Pengaruh HTTPS pada Optimasi SEO Website dan Blog

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Agustus 2014 kemarin Google sudah mengumumkan bahwa penggunaan https akan memberikan peningkatan tipis pada ranking, karena ini sudah digolongkan sebagai faktor SEO minor. Jadi agak menarik membahas sedikit masalah http dan https ini di sini. Seberapa penting bagi anda memakai https ini....

Terlepas dari anda memilih yang mana anda harus mengetahui bahwa faktor enkripsi yang baik dan pihak ketiga yang terpercaya jauh lebih menarik bagi banyak orang. Jadi Google jelas akan lebih memilih untuk mendorong penggunaan https demi keamanan penggunanya.

Jadi ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa perbedaan antara http dan https untuk SEO ini.

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Ini adalah sebuah sistem yang mengirim dan menerima informasi melalui internet. HTTP adalah sebuah lapisan protokol yang berfokus pada bagaimana sebuah informasi ditampilkan pada pengguna. Hanya saja opsi ini kurang memperdulikan bagaimana caranya hingga suatu data bisa sampai ke pengguna.

Protokol ini tidak mencoba untuk mengingat sesi web sebelumnya. Ini membuat data yang harus dikirim menjadi lebih sedikit, dan artinya anda mendapatkan sedikit keunggulan pada kecepatan transfer.

HTTP ini cukup bisa diandalkan jika website anda hanya berisi informasi umum yang sama sekali tidak mempunyai nilai komersil. Sangat tidak direkomendasikan memakai http jika anda membuat website yang mengirimkan data yang seharusnya dirahasiakan seperti informasi kartu kredit, dan sebagainya.

HTTPS (Secure HyperText Transfer Protocol)

HTTPS dikembangkan untuk memungkinkan transaksi yang aman dan memerlukan otorisasi. Bertukaran informasi yang rahasia sangat memerlukan keamanan untuk mencegah akses dari pihak luar. HTTPS memungkinkan  hal ini untuk dilakukan. Pada dasarnya HTTPS cukup mirip dengan HTTP dalam hal protokol dasarnya. Sisi klien dari http atau https seperti web browser mengadakan koneksi ke sebuah server pada port standar.

Hanya saja https menawarkan lapisan keamanan tambahan karena https menggunakan SSL untuk mentransfer data. Jadi untuk tujuan penggunaannya, pada dasarnya https adalah http juga; tapi ini adalah versi yang lebih aman. Secara teknisnya https memakai TCP port 443 (by default) sehingga https dan http adalah dua komunikasi yang terpisah.

HTTPS bekerja dalam penghubung dengan protokol lain, secure sockets layer (SSL), untuk memindahkan data dengan aman. Dan inilah yang sangat dipedulikan oleh Google. Jadi https memang lebih kepada masalah keamanan transfer data.

Apa pendapat Google Tentang HTTPS?

Pada dasarnya kita sudah bisa menebak bahwa Google lebih menyukai website yang bisa dipercaya dan disertifikasi. Ini karena pengguna bisa mendapat jaminan bahwa situs akan mengenkripsi data mereka untuk keamanan ekstra mereka. Hal inilah yang memungkinkan website dengan https mendapatkan keuntungan untuk ranking yang lebih baik.

Jika anda ingin membaca langsung dari blog Google silahkan membaca di link HTTPS AS A RANKING SIGNAL.

Google memberi kesan bahwa mereka memberi waktu kepada pemilik web untuk beralih ke https, dan makin lama akan semakin memperkuat posisi dari https ini dalam sistem ranking mereka. Saya bisa menerjemahkan untuk anda beberapa saran yang diberikan oleh Google dalam pengalihan website anda ke https di bawah ini:
  • Pilih jenis sertifikat yang anda butuhkan apakah: single, multi-domain, atau wildcard certificate
  • Gunakan serifikat 2048-bit key
  • Gunakan URL relatif untuk sumberdaya yang ada dalam domain aman yang sama.
  • Gunakan protokol URL relatif untuk domain-domain lainnya
  • Baca panduan Google untuk perubahan URL.
  • Pastikan robots.txt tidak memblokir domain https anda.
  • Google webmaster tool saat ini sudah bisa menangani https dengan baik.
  • Lacak peralihan website anda dari http ke https di software analytics anda dan juga di Google Webmaster Tools.

Keuntungan SEO beralih ke HTTPS.

Tentunya peralihan ke https ini akan membuat anda mempunyai website berkualitas di sisi keamanan enkripsi transfer datanya. Tapi kalau bicara masalah SEO maka jelas keuntungannya jelas dalam hal ranking. Sebagaimana sudah dinyatakan oleh Google bahwa ini adalah salah satu faktor ranking minor yang bisa menaikkan sedikit ranking. Cukup banyak website blogger indonesia yang beralih ke https mendapatkan posisi yang sangat kuat di dalam hasil-hasil pencarian.

Peringkat juga relatif sangat stabil untuk waktu yang sangat lama. Tapi tentu saja ini harus dipandang sebagai efek dari semua faktor, karena SEO itu meliputi banyak faktor dan tidak bisa mengandalkan https saja.

Jadi apakah trikmudahseo akan beralih ke https? Rasanya tidak, karena tetap saja blog ini hanya blog sharing saja. Tapi blog yang saya monetisasi semuanya tentunya memakai https. Sayangnya semua blog komersil harus memakai persona, karena kalau diumumkan suka "dikerjai" sama orang-orang yang ngak senang lihat orang senang .... ^_^

Jadi saya juga sekarang bisa mulai merekomendasikan kepada anda untuk bersiap-siap beralih ke https.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!