Cara Kerja Search Engine Google 2015

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara kerja mesin pencari google terbaru 2015
Sebelum anda mempelajari bagaimana cara melakukan SEO atau Search Engine Optimization, maka terlebih dahulu anda harus memahami bagaimana cara kerja search engine. Di sini saya akan memakai Google sebagai contoh karena Google adalah mesin pencari yang paling terkenal saat ini.

Tentunya anda perlu mengetahui cara kerja search engine Google; karena ini adalah mesin pencari yang paling umum menjadi target optimasi dari para webmaster. Saya mencoba membuat ini menjadi sesederhana mungkin karena artikel ini dibuat khusus bagi anda yang benar-benar masih baru di dunia optimasi website.

Pertama-tama anda harus mengetahui bahwa Google tidak sesederhana pemakaiannya. Jika anda memakai Google anda cukup memasukkan kata kunci pencarian dan setelah itu anda mendapatkan hasil pencarian yang anda inginkan; sangat sederhana. Hanya saja untuk menghasilkan sesuatu yang simple itu ada proses rumit yang sangat panjang.

Proses panjang pada mesin pencari itu dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
•    Perayapan  (Crawling)
•    Pengindeksan  (Indexing)
•    Penyajian Hasil Pencarian
Sekarang anda bisa mencoba untuk memahami satu per satu dari 3 proses rumit di atas dengan membaca penjelasan di bawah ini.

PERAYAPAN INTERNET OLEH MESIN PENCARI

Di dalam internet ini ada puluhan triliun halaman dan semuanya memuat pembahasan yang berbeda. Tujuan dari search engine seperti Google adalah merayapi sebanyak mungkin halaman-halaman ini dan mengumpulkan data dari setiap halaman untuk dihidangkan kepada pengguna menurut apa yang diinginkan pengguna.

Untuk merayapi halaman-halaman ini mesin pencari membutuhkan satu hal yang disebut robot. Robot ini yang akan menjelajahi internet dan mencari halaman-halaman yang bisa dirayapinya. Jika anda ingin tahu bagaimana cara robot mesin pencari ini menjelajahi mesin internet, maka jawabannya sederhana yaitu dengan membuka link-link yang ada di halaman yang sudah pernah dikunjunginya.

Jadi sekarang bayangkan seperti ini. Anda membuka sebuah halaman website; dan setelah halaman web tersebut terbuka, anda mencoba membuka semua halaman web yang ada di halaman tersebut; dan anda terus mengulangi proses yang sama sambil menyimpan data dari setiap halaman web.

Kurang lebih seperti itulah cara kerja dari mesin pencari; hanya saja mereka melakukannya dengan otomatis memakai beribu-ribu komputer dalam kecepatan yang tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan kecepatan anda yang melakukannya secara manual.

Hanya saja tidak semua halaman bisa dirayapi oleh Google. Halaman-halaman yang yatim piatu atau tidak mendapatkan satupun link dari halaman-halaman yang sudah dirayapi sebelumnya tidak akan bisa dikunjungi oleh googlebot. Demikian juga halaman-halaman yang dengan sengaja dilarang oleh pemiliknya untuk dirayapi oleh mesin pencari.

Mengatur agar suatu halaman tidak dirayapi oleh mesin pencari bisa dilakukan dengan robots.txt atau dengan meta robots yang dilengkapi dengan fungsi kondisional. Pengaturan halaman yang tidak boleh dirayapi ini sering dilakukan untuk alasan SEO tidaknya sebuah website.

Ada dua jenis robot yang dipergunakan dalam perayapan ini. Robot pertama adalah Deepbot sedangkan yang lainnya adalah Freshbot. Jika anda ingin lebih jauh lagi memahami bagaimana cara kerja googlebot ini merayapi halaman-halaman website yang tersedia di internet, anda bisa membaca artikel yang membahasnya dengan lebih mendetil. Silahkan baca artikel di bawah ini.

Pengindeksan (Indexing) Oleh Search Engine

Seringkali saya melihat pemula mengatakan bahwa dirinya hebat karena baru 3 hari websitenya sudah terindex. Tanpa bermaksud merusak kesenangan siapapun; saya harus mengatakan bahwa itu biasa saja; dan terindeks sama sekali tidak berarti halaman web anda mendapatkan ranking. Untuk menjadi ranking 5 besar di hasil pencarian Google bisa menjadi sebuah proses yang sangat panjang; dan itu sepenuhnya bergantung pada tingkat persaingan dari kata kunci yang anda incar.

Yang dimaksud dengan pengindeksan adalah Google menaruh halaman web yang dirayapinya ke dalam database mereka. Ini adalah data yang akan disusun menurut relevansi saat ada yang memasukkan kata kunci ke dalam Google.

Google menyusun data dari tiap-tiap halaman web dengan sangat mendetil. Setiap data dicatat jumlah dan posisinya. Semuanya itu diperlukan dalam perhitungan dalam menentukan peringkat. Ini benar-benar proses yang kompleks; tapi untungnya sekarang ini sudah zaman super komputer.

Anda bisa membuat Google merayapi suatu halaman tapi tidak menyimpannya dalam index mereka dengan memakai meta robots noindex; Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel Cara Mengatasi Duplikat Konten Di Dalam Website Anda.

Penyajian Hasil Pencarian

Sekarang anda sudah mengetahui bahwa Google menyimpan begitu banyak database halaman website. Sekarang anda ingin mengetahui bagaimana cara Google menghidangkan database ini dalam hasil pencarian.

Semua database ini akan dinilai oleh yang namanya Algoritma Google. Ada ratusan Algoritma di dalam sistem Google; namun yang paling terkenal ada 3; yaitu Algoritma utama bernama Hummingbird dan Algoritma Spam yang yang diberi nama Panda dan Penguin.

Secara garis besar, algoritma Panda dan Penguin akan menilai setiap halaman. Panda akan menilai seberapa alami isi konten suatu halaman; dan seberapa segar isi konten tersebut. Sedangkan Penguin yang akan menilai apakah backlink dari halaman tersebut cukup alami. Jika halaman web anda gagal dalam penilaian algoritma spam ini, maka halaman web anda akan mendapat penalty yang akan menjadi nilai minus dalam penentuan peringkat.

Setelah semua halaman web melalui penentuan faktor spam, maka selanjutnya adalah halaman-halaman web tersebut anda akan melalui algoritma hummingbird untuk menentukan relevansi terhadap kata kunci yang dipergunakan. Jika anda ingin mengetahui bagaimana proses peringkat ini bekerja; anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini.

Jika anda sudah membaca artikel di atas dan juga link-link artikel pendukungnya; maka saya yakin anda cukup paham dengan cara kerja search engine seperti Google. Pengetahuan ini akan sangat membantu anda dalam tahapan optimasi selanjutnya. Jadi jika anda benar-benar pemula; sangat direkomendasikan untuk tidak melangkahi artikel ini.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!