Kenapa Optimasi SEO belum berhasil?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Pada dasarnya saat anda melakukan optimasi SEO anda sebenarnya sedang berusaha mengalahkan pemilik-pemilik web yang sedang merajai halaman pertama di Google. Banyak orang yang berpikir yang sudah melakukan apa yang diperlukan namun belum berhasil juga.


Akhirnya mereka berhenti melakukan SEO karena merasa tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Inilah akibat jika kita tidak mengetahui apa yang diperlukan dan berhenti sebelum waktunya; atau memulai sesuatu yang sebenarnya tidak bisa kita selesaikan.

Yang perlu anda ketahui di sini adalah SEO itu merupakan keseimbangan antara SEO offpage dan SEO onpage (khususnya untuk Google). Siapa yang bisa melakukan onpage dan offpage dengan berimbang akan relatif cepat melihat hasil.

Tapi tentunya anda harus mengetahui seberapa baik pesaing anda melakukan ini, jadi setidaknya anda harus mengamati beberapa hal di bawah ini:
  1. Apakah title tag dari pesaing sudah memuat kata kunci?
  2. Apakah kata kunci sudah cukup tersebar di dalam halaman pesaing tersebut dengan kerapatan 3%-5%?
  3. Apakah jumlah kata di halaman pesaing tersebut lebih dari 900 kata?
  4. Apakah pesaing kita rutin update?
  5. Apakah memang pesaing kita rutin melakukan update?
  6. Apakah memuat media seperti gambar; dan video?
  7. Apakah backlinknya cukup banyak?
  8. Apakah kata kunci pada backlinknya beragam?
  9. Apakah banyak dofollow?
9 Poin di atas biasanya menjadi penyebab utama sebuah website sulit untuk dikalahkan....

Jadi anda harus memilih apakah anda mau melakukan optimasi anda berat di onpage; atau berat di offpage; atau berimbang.

Bermain SEO di Onpage

Biasanya mereka yang KO di offpage berusaha melakukan optimasi SEOnya di Onpage. Tetapi adalah sebuah kesalahan jika kita terus mengutak-atik satu halaman dan berharap rankingnya naik. Tentu jika saat ini onpage belum beres lalu kita melakukan perbaikan, maka pastilah akan terjadi perbaikan ranking. Tapi perbaikan onpage ada batasnya dan tidak bisa mengutak-atik satu halaman saja terus.

Cara terbaik untuk bermain onpage adalah dengan mendapatkan backlink dofollow dari setidaknya 20 domain dan setelah itu coba membuat konten atau update artikel yang banyak. 

Anggap saja pesaing anda mempunyai backlink dofollow dari 250-an domain dan 200-an artikel; maka anda bisa mengalahkan website ini dengan website yang hanya mempunyai 20-an domain backlink dofollow jika mempunyai 1000 sampai 2000 artikel di blog anda. Semakin unik dan bermutu artikel kita semakin sedikit yang diperlukan

Ini bukan nilai yang pasti; karena kondisi dari setiap web sangat beragam; ada terlalu banyak variabel untuk mengklaim jumlah yang pasti.

Pada akhirnya saat anda harus membuat 1000 artikel dan itu tetap saja memerlukan waktu yang lama. Anggaplah anda bisa mengetik 2 artikel per hari, maka anda akan membutuhkan 500 hari dan itu lebih dari setahun. Jika anda bisa mengetik 10 artikel per hari, maka anda akan memerlukan waktu 100 hari atau 3 bulan lebih.....

Laju update yang sangat cepat memang bisa mempengaruhi ranking di Google. Teknik ini bisa membantu anda untuk lebih cepat berhasil di dalam SEO yang anda lakukan

Bermain SEO di Offpage

Lalu bagaimana jika anda mempunyai web yang hanya mempunyai sedikit halaman, pada saat kompetitor anda mempunyai banyak sekali halaman? Otomatis anda memerlukan backlink yang lebih banyak dari pesaing anda. Nah kasus di sini adalah kebalikan dari yang pertama.....

