artikel di blog saya ini adalah cara membuat email google, maka saya akan menggunakan artikel tersebut di dalam contoh berikut ini.....

CARA MENGETAHUI ARTIKEL YANG DICOPAS DARI BLOG ANDA

  • Langkah pertama, bukalah artikel yang ingin anda lacak copy paste lainnya di dunia maya.
  • Setelah artikel tersebut terbuka, silahkan sorot dan copy sebuah frasa atau kalimat dari dalam artikel tersebut (lihat gambar)
  • Dalam contoh di atas kita mengcopy frasa Layanan ini menjadi semakin laris karena Google mengintegrasikan sistem akun email-nya dengan fasilitas
  • Sekarang buka http://www.google.co.id/
  • Masukkan frasa yang tadi dicopy dengan diawali tanda kutip ganda dan diakhiri juga dengan tanda kutip ganda. Setelah itu silahkan tekan enter. INGAT! JANGAN SAMPAI TANDA KUTIP LUPA DIPAKAI....
  • Hasilnya Google akan memperlihatkan halaman-halaman yang mengandung frasa yang sama persis dengan frasa yang kita copy dari artikel tadi. (lihat contoh gambar di bawah)
  • Ternyata,.... dalam hasil pencarian di atas ditemukan 1350 URL yang memiliki frasa yang sama persis dengan yang ada di artikel kita tadi. 
  • Apakah itu berarti yang membajak ARTIKEL TERPOPULER saya ada sebanyak itu? Tentu tidak sebanyak itu, prosesnya belum selesai.....kita lanjut dulu.
  • Hasilnya bisa sebanyak di atas, karena cukup banyak blogger yang yang memasang widget ARTIKEL TERBARU di blognya. Jadi setiap kali mereka menerbitkan artikel yang baru, maka cuplikan dari artikel tersebut akan melekat pada sidebar. Cuplikan-cuplikan pada sidebar inilah yang membuat hasilnya membengkak seperti itu.
  • Untuk menyaringnya dan membuatnya menjadi lebih akurat, kita masih harus mengutip frasa-frasa yang lain untuk dilacak di Google. Kali ini kita bisa mengambil frasa dari bagian tengah, dan bagian akhir artikel untuk melacak URL-URL yang membajak 100% isi artikel kita.....
  • Nantinya link-link yang berhasil kita kumpulkan akan kita simpan di dalam ms.excel. 
  • Setelah semua URL lengkap,  kita tinggal mengurutkannya secara alfabet.
  • Setelah link terurut secara alfabet akan tampak jelas URL mana saja yang melakukan copas dari awal sampai akhir artikel.
Kesulitan 1: Terlalu Repot?
Bagi anda yang merasa melakukan sortir sebanyak 3 kali itu terlalu merepotkan, maka anda bisa mengumpulkan link-link HANYA dari hasil pencarian yang mempunyai JUDUL YANG SAMA atau setidaknya mirip dengan judul anda. Karena biasanya halaman yang mempunyai judul yang sama dengan anda dan mengandung frasa yang sama pula, memang mencuri artikel dari blog anda.

Kesulitan 2: Bagaimana Kalau Terlalu Banyak?
Banyak yang kebingungan kalau URL yang tertangkap terlalu banyak. Misalnya total URL pelaku copas artikel ada lebih dari 10.000 URL. Bukannya tangan bisa jadi keriting melaporkan mereka semua? Jika memang hasil yang anda temui terlalu banyak, maka lakukan pembagian prioritas terlebih dahulu. Berikut cara mengelompokkan URL tersebut:
  • URL dari auto blog harus segera dilaporkan, karena mereka benar-benar merusak ranking anda (Prioritas Tinggi)
  • URL yang mengcopy ARTIKEL POPULER dari blog anda secara "eceran" menyusul kemudian (Prioritas Menengah)
  • URL yang mengcopy artikel yang tidak terlalu laris di blog anda diproses paling akhir (Prioritas Rendah)
Jadi setelah anda mengetahui URL dari artikel-artikel yang dicopas dari blog anda, dan melakukan pengelompokan prioritas seperti di atas. Tiba waktunya untuk melaporkan URL-URL tersebut.

CARA MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPY PASTE DARI BLOG ANDA

DMCA adalah Digital Millenium Copyright Act alias Aksi Hak Cipta Zaman Digital. Ini adalah sebuah kesatuan aksi di dunia maya yang memang di Amerika di dukung secara hukum. Tetapi secara global juga berlaku, karena banyak mesin pencari, web hosting, dan penyedia layanan iklan yang bersatu mendukung program-program DMCA ini.

Hanya saja banyak blogger yang salah paham akan prosedur DMCA, sehingga mereka merasa memerlukan bantuan dari situs seperti dmca.com dan myfreecopyright.com untuk melindungi hak ciptanya. Sebenarnya saya juga dulu sempat berpikiran seperti itu saat baru mulai kembali beraktifitas blogging.

Saya baru tahu detil prosedurnya setelah saya melakukan DMCA yang pertama di bulan Agustus 2012. Di situ saya baru sadar kalau layanan seperti dmca.com dan myfreecopyright.com sama sekali bukan sebuah keharusan. Google tidak butuh bantuan dari situs seperti itu untuk membuat keputusan apakah akan menerima klaim anda atau tidak.

Jadi kalau anda sudah berniat melaporkan URL hasil tangkapan anda berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan:
  • Buat surat peringatan dan permintaan penghapusan artikel copy paste kepada pelaku pencurian artikel anda. Kirim ke emailnya, jika tidak tahu alamat emailnya silahkan kirim langsung ke komentar di blognya.
  • Tunggu selama 3 hari, kalau tidak ada respon positif, atau responnya malah sangat negatif....jangan ragu untuk melakukan melayangkan permohonan DMCA takedown ke Google.
  • Untuk melaporkan suatu blog ke Google silahkan baca petunjuknya di artikel CARA MENGATASI PENCURI ARTIKEL . Respon Google sangat cepat! Hanya dalam 2-3 hari anda akan mendapat balasan.
Jadi sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengetahui artikel yang dicopas orang lain, dan bagaimana juga cara melaporkannya. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda mengurangi duplikat konten anda di dunia maya, sehingga ranking menjadi lebih baik....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!