Jika anda hanya mempunyai artikel sedikit; maka anda harus sanggup mencari backlink berkualitas yang banyak. Anggaplah pesaingnya tetap dengan 250-an nama domain dan 200-an artikel. Jika anda hanya mempunyai 20 artikel; maka anda bisa saja dituntut mencari backlink dari 600-700 nama domain.

Anggap saja anda bisa mendapatkan backlink dari 10 nama domain per hari; maka anda perlu waktu 2 bulan lebih; dan efeknya baru akan terlihat dalam 2 bulan berikutnya..... jadi total waktu untuk prosesnya adalah sekitar 4 bulan.

Tapi mencari website yang dofollow yang bisa dikomentari itu ternyata bukan hal mudah bagi pemula. Banyak yang lebih memilih untuk mengetik 10 artikel per hari daripada mencari 10 domain yang dofollow. Memang relatif sulit untuk berhasil mengejar tujuan anda dengan mengandalkan optimasi SEO offpage (khususnya bagi pemula).

Bermain SEO yang berimbang

Buat yang tidak sanggup membuat 1000 artikel atau mencari backlink dari 700an nama domain; bisa mencoba mengambil jalan tengahnya; yaitu dengan mencari backlink dari 200-an nama domain dan membuat 200-an artikel. Ini adalah teknik SEO yang cukup berimbang.

Catat ya bahwa angka-angka di atas hanyalah contoh kasus; supaya teman-teman bisa punya gambaran untuk perbandingan. Yang pasti angka-angka untuk optimasi yang teman-teman lakukan adalah bergantung pada pesaing dari web anda....

Yang celaka adalah kalau anda ketemu dengan website yang punya backlink dari ribuan nama domain; dan juga puluhan ribu artikel unik (biasanya ini website besar). Itu berarti anda harus siap berperang habis-habisan.... dan langkah perang anda sebaiknya dimulai dengan menargetkan LONG TAIL KEYWORDS sebanyak-banyaknya dan mencari backlink.

Tapi yakin saja; SEO seperti ini bisa mendatangkan puluhan hingga ratusan juta per bulan jika anda memenangkannya. Tapi jangan cuma tahu mimpi ya; kerja dan berani investasi itu penting. Kalau cuma mau mengetik 100-200 artikel dengan budget optimasi di bawah 1 juta; lebih baik cari niche lain yang sesuai dengan kondisi anda. Masa iya mimpi mengalahkan website raksasa dengan modal dengkul? (^_^) .... Realistis itu lebih sehat daripada mimpi percuma dan buang waktu plus duit untuk sesuatu yang di luar jangkauan.

Btw; catat juga bahwa website yang ditujukan untuk e-commerce atau jualan barang biasanya lebih cepat menghasilkan daripada website yang mengandalkan ads atau iklan. Jadi kalau memang anda mempunyai produk atau jasa yang bisa ditawarkan; maka itu jelas lebih cepat anda dapatkan daripada mengharapkan klik iklan (khususnya di indonesia yang malas mengklik iklan)....

Bagaimana dengan AGC?

Tentu anda bisa melakukan penambahan artikel yang cepat dengan AGC; Anda bisa mendapatkan puluhan ribu pengunjung hanya dalam sebulan atau dua bulan. Hanya saja anda harus tahu bahwa ini adalah teknik yang tidak disukai oleh Google; jadi teknik ini bisa anda pakai untuk tujuan jangka pendek. Itu juga kalau algoritma Google tidak semakin kompleks. Suatu saat nanti teknik AGC pasti akan mati; jadi apakah anda sudah mempunyai web yang cukup sehat saat algoritma itu muncul.... Btw; ada cukup banyak website AGC yang mati sebulan terakhir ini.....belum tahu kenapa....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!